Rabu, 09 Januari 2019

Pentingnya Serat Untuk Pertumbuhan Si Kecil

Halo Moms Assalamualaikum..


Inget gak beberapa waktu lalu aku pernah cerita soal anak yang "Picky Eater"
Pasti stres banget dong moms kalo anaknya pilih-pilih makan? Zalwa juga akhir-akhir ini lagi susah banget makan, dipaksanya kaya apa pun kalau dia bilang gamau ya dia akan terus tutup mulut. Tapi suka juga tiba-tiba minta macam-macam


Seperti beberapa hari yang lalu jam 11 malam Zalwa minta makan mie. Kalau ibun sudah pasti jawabannya No! tapi karena ada ayah jadi Zalwa berkuasa. Menurut ayahnya "yang penting perutnya isi" tapi kalau bunda kan gak bisa gitu ya moms? mana adil kalau Zalwa cuma makan mie. nutrisinya dari mana? Tau kan Moms anak seusia Zalwa gini lagi butuh banyak nutrisi mulai dari serat, vitamin, mineral dan kawan-kawannya.

Gimana coba kalau yang dimakan cuma mie? Apa gak bunda juga yang harus putar otak buat menuhin semua nutrisi yang Zalwa butuhkan disaat Zalwa susah makan seperti ini. Menurut bunda satu-satunya jalan ya dari susu. Karena walaupun Zalwa pilih-pilih makanan, dia tetap minum susu dan memang minum susu merupakan kegiatan yang sangat disukai Zalwa. Kenapa? Karena biasanya kalau sambil minum susu Zalwa bisa ditemenin sama bunda sambil boboan dan bercanda hehe.

Jadi usaha bunda untuk memenuhi nutrisi untuk Zalwa ya dengan susu, tentunya susu yang memang bunda percaya dapat memenuhi kebutuhannya. 

Bebelac Gold dengan Advansfibre untuk 7 Kehebatan Pencernaan 



Kenapa Bebelac? Percayalah, bunda harus melewati jalur yang panjang sebelum memutuskan bebelac.

Sebelumnya bunda mencoba beberapa merk premium karena difikiranku tuh yang mahal ya bagus! tapi ternyata gak cocok. dan setelah perjalanan panjang pilih-pilih susu akhirnya bunda mantap dengan Bebelac Gold karena Zalwa suka rasanya dan Alhamdulillah Zalwa gak menunjukan efek negatif seperti muntah atau diare setelah konsumsi Bebelac dan juga Bebelac Gold mengandung Minyak ikan, 13 Vitamin dan 7 Mineral juga tinggi serat yang dapat memenuhi kebutuhan serat harian Zalwa.

Kenapa sih serat penting?



Berbagai manfaat serat untuk anak balita antara lain:

1. Menjaga kesehatan saluran cerna
2. Membantu fungsi sistem saluran cerna
3. Memperbaiki kualitas BAB
4. Mempersingkat waktu transit residu makanan (tinja, toksin) hingga lebih cepat dibuang.
5. Serat larut prebiotik "memberi makan" bakteri probiotik
6. Menekan risiko diare
7. Memperlama isi lambung, rasa kenyang lebih lama -> baik untuk mengatur berat badan.

Nah kalau kebutuhan seratnya terpenuhi Pencernaan anak akan menjadi sehat dan menghasilkan 7 Kehebatan Perut.

7 Kehebatan Perut
1. Pencernaan Nyaman

Zalwa pernah melewati masa "Mencari susu yang cocok" dan pernah beberapa kali Zalwa gak tidur semalaman dan cuma nangis aja karena terus-terusan diare. Duh bunda sampai gak tega liat Zalwa nangis dan lemas karena gak berhenti diare :( Pencernaannya gak nyaman karena susunya, Alhamdulillah sekarang pencernaan Zalwa nyaman dan Zalwa jadi ceria.

2. Penyerapan Nutrisi yang Optimal

Serat berperan penting dalam penyerapan nutrisi yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh Anak. Jika semua nutrisi yang diperlukan Anak dapat terpenuhi karena diserap dengan optimal pasti pertumbuhan dan perkembangan Anak akan optimal juga.

3. Melancarkan Pencernaan

Waktu Zalwa usia 7 Bulan dan bunda mulai Eksplor untuk mengkreasikan MPASI untuk Zalwa. Zalwa sempat mengalami sembelit, BABnya sangat keras dan buat Zalwa stres duluan kalau mau PUP. Zalwa yang PUP tapi bunda yang nangis bombai karena gak tega. Setelah konsultasi ke dokter, katanya Zalwa kurang konsumsi serat dan diberi rekomendasi buah-buahan yang banyak mengandung serat untuk membantu agar feses yang keluar tidak keras.

buah-buahan kaya serat : Alpukat, Pir, Apel, Jeruk, Pepaya dll

4. Memberikan Perlindungan Alami terhadap penyakit

Vitamin berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Dengan adanya Serat yang membantu menyerap nutrisi dengan optimal tentunya Vitamin yang terserap dapat membuat daya tubuh anak lebih kuat dan dapat mencegah penyakit yang datang.

5. Tumbuh Kembang Optimal

Buat yang rutin periksa anak ke dokter atau posyandu pasti faham dengan buku tumbuh kembang yang didalamnya ada diagram acuan tumbuh kembang anak. diusia berapa anak mulai berdiri, berbicara, berlari dll semua harus sesuai dengan acuannya bukan? maka dari itu anak harus tumbuh dengan optimal dengan bantuan serat sebagai penyerap nutrisi

6. Cepat Tanggap

Siapa yang gak mau punya anak cepat tanggap? Pasti semua ibu berharap memiliki anak yang cepat tanggap kan? Anak butuh Vitamin, Asam Folat dan Mineral untuk meningkatkan kecerdasan otak. Pencernaan yang sehat akan membuat semua nutrisi ini terserap dengan optimal dan anak menjadi cepat tanggap

7. Memberikan Suasana Hati Yang Menyenangkan

Kalau Pencernaannya nyaman, Lancar, Anak cepat tanggap pasti suasana hatinya akan selalu happy karena perut yang sehat akan buat anak bahagia dan nyaman beraktivitas.

Penting banget kan serat? kalau banyak vitamin tapi penyerapannya gak bagus kan percuma juga moms? jadi make sure pilihan moms sudah tepat untuk buah hati yah :) Akhir-akhir ini Zalwa lagi suka banget bersepeda tapi kemarin bunda terharu banget lho waktu lihat Zalwa kasih pinjam sepedanya kesepupunya yang nangis, padahal gak diminta. Senang deh punya anak yang cepat tanggap kaya Zalwa gini. Bunda bangga banget sama Zalwa.


Moms sudah coba Bebelac Gold? Jangan lupa cobain ya Moms terus share ka aku apa hal membanggakan yang si kecil buat :) Semoga Informasi yang aku berikan bisa bermanfaat ya Moms .

1 komentar:

Julia Kurniawan mengatakan...

Iya Ternyata Serat bermanfaat ya untuk kesehatan pencernaan Anak anak

Survei Cluster di Kawasan Elit Kota Wisata Cibubur

Siapa yang gak tau Kota Wisata Cibubur? Mayoritas warga yang tinggal di Jabodetabek pasti tau dong ya, secara kota wisata ini hits banget...