Minggu, 31 Januari 2021

Tips Ampuh Meredakan Masuk Angin pada Anak dan Bayi

Hai Mam! Mau cerita kalau 2 hari ini Kakak Zalwa mengalami gejala-gelaja seperti sedang masuk angin :( Untung selalu sedia minyak telon untuk bayi kulit sensitif Aku jadi super repot karena harus urus rumah, kakak Zalwa yang jadi rewel dan tamlikha ikut-ikutan jadi rewel :( Semua anak pasti pernah mengalami masuk angin. Biasanya semakin bertambah usia dari bayi ke balita, ada saja gangguan kesehatan yang dialami seiring dengan keaktifan mereka. Masuk angin terjadi karena terlalu lama bermain di luar dengan cuaca yang kurang bersahabat, anak jadi telat makan, kehujanan, mengonsumsi makanan dan minuman dingin terlalu banyak, dan masih banyak penyebab lainnya. Sebenarnya didunia medis tidak ada lho istilah masuk angin! Kondisi yang biasa kita kenal dengan masuk angin merupakan suatu gejala awal dari infeksi virus, bukan jenis penyakit. 

Tanda Anak Mengalami Masuk Angin 

Masuk angin tidak hanya menyasar pada orang dewasa, tetapi juga si Kecil. Agar Mama dapat memberikan obat masuk angin anak yang tepat, ketahui dulu gejalanya. Umumnya, masuk angin ditandai dengan gejala-gejala berikut ini: 

1. Kembung, muntah dan mual. 

Perut kembung bisa menjadi salah satu gejala masuk angin yang paling terasa. Umumnya, si Kecil akan merasa sakit perut, buang angin berkali-kali, sampai mual dan muntah. Atau jika terjadi pada bayi Mama bisa coba mengetuk bagian perutnya dengan ibujari lalu akan ada suara yang berbeda dengan biasanya. Bila penyebabnya adalah gangguan fungsi organ cerna, hal ini bisa diatasi dengan tidak memberikan makanan berlemak dan pedas, atau minuman yang mengandung soda, juga kafein kepada si sakit. Hal ini juga berlaku kepada bayi ya Mam! Karena bayi hanya akan mengkonsumsi ASI Mama jadi pastikan Mama tidak mengkonsumsi yang disebutkan diatas.

2. Meriang 

Jangan sepelekan anak yang tiba-tiba mengeluh badannya panas dingin ya, Mam. Memang dimusim penghujan ini kita yang sehat bisa tiba-tiba merasa dingin karena suhu yang cepat berubah namun akan berbeda halnya dengan orang yang sedang mengalami panas dingin. Gejala masuk angin ini umum disebut dengan istilah meriang. 

Lalu apa yang bisa Mama lakukan? Biasanya untuk meringankan gejala tersebut Aku akan membuatkan Kakak Zalwa susu hangat dan setelah minum susu aku membaluri bagian perut, dada dan juga punggung Kakak Zalwa dengan Mama's Choice Calming Tummy Oil yang terbukti efektif meredakan masuk angin/perut kembung lalu menyelimutinya dan menemaninya tidur. 

3. Diare 

Hal ini yang harus mendapatkan ekstra perhatian mam! Aku kemarin sempat hampir nangis karena Zalwa mengalami diare yang cukup parah berbarengan dengan Baby Tam :( ahhh rasanya dunia mau runtuh. Aku agak trauma dengan diare sebab dulu Zalwa sempat harus masuk Ruang PICU karena diare akut dan demam tinggi. Penyebab diare adalah virus. Diare yang juga sering dikira masuk angin ini ditandai dengan perubahan konsistensi tinja yang terjadi tiba-tiba akibat kandungan air di dalam tinja melebihi normal (10 ml/kg/hari). Peningkatan frekuensi dapat bertambah hingga lebih dari 3 kali sehari. Sebagai obat masuk angin anak dengan gejala ini, berikan banyak cairan dan garam oralit untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Kalau untuk Tamlikha aku terus menerus memberinya ASI untuk memastikan Tam tidak mengalami dehidrasi.

4. Kurang nafsu makan 

Masuk angin bisa menimbulkan banyak ketidaknyamanan mulai dari perut sampai kepala. Sehingga otomatis membuat nafsu makan si Kecil menurun. Bayangkan saja jika perut kembung, tentu menelan makanan saja rasanya mual. Belum lagi jika ditambah pusing kepala Mereka jadi cenderung menolak makanan apapun yang ditawarkan saat masuk angin. 

