Selasa, 06 Agustus 2019

Fungsi Tersembunyi dari Kamar Mandi



Kamar mandi merupakan salah satu bagian ruangan dari rumah tinggal yang sering dianggap tidak penting, padahal faktanya kamar mandi mempunyai peranan dan pengaruh yang cukup besar. Keberadaannya cenderung sering terlupakan dan biasanya diletakkan di bagian belakang rumah, padahal keberadaan kamar mandi sangatlah penting.

Sekarang, keberadaannya merupakan salah satu ruangan yang dianggap paling penting dalam arsitektur rumah. Setiap rumah harus memilikinya. Pada saat tidak hanya digunakan sekedar untuk mandi, namun juga untuk memenuhi tuntutan yang lebih tinggi lainnya. Misalnya untuk kebutuhan relaksasi dari kepadatan aktivitas sehari-hari dengan berendam air panas di dalam bathtub.



Berbeda halnya dengan zaman dulu yang hanya terdiri dari bak dan kloset saja. Fungsi utama dari kamar mandi antara lain mandi atau berendam,buang air besar dan kecil, mencuci muka, menyikat gigi, merias diri dll.

Ketika merancangnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan di antaranya dari segi intensitas pemakaian. Kegiatan manakah yang paling sering dilakukan, maka perlengkapan untuk kebutuhan aktivitas tersebut harus diketakan paling dekat dengan pintu masuk. Berdasarkan dari fungsi kamar mandi yang sebelumnya sudah disebutkan, perlengkapan kamar mandi yang paling sering digunakan adalah wastafel yang digunakan untuk sikat gigi, cuci muka, dan cuci tangan. Maka letak wastafel harus berada dekat dengan arah pintu masuk kamar mandi.

Urutan yang selanjutnya adalah kloset yang digunakan untuk buang air besar dan air kecil, dan terakhir adalah yang paling jarang digunakan yaitu bathtub dan shower. Maka letaknya paling jauh dari arah pintu masuk. Berdasarkan jenisnya, kamar mandi dibedakan kedalam dua jenis, antara lain.

Kamar mandi kering



Biasanya berukuran lebih luas karena terpisah antara area untuk mandi dan area wastafel/kloset. Area basah digunakan untuk membersihkan seluruh tubuh yang didalamnya terdapat shower. Area ini biasanya dipisah menggunakan sekat bisa berupa kaca atau dinding. Sedangkan area keringnya merupakan area yang lantainya bisa tidak basah seperti untuk aktivitas cuci muka, cuci tangan, sikat gigi, dan buang air. Pada area kering ini perlengkapan yang tersedia adalah wastafel dan kloset. 

Kamar mandi basah




Berbeda halnya dengan kamar mandi kering, pada bagian ini semua areanya dapat dialiri oleh air karena tidak adanya perbedaan atau sekat yang membatasi aktivitas mandi dan cuci tangan serta buang air. Sehingga lahan yang diperlukan pada kamar ini dapat diminimalisir.

Menjaga kebersihannya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Kamar mandi yang sehat harus memenuhi pencahayaan yang cukup, dengan cahaya matahari yang optimum. Tujuannya agar tidak lembab dan dapat mematikan kuman. Lalu perhatikan sirkulasi udara, yang berfungsi agar dapat membantu mengalirkan bau-bauan yang terjadi sehingga adanya perputaran udara segar.

Selain itu juga pengadaan air bersih yang lancar, air merupakan elemen utama, sehingga air bersih harus selalu setiap saat dapat mengalir dengan baik. Serta yang terakhir adalah dengan membersihkannya secara teratur dengan minimal menyikatnya seminggu dua kali agar tetap terjaga kebersihannya. Selain itu dari segi keamanan juga harus diperhatikan. Seperti perencanaan listrik secara seksama dengan yang ahli dan profesional untuk pemasangan stop kontak, saklar, serta lampu agar tidak terjangkau percikan air. Pemilihan lantai pun penting, pilihlah material lantai yang tidak licin. Peralatan dan bahan yang berbahaya usahakan tidak dapat terjangkau oleh anak-anak.

Berbicara panjang lebar soal kamar mandi membuat saya berfikir untuk "Mengupgrade" kamar mandi saya yang saat ini masih mengutamakan fungsi saja. Seperti yang sudah disebutkan diatas selain untuk mandi, buang air dll kamar mandi memiliki fungsi untuk relaksasi.

Menggunakan Produk Germany Brilliant



GB (Germany Brilliant) Sanitaryware adalah produk perlengkapan rumah unggulan yang berdiri dari tahun 2003 dengan mengedepankan konsep gaya hidup modern. Pada dapur dan kamar mandi khususnya dan rumah serta bangunan pada umumnya, mementingnya nilai kenyamanan dan keamanan di setiap fungsi pada perlengkapan dapur dan kamar mandi serta nilai keindahan pada desain produk yang diciptakan sehingga membuat berbeda dan lebih dari biasa.


GB (Germany Brilliant) juga selalu berusaha menganalisa permasalahan yang terjadi didapur dan kamar mandi serta rumah pada umumnya untuk menciptakan inovasi produk yang dapat menjawab kebutuhan pada rumah. Optimalisasi Fungsi, Desain Modern, meningkatkan gaya hidup adalah fokus GB dalam berinovasi untuk Menempatan kepuasaan masyarakat sebagai prioritas utama dan juga Menciptakan kesan lebih dari biasa.

Produk


Germany Brilliant memiliki beberapa produk yaitu
  1. Keran
  2. Aksesoris
  3. Bak cuci piring
  4. Kunci
  5. Kloset
  6. Floor drain
  7. Westafel
  8. Urinal
  9. Kursi (Sanitary)

Saya dan rekan-rekan blogger dari KUBBU berkesempatan untuk dapat melakukan showroom visit di office Germany Brilliant yang terletak di Sentra Niaga 5 Blok Sn 5.1 No. 18-23 & 25 Kota Harapan Indah Bekasi Jawa Barat Telp : 021-2928 3838 Fax : 021-2928 7979.


Setelah melihat semua produk dari Germany Brilliant ini saya menemukan point penting yang tidak saya temukan di produk lain yaitu setiap produk Germany Brilliant bergaransi 5 hingga 25 tahun, dengan suku cabang yang tersedia dan teknisi yang terlatih memberikan suatu jaminan kepastian bagi kenyamanan penggunanya.

Selain itu Germany Brilliant mengedepankan kualitas untuk kepuasan para penggunanya. Di samping desain yang menjadi fokusnya, pemilihan bahan juga merupakan konsentrasinya dalam berkarya. Germany Brilliant menggunakan bahan yang berkualitas dengan menggunakan bahan Kuningan dan Stainless Steel 304, serta dibalut dengan Chrome untuk menyempurnakan produk dari Germany Brilliant.

Kira-kira kalian tertarik kah untuk upgrade sanitary rumah kalian dengan produk dari Germany Brilliant? Saya sih Yes!

1 komentar:

kataresi mengatakan...

Tertarik banget. Bikin suasana kamar mandi makin nyaman utk aku yg suka berlama2 di kmr mandi.

Review Pisau Dapur Premium dari Debellin Premium Cookware

Sudah sejak awal tahun 2017 lalu saya menempati rumah yang kini jadi tempat tinggal saya sekarang ini. Banyak sekali perabot rumah tangga ya...