Senin, 19 Februari 2024

Tips & Trik Ampuh untuk Mengatasi Ruam Popok & Biang Keringat

Assalamualaikum.. Halo mommy-mommy semua. Bagaimana harinya? Semoga semua baik-baik saja & berjalan lancar ya mom 😊 

Beberapa waktu lalu aku datang Wikibex yang diadakan pada tanggal 2-4 Februari 2024 di Jiexpo Kemayoran Hall D. Bikin happy tuh, kalau sedang ada event seperti ini pasti banyak banget promo menarik yang ditawarkan jadi aku gak mungkin rela meninggalkan kesempatan bagus seperti itu. 

Pada saat pameran, memang banyak sekali brand-brand yang memberikan promo besar-besaran sampai untuk beli produknya, kita para mommy harus gercep rebutan sama para jastipers. Btw selain promo-promo super, di Wikibex juga diadakan talkshow bersama para Expert. Saat aku berada disana, sedang berlangsung Talkshow yang diadakan oleh Mustela dengan Tema Tips Cegah dan Atasi Ruam Popok serta Biang Keringat Si Kecil bersama dr. Melia Yunita, MSc, SpA.


Berhubung aku tertarik dengan temanya jadi langsung aja deh aku duduk di kursi yang sudah disediakan sambil mendengarkan paparan dari dr. Melia Yunita, MSc, SpA. dr. Melia Yunita, MSc, SpA menjelaskan bahwa kulit bayi memiliki stem cell yang sangat banyak dan tugasnya adalah meregenerasi kulit, sehingga nggak heran ya meskipun bayi itu kulitnya gampang luka, tapi pulihnya juga cepat, karena adanya stem cell ini. 

Sayangnya stem cell ini jumlahnya akan berkurang drastis saat bayi berusia 2 tahun. Untuk itu kita perlu menjaga agar kulit bayi selalu sehat dan lembab agar stem cell dapat terjaga. Selain itu, hasil riset dari Mustela juga menunjukkan bahwa lapisan luar pelindung kulit bayi belum terbentuk sempurna dan juga kulit bayi cenderung bersifat kering. Oleh karena itu, sebagai moms yang cerdas kita perlu untuk memilih produk perawatan bayi yang tepat sesuai dengan jenis kulit bayi kita. 

Nah, pokok permasalahan yang sering terjadi pada bayi adalah Ruam Popok & juga Biang Keringat, dr. Melia memberikan trik mudah dalam mengantisipasinya yaitu dengan menerapkan metode ABCDE. Apa itu? Lanjut baca ya Moms! 


Sebelum bahas panjang lebar soal metode antisipasi Ruam Popok & Biang Keringat, aku jadi teringat momen-momen melelahkan baru-baru ini ☹ dimana babyku sempat mengalami ruam popok. Waktu itu aku sedang mencoba merk popok baru & timbullah kemerahan ringan yang berujung fatal ☹ 


Iritasi yang bikin aku gak berani untuk memakaikan popok lagi. Trauma & berhenti pakai popok selama sebulan. Setiap disentuh, tangisnya menyayat hatiku huhu. Aku yakin, mommy-mommy juga pasti pernah mengalaminya. Okay back to topik yaaa! Kita lanjut bahas apa itu metode yang cocok untuk mencegah dan mengatasi ruam popok dengan metode ABCDE. 

1. Air (Udara) 

Pastikan area yang tertutupi popok sering terkena udara. Mommy bisa membuka popok bayi secara berkala agar kulit yang tertutup popok dapat terkena udara dapat juga diantisipasi dengan penggantian popok maksimal 4 jam sekali. 

2. Barrier 

Oleskan Barrier Cream ke area yang tertutup popok. Barrier Cream dapat mencegah dan mengobati ruam pada kulit bayi yang disebabkan oleh ruam popok. Penggunaan barrier cream juga dilakukan setiap kali mengganti popok ya mom, bukan hanya saat baby terkena ruam popok. 

3. Cleansing (Pembersihan) 

Bersihkan area yang terkena popok dengan lembut menggunakan air bersih/Cleansing Water. Hindari menggosok terlalu kuat, terutama jika kulit bayi sedang lecet. 

