Senin, 17 Agustus 2020

Persiapan Laktasi Sejak Hamil

Dari dulu saat aku mengandung Kakak Zalwa, Sudah punya tuh cita-cita "Aku harus memberikan anakku ASI Eksklusif! Paling tidak di 6 bulan pertamanya" Tapi Qadarullah aku hanya bisa mengASIhi Zalwa sampai usianya 3 bulan karena 1 dan lain hal.

Iyaa! Ibu muda ini memang buta sama sekali tentang urus anak jadi kalau ingat masa-masa itu tuh kaya ingat dosa besar yang gak akan mau ku ulang lagi. Terlebih saat ini, Saat aku sedang mengandung di usia kehamilan 28 weeks. Aku gak mau lagi salah langkah dan kecewa untuk kedua kalinya. Aku berusaha semaksimal mungkin untuk mempersiapkan segala hal sebelum Anakku lahir.

Menyusui memang adalah hal alami yang dilakukan ibu setelah melahirkan. Namun, tidak jarang ibu mengalami kesulitan untuk proses tersebut. Beberapa persiapan dapat dilakukan sejak kehamilan untuk membantu memperlancar proses menyusui. Selama kehamilan, sebenarnya tubuh telah melakukan persiapan secara alami untuk ibu menyusui. Suplai darah ke payudara akan lebih tinggi pada ibu hamil, seiring dengan semakin berkembangnya saluran air susu. 

ASI memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sesuai dengan usianya. Dan apa yang dikonsumsi oleh sang ibu tentunya menjadi penentu kualitas ASI yang diberikan. ASI yang bernutrisi dapat dilihat dari ASI kental kekuningan atau putih pucat dan memiliki kandungan lemak yang cukup.

4 Langkah Persiapan Menyusui Sejak Kehamilan

Secara umum, persiapan tubuh untuk menyusui tampak ketika puting terasa lebih sensitif saat tersentuh dan perubahan ukuran payudara menjadi lebih besar. Selain itu, tampak warna aerola di sekitar puting semakin gelap serta perubahan bentuk puting. Meski alami, namun proses menyusui terkadang tidak selalu mudah untuk sebagian ibu. Berikut beberapa langkah persiapan yang dapat membantu melancarkan proses menyusui sejak masa kehamilan.

Memperbanyak Informasi Laktasi


Ibu hamil yang bersiap untuk menyusui bisa mendapat informasi dari berbagai pihak seperti ibu menyusui lain, buku, internet, instagram dan lain-lain. Kalau aku biasanya ikut kelas-kelas laktasi yang Alhamdulillah saat ini dipermudah :) Banyak sekali kelas-kelas yang diadakan secara online atau virtual sehingga kita tidak perlu keluar rumah untuk menghadirinya atau justru akun-akun instagram yang banyak sharing mengenai tips laktasi, banyak juga lho!. Selain itu, Kita juga dapat memperoleh informasi di klinik laktasi ataupun konsultan laktasi di rumah sakit tertentu. Selalu konsultasikan informasi yang Kamu peroleh dengan Obgyn yang menanganimu dan dokter anak yang Kamu pilih! Jangan sampai menerapkan hal yang belum tentu kebenarannya a.k.a HOAX

Menjaga kebersihan puting

Nah ini, Karena kadang mau segalanya steril untuk si buah hati kiya sampai rela melukai diri sendiri. Seperti menggosok puting dengan terlalu keras, hal ini akan melukai puting dan menyakitkan saat proses menyusui. Puting susu dipercaya akan lebih kuat dan padat bila dibersihkan dengan menggunakan handuk ataupun spons kasar. Tapi pendapat ini salah. Justru puting seharusnya lembut dan nyaman untuk diisap bayi. Jadi pastikan Kita membersihkannya dengan benar ya, jangan sampai melukai diri ataupun membuat si buah hati tidak nyaman :)

Support System 


Mempersiapkan pasangan dan juga orang sekitar untuk mendukung proses menyusui. Menyusui tidak sekedar hubungan antara ibu dan bayi. Suami yang kelak akan menjadi Ayah ASI, merupakan faktor penting yang turut menentukan kesuksesan proses menyusui. Orang sekitar juga sangat berperan dalam hal ini. Jangan sampai Ibu menyusui merasa mendapatkan tekanan dan justru menjadi stres lalu berpengaruh terhadap produksi ASInya. Ibu menyusui yang mendapat support penuh, kemungkinan akan menyusui lebih lama. Alhamdulillah sejak menyusui anak pertama dulu, Suami dan keluarga selalu support penuh apa yang menjadi pilihanku . Gak pernah nuntut ini itu atau bicara seenaknya yang justru bisa buat aku makin stres bahkan kadang suami suka langsung pijit pundak saat aku sedang menyusui atau saat tau putingku lecet, dia yang gerak cepat obati putingku sambil kasih semangat dan juga bicara hal-hal lucu yang buat suasana ceria lagi:) Semoga kalian juga mendapatkan support penuh dari orang sekitar ya!

