Jumat, 17 Mei 2019

Wanita dan Manajemen Keuangan

Assalamualaikum..

Sadar atau tidak pasti kita kaum wanita pernah boros dalam menggunakan uang dan bahkan label boros itu sudah melekat didalam diri wanita baik yang wanita single ataupun wanita yang punya pasangan. wanita sering sekali ingin ini itu sehingga membuat keuangan menipis. 


Padahal setelah menikah wanitalah yang memengang kendali atas keuangan keluarga dan ia juga yang harus mengajarkan kepada anaknya bagaimana cara mengelola keuangan agar mampu mengontrol keuangannya.

Ada beberapa kesalahan yang dilakukan wanita dalam mengatur keuangannya yaitu


1. Tidak Mencatat Pengeluaran 

Mencatat pengeluaran sangat penting dalam semua aspek yang membutuhkan uang, baik itu dalam skala perusahaan hingga keuangan pribadi dan keluarga. Tanpa mencatat pengeluaran, kamu tidak akan tahu ke mana saja uang kamu telah dialokasikan. kamu pasti pernah berpikir, “kok duit yang tadi tinggal segini?” Tanpa catatan pengeluaran yang jelas kamu tidak akan tahu untuk keperluan apa saja uang tersebut telah digunakan. Hal ini jelas mengganggu keuangan. Dengan mencatat pengeluaran, kamu akan tahu apa yang harus dikurangi dan apa yang harus diutamakan dalam kebutuhan sehari-hari, sehingga kondisi finansial kamu tetap sehat di kemudian hari. 

2. Tidak Memprioritaskan Kebutuhan 

Wanita lebih sering ‘latah’ dalam membelanjakan uangnya. Hal ini tidak bisa dipungkiri. Jika berhubungan dengan belanja, wanitalah yang akan sangat responsif dalam menanggapinya. Latah dalam memenuhi keinginan akan sangat mengganggu keuangan kamu. Padahal, masih banyak sekali kebutuhan yang harus kamu penuhi sementara keuangan sudah menipis. Agar keuangan tidak terganggu, prioritaskanlah segala kebutuhan terlebih dahulu. Sisanya bisa kamu tabung, bisa kamu investasikan, atau bisa kamu belikan berbagai keperluan lainnya. 

3. Tidak Menyediakan Simpanan Cadangan 

Perlu kamu ketahui bahwa setiap orang dalam berbagai keadaan haruslah memiliki simpanan cadangan. Tak terkecuali kamu. Simpanan cadangan itu nantinya bisa digunakan untuk berbagai keperluan tak terduga lainnya, misalnya untuk memperbaiki mobil kamu yang tiba-tiba mogok dan sebagainya. Sisihkanlah uangmu untuk keperluan ini agar simpanan cadangan ini bisa menjadi penyelamat jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

4. Tidak Mempersiapkan Tabungan 

Seberapa pun uang yang kamu miliki saat ini tidaklah untuk dihabiskan saat ini juga. Milikilah tabungan. Sebaiknya, bukalah sebuah rekening baru khusus untuk menabung. Setiap kali uang yang kamu miliki tersisa, berapa pun jumlahnya, daripada kamu gunakan untuk keperluan yang tidak terlalu penting, lebih baik ditabung, bukan? 

5. Tidak Digunakan Untuk Investasi 

Jika menabung adalah salah satu cara mempersiapkan keuangan yang lebih mantap di hari nanti, berinvestasi bisa menjadi alternatif yang lebih baik lagi. Ketika kamu menabung, uang yang kamu simpan bersifat pasif, artinya hanya diam menganggur begitu saja. Namun, ketika kamu berinvestasi, kamu berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi di mana kamu bisa melipatgandakan uang hasil investasi yang kamu lakukan. Oleh karena itu pilihlah media investasi yang cocok untuk kamu.

Beberapa wanita yang ada di Indonesia, jika sudah melakukan kesalahan dalam mengatur keuangan keluarganya akan berdampak stres.
Survei menunjukan bahwa masalah keluarga yang menjadi salah satu faktor utama stres khususnya bagi wanita.


Sadar betul akan hal itu Bakn OCBC NISP menggandeng komunitas Investashe dan SANA studio untuk mengadakan program literasi keuangan bertajuk 'Well-thy and Wealthy' yang memadukan konsep Wealthy and Wellness. Konsep tersebut dipilih untuk mengajak wanita Indonesia untuk hidup bebas stres dengan manajemen keuangan yang sehat .

Dengan program ini diharapkan ara wanita Indonesia terhindar dari masalah stres yang disebabkan oleh minimnya pengetahuan tentang manajemen keuangan dengan mengetahui profil resiko, cara untuk memanfaatkan jasa lembaga keuangan serta cara memilih lembaga keuangan terpercaya.


Di acara ini diadakan juga sesi meditasi yang dipiimpin oleh Aprishi Allita yang merupakan Yoga teacher and meditation practitioner SANA Studio dengan harapan para wanita yang hadir dapat kembali menjernihkan fikiran, fokus pada tujuan dan lebih tenang juga percaya diri dalam mengatur keuangan.

5 komentar:

mira utami mengatakan...

Kebiasaan aku banget nih gak teliti dulu, tapi karena udah sadar akan kebutuhan utama yanga lebih penting jadi memilah dan mengumpulkan uang sesuai posnya.

duniaeni.com mengatakan...

Penting banget yq, wanita bisa memanage keuangan untuk kesejahteraan keluarga juga loh, mba. Karena di rumah peputaran uang sehari-hari di tangan ibu

faradillah mengatakan...

Penting banget wanita itu bisa mengatur keuangannya dan membeli sesuai kebutuhan

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Aih aku juga udah lama nggak mencatat pengeluaran. Jadinya nggak tahu mana yang sesuai jatahnya dan mana yang lenyap begitu saja

Fanny Fristhika Nila mengatakan...

waahhh, kalo dibanding ama suami, aku lbh jago ngatur keuangan mba :D. kita berdua, walo sama2 kerja di bank, tp mungkin krn aku di dept yg mengatur operational keuangan, sementara suami di bagian prosedur, jd aku lbh paham cara2 utk memanage keuangan, makanya dia masrahin gajinya 100% aku yg kelola :D. kalk ga gitu, abis gaji sebulan ntah kemana hahaha.. memang hrs tangan istrinya yg ngatur ;).

biasanya sih setelah trima gaji , uang kami berdua udh aku bikin post2 nya. investasi, zakat, keperluan bulanan, sekolah anak2 :D baru sisanya traveling..

Yoga For Kids di Bekasi

Halo Moms Moms, sudah tau belum? Ternyata yoga memiliki banyak sekali manfaat untuk tumbuh kembang anak. Namun teknik yoga yang digunakan ...