Jumat, 26 Juli 2019

Beli Mobil. Nabung atau Kredit?

Teman-teman pernah gak ngebayangin suatu saat pasti kita akan memiliki keluarga, tinggal dan membangun keluarga baru bersama istri/suami dan anak-anak, membangun rumah tangga yang bahagia.



Mobil punya peranan penting dalam keluarga. Apalagi keluarga besar yaa hehehe
itu kenapa perlu yang namanya mobil keluarga. Kalau sudah punya mobil sebelum menikah baik hasil beli sendiri ataupun hadiah dari orang tua harus beryukur sekali yaaa karena sudah jauh lebih beruntung dari kebanyakan orang :D :D

"Punya mobil itu bukanlah sebuah impian, tapi kebutuhan!!"


Yapp!! di Indonesia sendiri sarana transportasi kita sangat-sangat kurang dan masih perlu banyak sekali perbaikan. Beda dengan negara tetangga yang menurut saya "punya mobil" tidaklah jadi prioritas karena mobilitas sehari-hari mereka sangat didukung dengan sarana transportasi yang nyaman dan sangat bagus.

Karena alasan inilah kita harus mau gak mau wajib punya mobil keluarga. Kenapa mobil keluarga? ya biar banyak muatnya. Ayah, Ibu, Kakak, Adik, Kakek, Nenek..dll. Kalau keluarganya kecil,, cuma ber 4 aja ya boleh lah dengan city car. Tapi kalau sudah lebih dari 4 orang, wajib beli yang 8 seater. Jadi intinya banyak sekali peran penting mobil keluarga itu.



Pasti ga mau kan nanti kalau pergi kemana dengan keluarga beriringan naik motor? atau bahkan sewa sana sewa sini atau dengan kendaraan umum yang menurut saya tidak ramah anak. jadi menurut saya, punya mobil itu suatu kebutuhan pokok di jaman sekarang ini.

Yang jadi kendala kebanyakan orang, belum tau jelas "Kenapa harus punya mobil" lalu karena uangnya terpakai terus setiap bulan atau nabung yang tidak ada cukupnya jadilah lama-lama berfikir "ya sudaahlahh,,, gpp deh ngga punya mobil, kan masih ada motor, masih ada kendaaran umum,, masih ada rent car dll"

hhmmmmm.... semoga jangan berpikir seperti itu. harus optimis, kalau suatu saat nanti pasti kita bisa punya/beli mobil sendiri. Kapan mau punya? yuk tentukan waktunya jangan lama-lama yaa :) saya doakan, semoga rejeki teman-teman semua lancar dan bisa punya mobil untuk keluarga. Agar semua urusan mobilitas berasa lebih nyaman :)



Lalu gimana caranya biar punya mobil? NABUNG!

Sorry it's not the answer :)

coba dihitung-hitung

Ditahun 2009 Harga mobil baru itu berkisar 70 juta lalu kita menabung dengan rencana beli mobil ditahun 2019 which is jangka waktu menabung 10 tahun dengan besarnya 600 ribu per bulan. Total tabungan setelah 10 tahun adalah 72 juta. Nah kira-kira di tahun 2019 kitabisa beli mobil apa dengan uang 72 juta?

Jadi menurut saya nabung bukan solusi karena nilai barang tiap tahun itu terus naik sedangkan tabungan kita masih gak juga cukup, jadi kapan bisa beli mobilnya? Option lainnya adalah kredit.

Masing-masing dealer menawarkan harga kredit yang beragam mulai dari angsuran ringan hingga potongan harga yang cukup tinggi. Tentu saja kita harus memanfaatkan kesempatan ini dengan baik agar bisa memperoleh kredit mobil yang angsurannya terjangkau. Dan dalam waktu 3 tahun, Kita dapat memperoleh kendaraan yang diimpikan. 

Berbicara mengenai kredit kendaraan, Kita harus mencari dealer yang sudah memiliki reputasi terbaik demi kenyamanan dan keamanan seperti  Toyota Astra Finance (TAF) yang juga memiliki website yang sangat ringan diakses guna mempermudah calon customer. Disini kita bisa memperoleh info seputar produk yang ditawarkan. simulasi kredit, kredit mudah, kredit syariah dll.

Sebelum memutuskan untuk kredit mobil sangat penting untuk mengetahui poin-poin berikut:

1. Memahami tipe mobil yang akan dibeli. 



Sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget. Meskipun kredit mobil dapat membantu mendapatkan mobil dengan cepat, namun jangan sampai kebutuhan lainnya terbengkalai sebab uang yang dimiliki habis untuk membayar cicilan. 

2. Maksimalkan pembayaran 



Batasi hingga 5 tahun dengan besarnya angsuran sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Tapi jika budget cukup besar sebaiknya pilih cicilan dibawah 5 tahun. Selain mendapatkan kemudahan dalam pembayaran, Toyota Astra Finance juga memberikan gratis service lengkap. 

3. Ketahui kisaran angsuran perbulan 



untuk TAF sendiri kamu bisa langsung masuk ke laman resmi Toyota Astra Finance. Isikan tipe mobil yang inginkan lalu ketik jumlah uang muka yang akan dibayarkan. Biasanya ada minimal pembayaran dan bila kurang, sistem akan secara otomatis memberikan notifikasi. Setelah itu, klik menu hitung dan lihat hasilnya. Kira-kira segitulah jumlah dana yang harus keluarkan untuk membayar cicilan kredit tersebut. 

4. Pastikan dealernya resmi dan terpercaya
Toyota Astra Finance adalah dealer resmi yang melayani kredit-kredit mobil. Segala kemudahan bisa diperoleh disini termasuk menentukan lamanya angsuran sesuai dengan kemampuan financial. 

Tentang Astra Financial 

Astra Financial adalah divisi layanan keuangan PT. Astra International Tbk yang memiliki tujuh lini bisnis yaitu Otomotif, Layanan Keuangan (Astra Financial), Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi dan Energi, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi, dan Properti. 

Peran Astra Financial adalah untuk mendorong pengembangan unit bisnis secara individu, sebagai keluarga di bawah Astra Financial, atau bahkan sebagai perusahaan di bawah Astra. Saat ini, Astra Financial terdiri dari 11 entitas yaitu 

1. Perbankan 

  • PermataBank 
 2. Pembiayaan Perusahaan 

  • Kredit Astra 
  • Federal International Finance 
  • Toyota Astra Finance 
  • Surya Artha Nusantara Finance 
  • Komatsu Astra Finance 
  • GeneraI Insurance 
3. Asuransi Astra - Asuransi Jiwa

  • Astra Life 
  • Modal Ventura 
  • Astra Ventura 
4. Perusahaan teknologi keuangan

  • Astra Welab Digital Artha

 5. Dana Pensiun

  •  Dana Pensiun Astra.
Jadi setelah tau poin-poin diatas kalian ada rencana untuk kredit mobil juga kah? atau justru tertarik dengan point yang lain? Kalian bisa manfaatkan momen ini karena sedang diadakan GIIAS 2019 di The ICE BSD dan juga kalian bisa langsung berkunjung ke Booth Astra  Financial yang ada disana untuk informasi lebih lengkapnya. Pastinya dengan banyak sekali promo menarik yang ditawarkan. 


Tidak ada komentar:

Review Pisau Dapur Premium dari Debellin Premium Cookware

Sudah sejak awal tahun 2017 lalu saya menempati rumah yang kini jadi tempat tinggal saya sekarang ini. Banyak sekali perabot rumah tangga ya...