Memperhatikan asupan nutrisi

Source Blackmores Indonesia

Nutrisi saat kehamilan sangat penting bagi pertumbuhan janin. Sebuah penelitian menunjukkan, pola makan saat kehamilan akan memengaruhi kemungkinan anak mengalami obesitas, diabetes, atau sakit jantung di kemudian hari. Nutrisi yang perlu mendapat perhatian ibu hamil antara lain asam folat sekitar 400 mikrogram per hari. ibu hamil perlu memperhatikan asupan protein ekstra hingga mencapai total 70 gram protein per hari dan zat besi lebih banyak 50% dari kebutuhan umumnya. Diperlukan juga asupan kalsium dan DHA yang cukup selama hamil untuk memenuhi kebutuhan janin. Selain memastikan makanan serta minuman yang dikonsumsi Ibu saat hamil perlu juga memastikan Ibu hamil mengkonsumsi suplemen bernutrisi lengkap saat hamil dan juga menyusui. Nah kalau aku konsumsi Suplemen dari Blackmores Indonesia yaitu Pregnancy and BreastFeeding Gold.

Tentang Blackmores Pregnancy and BreastFeeding Gold

Pregnancy & Breast-Feeding Gold merupakan suplemen kehamilan dan menyusui yang mengandung 17 nutrisi esensial seperti asam folat, zat besi, tinggi DHA, tinggi Kalsium, vitamin dan mineral dan lainnya yang dapat membantu memenuhi nutrisi ibu dan buah hati selama kehamilan hingga menyusui. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold tersedia dalam botol berisi 60 kapsul, 120 kapsul dan 180 kapsul. Dosis suplemen ini disesuaikan berdasarkan kebutuhan ibu hamil & menyusui di Indonesia (tidak berlebih) Mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan bagi ibu hamil dan menyusui dan mendukung perkembangan bayi pada masa 1000 hari pertama kehidupan.

Btw Blackmores Pregnancy and BreastFeeding Gold juga turut mendukung World BreastFeeding Week yang jatuh pada bulan Agustus dan juga bekerja sama dengan Bumi Sehat Foundation. 

Bumi Sehat Foundation adalah Yayasan yang lahir pada 2005 dan telah menjadi ahli dalam memberikan perawatan ibu dan bayi pasca bencana.

Nah kalian para bumil-bumil yang juga sedang menunggu kelahiran si buah hati, Yuk!Coba konsumsi Blackmores Pregnancy and BreastFeeding Gold sebagai langkah awal menyusui yang dimulai sejak masa kehamilan. Karena ASI bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa.

Blackmores Pregnancy and BreastFeeding Gold ini bisa kalian dapatkan secara mudah di Tokopedia, Blibli, Shoppe, Lazada lho! jangan lupa beli di Official Storenya ya!

Untuk informasi lebih lengkap kalian bisa cek di
Atau cek akun instagramnya di @Blackmoresid

22 komentar:

Okti Li mengatakan...

Kok pengalaman mirip saya Mbak. Memberi asi hanya pada sekitar empat bulan saja. Ke sananya asi surut. Saya pun seandainya dikasib kesempatan hamil lagi, pasti akan mendahulukan nutrisi dan asupan supaya kelak bisa mengasihi maksimal.

Elly Nurul mengatakan...

Mba putri, semoga kehamilan kedua ini lancar ya.. dan bisa menyusui anak secara ASI Ekslusif ya.. memang setiap wanita berbeda beda dalam proses menyusui.. jangan patah semangat, semoga dengan konsumsi blackmores ini nanti ASI lancar ya.. aamiin

www.grandysofia.com mengatakan...

Sehat-sehat bumil cantik. Memang kita harus penuhi nutrisi selama kebutuhan masa kehamilan hingga nanti bisa menyusui ya kak dengan lancar

Shyntako mengatakan...

salah satu kunci sukses menyusui ya memang harus memperhatikan asupan nutrisi ya mba, sekarang ada blackmores ya mba untuk kebutuhan asupan nutrisi para ibu menyusui

Niwanda mengatakan...

