Senin, 06 Mei 2019

Tips Menjaga Kelancaran Puasa

Assalamualaikum Moms

Selamat menunaikan ibadah puasa untuk umat muslim..


Sudah memasuki hari kedua dibulan ramadhan, bagaimana moms apa ibadah puasanya lancar?
Zalwa di usianya yang ke 3 tahun ini mulai saya kenalkan konsep ramadhan, Zalwa juga mulai berpuasa walaupun hanya setengah hari. Alhamdulillah puasa hari pertama lancar tanpa tantrum.

Saya sempat maju mundur sewaktu suami menyarankan untuk mengenalkan Zalwa puasa diusianya yang sekarang karena takut Zalwa belum siap dan satu hal lagi yang membuat saya sangat khawatir adalah masalah sembelit.

Sembelit pasti menjadi masalah bagi banyak orang di bulan ramadhan. Kurangnya asupan serat dan air membuat pencernaan jadi tidak lancar. Kalau sudah sembelit jangankan balita yang dewasa pun pastinya akan sangat tidak nyaman dan rasa tidak nyaman ini akan dengan mudahnya mengubah mood.

Untuk mengatasi sembelit, sangatlah penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.


Penyebab utama sembelit saat puasa


Sebagian besar penyebab terjadinya sembelit adalah faktor salah makan atau kesalahan kita sendiri. Karena tidak bisa mengontrol makan atau tidak tahu mana yang boleh dan mana yang tidak, sembelit jadi muncul dan BAB terganggu. Berikut beberapa penyebab utama sembelit saat puasa.

1. Kurang minum air putih


Saat puasa kita sering kesulitan menghabiskan 6-8 gelas setiap harinya. Padahal kebutuhan air tetap sama meski sedang puasa. Itulah mengapa saat kita sahur disarankan untuk menenggak habis 3-4 gelas air putih agar tidak dehidrasi saat siang hari dan sembelit yang sangat mengganggu. Untuk mencegah sembelit muncul, usahakan untuk tetap memenuhi kebutuhan air setiap harinya. Jangan minum kurang dari 6 gelas sehari agar BAB selalu lancar setiap hari.

2. Kurang konsumsi buah dan sayur


Yang paling diinginkan oleh masyarakat saat berbuka puasa adalah makanan atau minuman yang manis. Setelah mengonsumsi sesuatu yang manis itu, kita kerap kenyang sehingga melupakan sayuran atau buah yang sudah disajikan. Yang penting sudah makan nasi dan lauk, yang lain tidak perlu disentuh. Sayur dan buah mengandung serat yang banyak. Mengonsumsi dua makanan ini akan membuat Anda anti sembelit setiap hari.

3. Terlalu banyak makan sesuatu yang berlemak


Saat berbuka puasa kita kerap keranjingan dengan yang namanya gorengan. Bahkan sebelum berbuka kita akan membelinya satu keresek dan dijadikan menu takjil sebelum beralih ke menu makanan yang lebih berat. Kalau ingin BAB lancar, kurangi atau jauhi sesuatu yang terlalu berminyak.

4. Konsumsi olahan susu terlalu banyak


Olahan susu dalam bentuk apa pun akan membuat pencernaan jadi lambat. Hal ini akan makin parah kalau Anda tidak mengonsumsi makanan yang berserat tinggi seperti buah dan juga sayur. Kalau Anda senang sekali minum susu, imbangi dengan makan buah atau memperbanyak sayur.

Cara mengatasi sembelit saat puasa

Sembelit yang terjadi saat puasa sangat mengganggu dan membuat kita sering tidak nyaman. Untuk itu coba lakukan beberapa hal ini.

  • Saat sahur sempatkan minum 3-4 gelas dengan selang waktu masing-masing 5-10 menit. Saat puasa coba untuk lebih aktif saat berolahraga. Lakukan setelah tarawih atau sore hari. Untuk anak-anak bisa diatasi dengan memberikan botol minum air mineral yang harus dihabiskan. Kalau Zalwa biasanya saya berikan air mineral di botol kesukaannya saat akan berangkat sholat subuh ataupun tarawih ke masjid dan kalau habis zalwa akan dapat reward lolipop.
  • Senjelang berbuka puasa. Perbanyak buah dan sayur khususnya saat berbuka puasa. Minum air hangat kalau merasa perut mulai sakit dan susah dikeluarkan saat BAB. Jangan terlalu banyak mengonsumsi sesuatu yang berminyak dan berlemak tanpa ada serat. Jangan menunda BAB kalau sudah terasa mulas. Kalau untuk anak-anak bisa diatasi dengan memberikan makanan manis dengan serat seperti salad buah, es buah dll.
  • Sedia Dulcolax untuk P3K saat sembelit datang.

Dulcolax


Dulcolax adalah obat pencahar  yang digunakan untuk melancarkan buang air besar. Dulcolax mengandung bahan aktif Bisacodyl yang merupakan senyawa organik yang memang sering digunakan untuk mengatasi sembelit. Bisacodyl bekerja dengan cara memberikan rangsangan pada usus besar agar dapat mengeluarkan kotoran. Obat ini memberikan rangsangan pada saraf dalam sistem pencernaan yang mengakibatkan terjadinya kontraksi di usus besar. 

Manfaat Dulcolax 



  • Mengatasi sembelit atau konstipasi (susah buang air besar) 
  • Mengosongkan perut sebelum operasi atau pemeriksaan usus 
  • Melunakkan feses untuk mengurangi rasa sakit pada hemoroid (wasir). 
Dosis Dulcolax 

Dulcolax tersedia dalam dua bentuk yaitu tablet oral dan juga supositoria (dimasukkan melalui anus). Setiap tablet Dulcolax mengandung Bisacodyl sebanyak 5 mg. Sedangkan untuk Dulcolax supositoria mengandung Bisacodyl sebanyak 10 mg. 

1. Dulcolax tablet 

Dewasa dan anak di atas 12 tahun: 1-3 tablet untuk satu kali dalam satu hari. 
Anak usia 6-12 tahun: 1 tablet per hari.
Anak usia di bawah 6 tahun: harus sesuai petunjuk dokter. 

2. Dulcolax supositoria 

Dewasa dan anak di atas 12 tahun: 1 supositoria untuk satu kali penggunaan dalam satu hari. 
Anak usia 6-12 tahun: ½ supositoria untuk satu kali dalam satu hari 
Anak usia d bawah 6 tahun: harus sesuai petunjuk dokter. 

Cara mengaplikasikan Dulcolax supositoria adalah dengan memasukkan obat ke dalam rektum melalui anus. Masukkan ujung yang runcing terlebih dulu ke dalam anus. Tahan posisi selama 15 hingga 20 menit sebelum beraktivitas kembali. Gunakanlah obat ini sesuai dengan petunjuk dosis yang disarankan. Jangan mengganti baik itu menambahkan atau mengurangi dosis tanpa berkonsultasi dengan dokter sebelumnya. 


Penting sekali untuk sedia Dulcolax didalam kotak P3k khususnya saat bulan ramadhan untuk menjaga agar ibadah puasa tetap lancar tanpa adanya drama sembelit yang sangat mengganggu.
Jangan Biarin Numpuk, Dulcolax Atasi susah BAB.

Tidak ada komentar:

Memutus Rantai Thalassemia

Assalamualaikum.. Teman-Teman, Sudah pernah dengar penyakit Thalassemia? Saya rasa Thalassemia masih sangat awam didengar. Kali ini saya ...