Minggu, 15 September 2019

Yoga For Kids di Bekasi

Halo Moms


Moms, sudah tau belum? Ternyata yoga memiliki banyak sekali manfaat untuk tumbuh kembang anak. Namun teknik yoga yang digunakan pada anak-anak tentu berbeda dari dewasa. Gerakan yoga pada anak lebih dikreasikan pada permainan yang atraktif. 

Gerakannya dapat mudat diingat lewat dongeng dan iringan musik sehingga anak tidak cepat merasakan bosan terhadap gerakan-gerakan yang ada. Misalkan bercerita tentang kebun binatang, kemudian diajarkan berbagai macam gaya hewan seperti gajah, anjing, kucing, pohon, dan hewan lainnya. 

Pada usia berapa idealnya anak dikenalkan dengan Yoga? 


Sebenarnya usia yang paling tepat untuk diikutikan dalam yoga adalah minimal berusia 3 tahun. Anak tidak perlu dipaksa untuk menirukan gerakan yoga yang sempurna karena pada usia tersebut struktur tulang anak belumlah kuat dan anak mulai bisa menerima perintah. Pose yoga sempurna dapat diajarkan saat usia anak 9 tahun ke atas. Pada usia tersebut, struktur tulang telah terbentuk sempurna dan kuat. Sedangkan frekuensi latihan yoga pada anak dianjurkan maksimal 2-3 kali seminggu dengan estimasi waktu masing-masing 30 menit. 

Manfaat Yoga Untuk Anak 


Banyak hal yang bisa didapat dari latihan yoga pada anak baik dari segi fisik maupun mentalnya.

Untuk perkembangan fisik



  • Meningkatkan kekuatan otot sehingga struktur tubuh bisa lebih kuat, lentur, serta membuat tubuh bisa lebih relaks
  • Meningkatkan keseimbangan koordinasi tubuh
  • Memperlancar sirkulasi darah
  • Melatih aliran nafas sehingga asupan oksigen yang masuk dapat bekerja secara maksimal untuk tubuh. 

Untuk Perkembangan Mental 


  • Meningkatkan konsentrasi sehinga bisa lebih fokus terhadap apa yang dikerjakan. 
  • Meningkatkan body awarness lewat pengenalan terhadap anatomi tubuh manusia. 
  • Menghilangkan rasa stres terhadap masalah yang terjadi. 
  • Meningkatkan daya imajinasi dan empati pada anak lewat gerakan-gerakan yoga yang ditirukan dari dongeng hewan atau tumbuhan yang ada dalam cerita tersebut. 
  • Melatih diri menjadi lebih displin dan teliti. 
Hal ini disebabkan latihan yoga menuntut setiap gerakan dapat dilakukan secara teliti serta berhati-hati. Membangun komunikasi dan kedekatan antar anggota keluarga. Misalkan Moms atau Dad juga ikut serta dalam latihan yoga membuat anak lebih bersemangat.

Rekomendasi Yoga Classes for Moms and Kids


Tidak semua tempat yoga memiliki class khusus untuk anak namun beberapa hari yang lalu saya tertarik mencoba Yoga bersama Zalwa. Terus terang ini adalah kali pertama saya dan Zalwa melakukan Yoga. Saya dan Zalwa datang ke Poccolo Harapan Indah Bekasi untuk melakukan Yoga.

Poccolo Indonesia


Poccolo adalah tempat yang untuk bounding Moms and Kids. Di Poccolo banyak sekali kelas-kelas menyenangkan yang sudah disiapkan seperti :

  • Sensory Class
  • Mom and Kids Yoga
  • Prenatal Yoga
  • dll

Guru-guru yang ada di Poccolo juga sudah dipastikan berpengalaman dan bersertifikasi dan juga berasal dari bidang pendidikan dan psikologi.

Selain Kegiatan menyenangkan dan Staff-staff yang mendukung poccolo juga memiliki fasilitas penunjang seperti :

  • Mini Play Groud 
  • Disediakan buku-buku bacaan anak
  • Ruang Tunggu yang super nyaman
  • Spot-spot Instagramable
  • Nursery Room
Poccolo mulai dibuka untuk umum pertanggal 21 Agustus 2019 lalu di Ruko Simphony Harapan Indah Bekasi. Poccolo dibuat dengan tujuan memfasilitasi Moms agar memiliki bounding yang berkualitas dengan si Kecil.