Setuju nih, memang perlu bekal ilmu sedari belum melahirkan. Yah nanti ada sih yang tetap dipelajari sambil jalan, tapi dengan sudah punya dasarnya dulu in sya Allah akan lebih mantap dalam mengASIhi, karena kadang sudah punya ilmunya pun mendadak bingung ketika ketemu tantangan, apalagi kalau sama sekali belum pernah baca sama sekali.

Helena mengatakan...

Mba Putri ... alhamdulillah udah 7 bulan ya. Masuk trimester 3 udah siapin ilmu dan nutrisi supaya lancar menyusui. Keren! Insya Allah kali ini lebih siap mengasihi yaa

Fenni Bungsu mengatakan...

Support system sangat diperlukan, apalagi dari orang terkasih agar lebih semangat dalam mengASIhi. Eh iya, insya Allah sehat selalu dan semoga lancar ya mbak proses persalinannya, aamiin

Uchy Sudhanto mengatakan...

Waktu anak pertama, aku juga missed masalah menyusui, alhasil panik dan anak terpapar sufor di 3 hari pertama kelahiran. Sedih banget tapi langsung belajar banyak dari situ..

Ernawati Lilys mengatakan...

Iya sejak kehamilan dan menyusui memang bagusnya tetap konsumsi blackmores agar kebutuhan nutrisi tercukupi.

Annafi mengatakan...

Menjaga kebutuhan nutrisi saat hamil juga menyusui memang tidak mudah ya mba, dengan konsumsi suplemen in sya Allah kebutuhan nutrisi terjaga ya

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

wajib bangeet suplemen untuk ibu yang sedang menyusui soalnya kan diserap juga untuk bayi nya mba. Perjuangan seorang ibu memang luar biasa

Orin's Journal mengatakan...

merasa dapet kelas dan belajar sisi lain seorang ibu, makasih mbak udah nulis ini :)

Faradila Putri mengatakan...

Suka deh si Blackmores ini hehehe, aku suka banget karena waktu nyusuin Rio, ini bikin ASIku lebih kental. Super recommended!

April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com mengatakan...

Blackmores ini katanya emang baik ya buat melancarkan ASI dan udah bisa diminum saat masa kehamilan. Kebetulan sepupuku juga konsumsi ini sebelum lahiran bbrp waktu lalu.

Aldila Kun Condroweni mengatakan...

Peenah dpt cerita temen yg dia fokusnya ke masa kehamilan aja, tp ketika bayinya sdh lahir malah jd "buta" sama sekali ttg ilmu parenting, termasuk ttg mengASIhi. Jd emg ketika mempersiapkan kehamilan itu yg harus dipelajari ilmunya yaitu ttg sblm dan sesudah melahirkan

Renayku mengatakan...

Bener banget.. persiapan pasca melahirkan khususnya ASI itu penting biar aliran asinya lancar jaya jadinya anak bisa tumbuh kembang dengan maksimal

chairina bawazir mengatakan...

Aku pun zaman hamil cukup sering nyoba multivitamin untuk busui. Blacmores prengnancy emang rekom banget nih untuk bumil busui.

CIci Desri mengatakan...

pokoknya yang terbaik ya kak untuk si buah hati, mulai dari makanan dan vitamin apapun kita konsumsi, sehat selalu sayang.

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

masya Allah, semoga selalu diberikan kelancaran ya mbak. Persiapan untuk mengasihi tuh memang harus dilakukan sejak dini menurutku, apalagi jika kita sudah tau akan memiliki buah hati.

Julia.K mengatakan...

Pasti sedih tiap Kali ingat bahwa Saya tidak berhasil MengASIhi putra pertama saya. Hanya 6 Bulan saja pdhl idealnya sampai 2 tahun. Mungkin 5 tahun lalu sudah Ada yah suplemen ini tp Saya yg kurang pengetahuan

atiqoh mengatakan...

wah andalan nih dari hamil sampe menyusui :) lancar terus ya kak prosesnya

Rahma Liasa mengatakan...

Wah terimakasih mbaaa ulasannya, semoga bermanfaat bagi dan menambah ilmu bagi teman2 yg belum menikah mbaaa

Desinfektan Aman untuk Anak dan Bayi

 Assalamualaikum Moms Apa kabar Moms dan Si Kecil? Semoga dalam keadaan yang baik selalu ya :) Di masa pandemi seperti sekarang ini tentunya...