Minggu, 21 Juli 2019

5 Cara Simple Bawa Anak ke Dokter Gigi

Halo Moms! Apa kabar mom dan buah
hati?
Moms, mengajak si kecil ke dokter gigi memang jadi sebuah PR yang lumayan berat ya. Hal ini wajar karena suasana dokter gigi begitu asing bagi anak-anak. 



Banyak peralatan yang terbuat dari besi dan berkesan tajam, serta bau ruangan yang tak biasa atau bahkan anak takut dokter gigi karena ancaman-ancaman dari moms sendiri? hayo coba diingat-ingat hehe. Lalu harus bagaimana agar anak gak susah diajak kedokter gigi?

1. Mulai sejak dini




Datang ke dokter gigi bukan hanya saat sedang sakit gigi. Kita bisa memulai mengajak si kecil ke dokter gigi saat berusia 2,5 hingga 3 tahun sekadar untuk memastikan kesehatan giginya. Hal ini akan membuat anak merasa dokter gigi adalah temannya. Sehingga ketika ia memang sedang sakit gigi, tak perlu sulit membujuknya.

2. Buat jadi lebih simple

Ketika ingin datang ke dokter gigi, jangan terlalu terlihat melakukan banyak persiapan. Hal itu akan memberikan kesan dokter gigi adalah sesuatu yang menakutkan dan tidak biasa. Tetapi, jangan pula berbohong padanya mengenai sakit gigi. Beri pengertian padanya bahwa sakit yang ditimbulkan saat ke dokter gigi tidak sebanding dengan kesehatan gigi yang ia dapatkan atau bisa juga memberikan reward atas keberanian si kecil

3. Berpura-pura menjadi dokter gigi



Gak salahnya dong kalau Moms berpura-pura menjadi dokter gigi. Moms bisa pura-pura melakukan pemeriksaan dan mengajaknya menggosok gigi bersama-sama. Jangan lupa katakan bahwa dokter gigi punya maksud yang baik untuk membuat gigi menjadi sehat dan juga sering tekankan pada anak kalau dokter gigi itu sangat baik.

4. Mempersiapkan diri

Lho, Mempersiapkan diri untuk apa nih? Moms perlu membiarkan anak rewel atau menangis saat ke dokter gigi. itu merupakan hal yang wajar karena mereka bersentuhan dengan orang asing dan alat-alat asing. Lalu apa yang perlu saya lakukan? Moms tinggal mengikuti arahan dokter gigi seperti cukup memegang tangan si kecil untuk memberikan ketenangan.

5. Jangan menjanjikan apapun Sebelum berangkat ke dokter gigi

Sebaiknya jangan berjanji seperti memberikan permen atau makanan kesukaan jika ia tidak rewel di dokter gigi. Dengan begitu si kecil akan berpikir pasti ada sesuatu yang tidak ia sukai. Hadiah boleh diberikan ketika anak berhasil mengunjungi dokter gigi. Itu dia cara agar anak tak takut ke dokter gigi. Moms juga perlu mencontohkan kebiasaan baik merawat gigi agar si kecil terhindar dari penyakit gigi.

6. Mencari klinik gigi yang ramah anak




Pastikan bahwa klinik yang Moms pilih  ramah untuk si kecil ya, bukan hanya dokter namun setiap orang yang ada didalamnya haruslah ramah untuk memberikan kesan hangat kepada si kecil. Bisa juga Moms mencari Klinik yang memang khusus untuk anak seperti Medikids yang beberapa waktu lalu saya dan Zalwa kunjungi.

Tentang Medikids



Medikids adalah klinik dental yang didukung oleh peralatan modern dan bahan-bahan berstandar internasional, membuat pasien merasa lebih nyaman saat menjalani perawatan. Yang otomatis, kualitas hasil perawatannya pun akan lebih baik. 

Si Kecil pun akan jauh dari rasa ’seram’ saat memasuki klinik gigi yang satu ini. Suasana yang nyaman serta para dokter dan staf yang ramah akan dijumpai Si Kecil disini. Suasana klinik pun jauh dari kesan yang menakutkan karena didesain semenarik mungkin dengan warna-warni cerah di setiap ruangannya.



Di Medikids, Si Kecil dapat melakukan pengecekan dan pembersihan gigi secara berkala. Si Kecil juga dapat bermain di London Play Hospital, sebuah playground edukasi yang memberikan kesempatan bagi anak untuk belajar berprofesi sebagai tenaga medis seperti dokter emergency, dokter gigi, hingga perawat. Selain memberikan pengalaman baru, Si Kecil juga akan lebih menyadari arti kesehatan bagi dirinya.

Zalwa baru saja kemarin berkunjung ke Medikids yang ada di Ruko Boulevard Summarecon Bekasi tapi sudah minta kembali lagi kesana karena disana anak-anak dibuat super happy dengan fasilitas yang ada. 

Seperti saat akan diperiksa, Zalwa request ingin jadi dokter dan terkabul lho..
Di medikids disiapkan atribut-atribut kedokteran yang khusus untuk anak jadi bisa Zalwa pakai saat Dental Check Up.

Penasaran gak Moms kaya apa senangnya anak-anak dibawa ke Klinik gigi yang satu ini? Moms harus rasain sendiri yah setelah itu sharing pengalamannya juga :)

Tidak ada komentar:

Yoga For Kids di Bekasi

Halo Moms Moms, sudah tau belum? Ternyata yoga memiliki banyak sekali manfaat untuk tumbuh kembang anak. Namun teknik yoga yang digunakan ...