5. Anak jadi rewel 


Kalau anak jadi rewel, pasti ada yang salah. Ada dua penyebab anak rewel, yakni non-medis dan medis. Mama hendaknya mencari tahu penyebabnya dengan lebih cermat. Penyebab non-medis antara lain kegerahan, lelah, mengantuk, lapar, diapers penuh, dan lain sebagainya. Sementara dari segi medis, perhatikan empat gejala anak masuk angin sebelum ini. Jika si Kecil mengalaminya, mungkin alasan dia rewel ya karena masuk angin.

Cara Terampuh Atasi Masuk Angin Pada Anak 

Pada dasarnya masuk angin bukanlah penyakit serius. Jadi, tidak ada obat masuk angin anak yang bisa diminum. Lagipula memberikan obat terlalu sering tiap si Kecil sakit juga kurang baik, Mam. Akan tetapi si Kecil kurang nyaman dengan kondisi ini, Mama dapat mengatasi masuk angin pada anak dengan empat cara sederhana berikut ini: 

  •  Hangatkan tubuhnya 

Menghangatkan tubuh Si Kecil saat masuk angin bisa membuat ia nyaman apalagi menjelang tidur. Cara satu-satunya yang dapat Mama lakukan adalah memakai minyak telon. 

Pilih minyak telon yang mengandung bahan alami bermanfaat seperti Nutmeg Oil yang ampuh meredakan perut kembung, meredakan gangguan pencernaan. Lavender Oil yang dapat membantu menenangkan dan mengatasi gejala sakit perut dan Chamomile Oil yang dapat merelaksasi sehingga anak tidur lebih lelap yang ada dalam produk Mama's Choice Calming Tummy Oil. Lalu balurkan secara merata di area punggung, dada, perut, pergelangan dan telapak kaki sang buah hati.

  •  Beri sup hangat 

Ketika masuk angin, makanan yang paling tepat diberikan untuk si Kecil adalah sup hangat. Selain enak, makanan ini bisa jadi alternatif obat masuk angin anak karena membuat perut terasa lebih nyaman dan keringat pun lebih cepat keluar. Namun tak perlu memaksa anak menghabiskan semua makanan tersebut ya, Mam. Biarkan ia makan sesanggupnya saja, serta jangan lupa berikan lebih banyak air putih agar si Kecil selalu terhidrasi. Segera ke Dokter Jika Anak Mengalami Hal Ini Ada kondisi di mana anak menunjukkan gejala masuk angin yang lebih mengkhawatirkan, misalnya demam tinggi. 

Demam terjadi ketika suhu tubuh berada di atas normal (>37,50 C). Penyebabnya bisa karena virus, bakteri, atau jamur. Jika hal ini terjadi, perawatan di rumah saja tidak cukup. Ketika suhu tubuh yang berusia kurang dari 3 bulan sudah mencapai 38° C, segeralah bawa ia ke dokter untuk ditangani lebih lanjut dengan obat masuk angin anak sesuai anjurannya. Sedangkan bayi 3-6 bulan boleh menunggu hingga batas suhu 38,5° C, atau bayi di atas 6 bulan hingga 40° C sebelum dibawa ke dokter. Sampaikan kepada dokter mengenai kondisi lainnya jika ada, seperti tidak mau minum, tidur terus, lemas dan sulit dibangunkan, kejang, kaku kuduk, sesak napas, muntah, diare, dan sakit kepala hebat. Mama tidak perlu khawatir, masuk angin dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari tergantung daya tahan tubuh anak. Pantau terus kondisi Si Kecil sembari memberikan obat masuk angin anak yang alami di atas. Jangan lupa, baluri juga tubuhnya secara rutin dengan Mama's Choice Calming Tummy Oil guna menghangatkan sekaligus membuat si Kecil merasa lebih nyaman.

Untuk pembelian Mama's Choice Calming Tummy Oil Mama Bisa Klik Disini! dan jangan lupa insert kode voucher MAMADALILAH untuk potongan harga 25k dan free ongkir. Atau kalau Mama butuh tips seputar parenting dan butuh info seputar produk yang menggunakan bahan-bahan natural serta aman untuk si buah hati Mama bisa langsung cek Instagram Mama's Choice Indonesia.

Stay Safe and Healthy for Mama and Family :)

Tidak ada komentar:

Kodrat Perempuan Cuma Jadi ART Setelah Nikah, Emang iya?

Terlahir di Negara dengan budaya ketimuran membuatku harus mengikuti adat yang sudah berjalan di Masyarakat. Mau tidak mau harus menjalankan...