Kamis, 29 Oktober 2020

Gelang Penghitung Jumlah Tendangan Janin? Solusi MomsToBe

Assalamualaikum Moms semua? Apa kabar? Pasca melahirkan kadang saya suka merindukan momen-momen dimana Baby Tam masih ada didalam rahim. Saya masih terbayang waktu Baby Tam menendang perut saya dari dalam terlebih saat trimester ketiga atau dimulai saat minggu ke 28. Ahh momen-momen indah yang tidak akan pernah saya lupakan.

Moms, semakin tua usia kehamilan akan semakin terasa gerakan bayi di dalam perut Moms. Apalagi memasuki usia kehamilan 9 bulan, kini gerakannya semakin aktif terlebih saat malam hari. Kadang-kadang memang bikin Moms tidak bisa tidur nyenyak, ditambah lagi dengan keinginan untuk buang air kecil yang semakin sering. Moms perlu mengetahui di usia janin 9 bulan, bayi sehat menendang sekitar 10 kali setiap dua jam. Gerakannya pun semakin berbentuk kaki atau tangannya yang muncul pada perut Moms. Nah si buah hati kesayangan Moms berapa kali menendang dalam dua jam? atau malah Moms tidak pernah menghitung jumlah gerakannya?

 

Gerakan janin 9 bulan yang menguat adalah sebuah hal yang normal dan tak perlu dicemaskan. Justru, Moms sebaiknya waspada jika janin tidak bergerak sedikit pun. Janin yang tidak bergerak adalah indikasi bayi meninggal dalam kandungan atau gangguan kehamilan lain yang menghambatnya bergerak. Oleh karena itu, ada sebuah cara untuk menghindari hal ini yaitu dengan rutin menghitung gerakan janin. 

Menghitung gerakan janin 

Menghitung gerakan janin adalah cara yang bisa Moms gunakan untuk memantau pergerakan janin memasuki usia 9 bulan. Pada usia kehamilan 20 minggu, kebanyakan ibu hamil merasakan beragam variasi gerakan dalam frekuensi, kekuatan dan pola tergantung kematangan janin. Secara umum, janin memiliki ritme aktivitas yang ditentukan secara biologis. Bayi juga lebih aktif setelah Moms makan. Hal ini karena peningkatakn glukosa dalam darah yang ia terima. 

Kenapa penting menghitung jumlah gerakan janin? 

Gerakan janin adalah sebuah tanda bahwa ada tanda-tanda kehidupan di dalam perut Moms. Ibu hamil sebaiknya mempelajari pola-pola gerakan tersebut supaya ketika terjadi gangguan kehamilan pada janin Moms akan segera mengetahuinya. Mempelajari pola gerakannya juga berarti memahami keadaan janin. Karena janin juga bisa merasa stres dan ditandai dengan pola gerakannya yang berbeda dari biasanya. 

Bagaimana caranya menghitung gerakan janin?


Menghitung gerakan janin 9 bulan tidak susah kok, Moms. Ada beberapa cara yang bisa Moms gunakan untuk menghitungnya. Salah satunya adalah menyisihkan satu waktu dan fokuskan pada pola gerakan janin. Misalnya sesaat setelah makan, Moms fokus pada perut dan menuliskan berapa kali tendangan yang janin lakukan. Lakukan dengan rutin sehingga Moms bisa merasakan perbedaan jika terjadi sesuatu terhadap janin. Jika aktivitas ini membuat Moms stres, ada cara lain yang untuk menghitung gerakan janin. Yaitu dengan menyiapkan beberapa koin di tangan kanan Moms. Setiap kali janin menendang, pindahkan satu koin ke tangan atau wadah yang sudah disediakan. Kemudian, hitunglah jumlah koin yang terkumpul di wadah selama dua jam. Lakukan cara ini jika Moms rasa adalah cara yang termudah. Tapi PR juga ya harus menyiapkan wadah, koin ataupun mencatat setiap janin bergerak? Saya punya satu cara mudah yang paling efektif untuk menghitung gerakan janin yaitu dengan menggunakan Mama's Choice Kick Counter Wristband.