4. Diapers 

Gunakan popok dengan daya serap tinggi. Ganti popok setiap satu hingga empat jam. Mommy juga dapat menghentikan pemakaian popok untuk sementara waktu agar area ruam popok kering sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan, atau memilih popok dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya. 

5. Educations 

“Edukasi orang tua tentang cara pencegahan dan pengobatan ruam popok,” 

Nah di beberapa point tips ABCDE ini disarankan untuk penggunaan Cleansing Water & Barrier Cream. Apa mommy sudah pakai? Gak boleh sembarangan pilih merk produk baby lho mom! Mommy harus memastikan jika produk tersebut aman, teruji klinis dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. 

Pssst.. produk rekomendasinya juga akan aku review dalam tulisan ini, karena menurutku produk-produknya ini highly recommended banget untuk dicoba, aku sendiri sudah membuktikannya, dimulai saat Kakak Zalwa masih baby sampai ke Tam yang baru saja selesai toilet training dan hasilnya juara banget, masyaAllah. Ada yang bisa nebak nama produknya? Yaps, this is it 


Ada yang pernah dengar Mustela? 

Mustela merupakan brand ternama yang didirikan sejak tahun 1950 dan juga merupakan brand skincare ibu dan bayi nomor 1 di Eropa. Produk-produk Mustela ini telah melalui serangkaian riset berkelanjutan selama lebih dari 70 tahun dan juga telah teruji klinis dibawah pengawasan dokter sehingga aman untuk digunakan baik pada ibu hamil dan juga bayi yang baru lahir bahkan sejak hari pertamanya. 

Mengapa Mustela? 

Karena Mustela menggunakan bahan alami yang aman untuk bayi baru lahir, teruji klinis, bersifat hipoalergenik, tanpa alkohol, dan tanpa paraben. Selain itu keunggulan Mustela terletak pada inovasi kandungannya yaitu Avocado Perseose yang merupakan bahan aktif alami yang telah dipatenkan Mustela dan digunakan pada seluruh varian Mustela. Hal ini karena avocado perseose telah teruji klinis secara efektif melindungi kulit dari gangguan lingkungan, dapat menjaga kelembaban dan juga kekayaan stem cell kulit bayi. 

Avocado Perseose adalah kandungan utama yang bisa ditemui pada seluruh rangkaian produk Mustela. Avocado Perseose punya sifar biomimetic yang strukturnya serupa dengan kulit bayim, hal ini yang membuat semua produk Mustela jadi High Tolerance. 

Avocado Perseose juga punya 3 manfaat penting yaitu ; 

  1. Melindungi dan menguatkan sel kulit Si Kecil 
  2. Menjaga kelembaban kulit Si Kecil 
  3. Meningkatkan kekayaan stem cell Si Kecil dari lahir hingga dewasa nanti.
Rekomendasi Produk Pencegahan Ruam Popok 

1. Mustela No Rinse Cleansing Water 


Mustela No Rinse Cleansing Water ini berfungsi untuk membersihkan kulit wajah, badan serta area popok. Produk ini bisa dipakai setiap hari dan aman untuk bayi baru lahir. Cara pakainya juga sangat mudah yaitu tinggal tuangkan Mustela No Rinse Cleansing Water pada kapas/waslap, kemudian tepuk-tepuk lembut pada bagian yang akan dibersihkan. Tidak perlu dibilas. 

Mengandung bahan-bahan alami, seperti Avocado Perseose untuk membantu melindungi dan menguatkan kulit bayi. Aroma khas mustela yang menenangkan bikin produk ini tambah ku jadikan produk andalan. 


Tekstur Mustela No Rinse Cleansing Water ini persis seperti air, ringan dan dapat membersihkan secara optimal. Mustela No Rins
e Cleansing water ini benar-benar bisa deep cleansing dengan mudah & efektif tanpa merusak keseimbangan alami kulit Si Kecil Kulit bayi juga jadi langsung terasa lembab. Cocok banget dipakai baby. 

2. Mustela Barrier Cream 


Barrier Cream ini digunakan untuk mengatasi iritasi maupun kemerahan pada kulit bayi (terutama pada kasus ruam popok). Penggunaan krim ini cukup mudah, hanya tinggal dioleskan tipis pada area yang kemerahan. Untuk mencegah ruam popok, gunakan krim ini setiap kali mengganti popok. Barrier Cream ini disarankan untuk digunakan setiap akan mengganti popok ya Moms! Jangan tunggu ruam/kemerahan baru pakai barrier cream. 