Pengalaman Ikut Yoga For Kids

Seperti yang sebelumnya saya bilang ini adalah kali pertama Zalwa ikut kegiatan yoga. Sempat was-was juga kalau kalau Zalwa Crangky apalagi cuaca Bekasi lagi panas-panasnya duh makin takut saya kalau Zalwa Badmood.

Tapi ternyata begitu sampai di Venue, spot pertama yang disuguhkan adalah Mini Play Ground yang letaknya persis di kanan setelah pintu masuk. Tepat bersebelahan dengan meja pendaftaran.
Mungkin sang owner adalah penganut kepercayaan "Kesan Pertama Begitu Menggoda" tapi benar saja lho dengan adanya mini play ground tepat didepan itu buat mood anak jadi happy setelah berpanas-panas ria diluar.


Di Mini Play Ground itu juga disediakan beberapa buku bacaan anak-anak lho, Senang banget akutuh kalau ketemu play ground yang ada buku-bukunya. Karena memang minat baca anak harus ditumbuhkan sejak dini. eiitts kagumnya gak berhenti sampai disini lho aku juga senaaaaang banget pas ketemu buku dengan judul "Umar Sang Penolong" waittttt, Yes! ini buku islamic.
Owner sangat faham kalau mayoritas warga Bekasi itu muslim jadi disediakan beberapa buku bacaan dengan tema islam. Alhamdulillah 

Bergeser sedikit kedepan ada spot foto instagramable yang bisa banget dibuat konten saat mampir kesini namun sayangnya saya gak sempat foto karena sibuk dengan Zalwa dan Buku-buku bacaan yang ada disana.

Lanjut ke lantai 2 tempat dimana Yoga akan dilakukan.
Saat itu Zalwa berkenalan dengan Miss Firza (Maaf kalau salah menyebutkan nama) dan senangnya hati bundaaaaa ketika tau kalau instrukturnya sangat humble dan pintar membawa suasana hati anak-anak.


Zalwa gak pakai malu ataupun tantrum mengikuti apa yang Miss Firza lakukan. Bahkan percaya gak kalau Zalwa duduk di mattrasnya sendiri karena merasa percaya diri.
Duhh boleh gak sih Miss Firza jadi gurunya Zalwa disekolah juga :D

Sekitar 30 Menit Yoga dilakukan dengan gerakan-gerakan simple dan music yang membuat anak semakin Happy. Memang Yoga For Kids berbeda dengan yoga untuk dewasa karena anak-anak belum bisa seserius itu. Menurut Miss Firza it's Okay yang penting anak bergerak aktif dan berkeringat itu sudah cukup. Fungsi awal adalah mengurangi aktivitas dengan gadget dan beralih ke aktivitas fisik.

Dampak yang dirasakan setelah Yoga


Untuk Zalwa sendiri yang baru sekali melakukan yoga menurutku tidak banyak dampak yang signifikan hanya saja memang tidurnya jadi lebih lelap dan bangun dengan lebih ceria. Zalwa juga banyak meniru gerakan yang dilakukannya saat Yoga dirumah.

Untuk dampak yang lebih serius seperti lebih berkonsentrasi dan motoriknya lebih terasah menurutku tidak cukup hanya dengan 1x pertemuan yoga saja hehe. Next Zalwa akan ikut Ballet Class di Poccolo next month.

Kalau kalian sedang cari rekomendasi Sensory Class, Yoga Class atau Prenatal Yoga ataupun aktivitas menarik lainnya kalian bisa datang langsung ke Poccolo Harapan Indah Bekasi.
Bisa juga janjian sama saya dan Zalwa lho..

Tidak ada komentar:

5 in 1 Magic Slim Bisa Mengecilkan Perut dalam 1x Treatment

Memiliki tubuh yang langsing dan idela adalah impian setiap orang, tak terkecuali saya. Semenjak hamil dan menyusui memang berat badan saya ...