Apa itu Mama's Choice Kick Counter Wristband

Kicks counter Wristband lahir untuk sebagai upaya menurunkan tingkat kematian bayi dalam kandungan. Produk ini merupakan aksesoris esensial yang dibutuhkan Moms untuk menghitung tendangan bayi dan merupakan langkah bijak guna memantau perkembangan janin selama masa kehamilan. 

Beberapa keunggulan Kicks Counter Wristband

  1. Bertujuan menghitung tendangan bayi dalam masa trimester ketiga kandungan 
  2. Dibuat dengan bahan silikon yang nyaman untuk kulit 
  3. Memiliki tolak ukur berupa angka dari 1-12 untuk menghitung tendangan bayi per harinya 
  4. Didesain dengan warna pink menyala yang membuat Moms terlihat lebih feminin 
  5. Selesai masa kehamilan, wristband ini bisa digunakan untuk menghitung periode menyusui dan waktu tidur si bayi 
Cara Kerja Kick Counter Wristband


Moms dapat menggunakan Kick Counter Wristband ini dipergelangan tangan Moms lalu berikan satu waktu fokus untuk menghitung gerakan janin misal setelah makan lalu mulailah hitung setiap gerakan janin, hitunglah setiap gerakan sebagai satu tendangan lalu geser slider ke angka berikutnya setiap kali Moms merasakan tendangan setelah itu Moms akan tahu pola tendangan bayi setiap jamnya :).
Hal ini juga dapat diterapkan bagi Moms yang sudah memiliki Bayi lho! Untuk mengetahui periode menyusui dan juga jam tidur si kecil kesayangan :)


Setelah Moms memiliki pola pergerakan janin 9 bulan, saatnya Moms mempelajari keadaan janin. Ada beberapa keadaan ketika Moms harus pergi ke dokter untuk memeriksa janin dalam perut, yaitu saat janin tidak bergerak sama sekali dan pergerakannya semakin melambat. Pergerakan bayi mencerminkan kesehatan dari plasenta. Sedangkan plasenta adalah jantung dari kehamilan Moms karena di sinilah semua nutrisi serta oksigen berasal dan langsung ke janin. Jika gerakan janin 9 bulan kurang, artinya plasenta tidak lagi berfungsi dengan baik dan pada akhirnya bisa berbahaya bagi janin Moms. Semangat menghitung pergerakan janin saat memasuki kehamilan 9 bulan ya.


Btw saya baru mengetahui tentang Kick Counter Wristband ini sesaat setelah kelahiran Baby Tam huhu sedihnya, jadi saat mengandung saya menggunakan metode mencatat setiap gerakannya di Handphone. Agak PR memang, namun apa boleh buat? seandainya saja saya tau tentang produk ini lebih awal huhu. Namun produk ini tetap saya gunakan untuk mencatat periode menyusui Baby Tam. Ah Mama's Choice memang paling mengerti dan dapat membantu #KurangiWorry kaum ibu ya :)

Moms kalian jangan sampai ketinggalan update kaya saya ya! buruan order produk ini ya!  

Cukup klik disini! atau cek Official Account nya di Shoppe Mama's Choice . Nah Moms juga bisa dapatkan discount saat belanja produk Mama's Choice di Shoppe dengan menggunakan kode voucher "MAMANURPT'' dengan cara Masuk ke Profil - Voucher Saya - Lalu masukan kode voucher tersebut. dan bisa juga cek di Instagram Mama's Choice Indonesia untuk membelinya secara online! 

Happy Shopping!

Tidak ada komentar:

Kodrat Perempuan Cuma Jadi ART Setelah Nikah, Emang iya?

Terlahir di Negara dengan budaya ketimuran membuatku harus mengikuti adat yang sudah berjalan di Masyarakat. Mau tidak mau harus menjalankan...