Kandungan barrier cream ini 90% bahan alami yang aman untuk bayi newborn sekalipun dan juga tidak mengandung fragrance sehingga tidak beresiko menimbulkan iritasi. 

Mustela Barrier Cream mengandung bahan aktif natural yaitu Avocado Perseose, Oxeoline of Alcacea, Sunflower Oil Distillate, dan Zinc Oxide yang bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi kemerahan pada kulit bayi akibat ruam popok, sekaligus mencegah kekeringan kulit. 


Teksturnya tebal dengan fungsi agar dapat melindungi kulit bayi dari gesekan popok. Alhamdulillah anak-anakku cocok pakai Mustela Barrier Cream ini. Sewaktu anakku terkena ruam popok, aku searching & cari produknya. Akhirnya kenalan sama Mustela Barrier Cream ini karena direkomendasikan oleh dokter anak & rekan-rekan blogger yang juga sudah mengalami masalah yang sama. Saat coba pakai, ternyata Alhamdulillah berhasil. Gak sampai 3 hari masalah ruam popok mereda & membaik. 
 

Pemakaian Mustela No Rinse Cleansing Water & Mustela Barrier Cream digunakan sebagai daily treatment untuk mencegah masalah ruam popok. Dijamin deh baby bisa terhindar dari masalah ruam popok. 

Selesai masalah ruam popok, kita move ke produk rekomendasi untuk mengatasi biang keringat. 

Dr. Melia sempat menjelaskan bahwa biang keringat pada anak disebabkan oleh adanya sumbatan pada saluran kelenjar keringat ekrin, yang menutupi hampir seluruh permukaan kulit si Kecil dan bertugas mendinginkan tubuh melalui penguapan air dalam keringat. Seharusnya, keringat yang dihasilkan oleh kelenjar di bawah kulit tersebut dapat mengalir ke atas permukaan melewati saluran tersebut dan keluar melalui pori-pori kulit. 

Di lapisan teratas kulit, keringat kemudian akan menguap sendiri. Namun karena saluran itu tersumbat, cairan keringat justru terperangkap di bawah kulit. Hal ini menyebabkan peradangan dan ruam pada tubuh anak. 

Masalah kesehatan kulit ini umumnya rentan dijumpai pada bayi baru lahir. Pasalnya, sistem regenerasi kulitnya belum sempurna. Kondisi inilah yang mengganggu proses pengeluaran keringat pada kulit, lalu menyebabkan sumbatan. Sumbatan pada kelenjar keringat biasanya dipicu oleh cuaca yang panas, serta ditambah dengan kondisi si Kecil yang cenderung berada dalam kondisi hangat dan memakai pakaian berlapis-lapis, sehingga mudah mengalami biang keringat. 

Baby yang terserang biang keringat pasti akan sangat merasa tidak nyaman & cenderung rewel. Tentu berdampak pada perkembangannya. Oleh sebab itu, mommy perlu segera meredakan masalah ini. Caranya? Cukup pakai Mustela Cicastela Moisture, Cream ajaib yang dapat meredakan beberapa masalah kulit bayi sekaligus. 

Mustela Cicastela Moisture Cream 

Mustela Cicastela ini punya kandungan 91% kandungan alami dengan kandungan utamanya Avocado Perseso. Bahan utama ini hanya dikombinasikan dengan Penthanol, Hyaluronic Acid dan Copper Zinc. 

Mengandung bahan aktif Avocado Perseose ini berfungsi untuk memperkuat, melindungi dan menjaga kelembapan kulit bayi. Mustela Cicasela ini memiliki formula hypoallergenic, tidak mengandung alkohol, parabens dan phthalates. Dari klaim ini sih udah jelas ya aman buat kulit sensitif, dan bisa dipakai untuk bayi baru lahir. 

Mustela Cicastela ini ternyata bukan hanya untuk meredakan biang keringat saja namun juga punya beberapa manfaat : 
  1. Meredakan ruam, iritasi dan kemerahan serta lebam 
  2. Dapat digunakan di area mulut, bercak merah, lipatan kulit, dan kemerahan di area popok 
  3. Dapat meredakan kemerahan akibat goresan, gigitan serangga dan nyamuk. 

Cara pakainya juga sama mudahnya! Tinggal apply produk ini pada bagian-bagian yang diperlukan, seperti leher, lipatan-lipatan baby dan area lainnya. Atau bisa juga di apply di bagian yang kemerahan karena gigitan serangga. 


Teksturnya ringan sehingga mudah meresap tanpa meninggalkan kesan lengket di kulit bayi. 

Beberapa hari pakai Mustela Cicastela ini terbukti banget! Ampuh menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Iritasi pada kulit bayi serta biang keringat. 


Nah pas banget proses penulisan artikel ini, abang Tam mengalami ruam & kemerahan dibagian dagunya. Jadi aku langsung apply Mustela Cicastela secara rutin terlebih saat malam hari sebelum tidur. Hasilnya gimana? Pemakaian 2 hari, ruamnya menipis & tidak ada lagi rasa gatal serta panas. 

Gimana moms? Sudah cek apakah produk yang mommy pakai saat ini sudah aman dari bahan-bahan berbahaya? Atau sudah pakai lama tapi belum ada bukti nyatanya? Kalau mommy tertarik untuk mencoba, produk-produk Mustela dapat dibeli di Official Store Mustela seluruh Marketplace Online atau langsung ke reseller resmi Mustela terdekat area mommy ya! 

Untuk info lebih lanjut, moms bisa mengakses website maupun sosial media Mustela di: 

Website    : www.mustela.co.id 
Instagram: @mustelaindonesia 

19 komentar:

Anonim mengatakan...

Anak kalo udah ruam popok pasti bakalan rewel banget

Azzahra mengatakan...

Wah andai tau ini pas anakku masih bayi 🥹

Wahidah mengatakan...

Pernah ngalamin biang keringat yang sampe tebal banget se leher² semua rata kena. sampe baby rewel gak bisa tidur

Meisya Anindya mengatakan...

Foto before after ya benar hasil pemakaian 2 hari kak? Aku mau rekomen ke ponakan

Abdul Hanif mengatakan...

Cara pakai yg mudah dan kemasan yg kecil jadi sangat pas untuk menaruh di tas

Ngebolang.net mengatakan...

Alhamdulilah ya ada produk yang bisa cocok ke anak, karena ruam popok dan biang keringat bikin anak rewel banget

Nur Dalilah Putri mengatakan...

Iya kan mom huhu sedih banget kalau inget

Nur Dalilah Putri mengatakan...

Boleh di rekomendasikan ke orang² terdekat yaa kak

Nur Dalilah Putri mengatakan...

Huhu pasti gak nyaman bgt rasanya ya

Nur Dalilah Putri mengatakan...

Betul kaaa, pengalaman pribadi soalnya

Nur Dalilah Putri mengatakan...

Bisa dibawa traveling kemanapun

Nur Dalilah Putri mengatakan...

Iyaa Alhamdulillah bersyukur bgt 🥰 semoga bisa membantu ibu2 lain

Mamiyu mengatakan...

Udah ga tega deh kalau anak kena ruam popok, pasti rewel banget ya mba.. Bersyukur banget nih ibu² yang udah kenal sama produk yang tepat seperti Mustela ini, udah no worry lagi pastinya

Mirza Pradita mengatakan...

Bahagia sih Mustela ada 3 produk ini, beneran ngebantu lindungi kulit anak

Nur Dalilah Putri mengatakan...

Iya sekarang no worry

Nur Dalilah Putri mengatakan...

Setuju bgt mba

Agatha Revindra Widori mengatakan...

Makasi sharingnya tentang teknik ABCDE, makin tepat karena pilihan produknya tentu Mustela ya Mba..

arifa nuryani mengatakan...

thank u mom udah sharing metode dan produk andalannya

Uwien Budi mengatakan...

Kemarin anakku kejedot, pakai Cicastela ilang merah-merahnya dan nggak berbekas

Kodrat Perempuan Cuma Jadi ART Setelah Nikah, Emang iya?

Terlahir di Negara dengan budaya ketimuran membuatku harus mengikuti adat yang sudah berjalan di Masyarakat. Mau tidak mau harus menjalankan...