Senin, 10 Mei 2021

Penyebab Sembelit dan Cara Jitu Mengobatinya

Assalamualaikum teman-teman, Apa Kabar? Semoga Selalu diberikan kesehatan agar bisa beraktivitas ya :) Kalau sudah sakit pasti mau apa-apa tuh susah, apalagi kalau sudah sembelit :( duhhhhh ngapa-ngapain juga gak mood jadinya. Jangan sampai deh bu ibu semua kena. Faham banget kan kalau ibunya udah sakit, rumah akan seperti apa?

Ngomong-ngomong soal sembelit, sebenarnya kalian tau gak apa itu sembelit, faktor penyebabnya dan bahkan cara menanganinya? Nah kalau belum, aku mau bahas seputar sembelit hari ini :D jadi boleh dibaca ya! dan untuk yang sudah faham, tetap boleh dibaca kok karena di akhir artikel aku akan sharing trik jitu atasi sembelit ala aku yang gak mungkin gagal! 

Memahami Apa Penyebab Sembelit dan Cara Mencegahnya 


Sembelit adalah salah satu gangguan pencernaan yang paling umum dan bisa dialami oleh siapa saja. Sembelit bukan masalah sepele lho! Sembelit atau keadaan dimana seseorang jarang BAB, saat BAB sulit dikeluarkan atau rasa tidak nyaman saat BAB itu menandakan ususmu kotor. Penumpukan racun diusus atau saat kondisi usus kotor dapat menuju kepada sindrom usus bocor yang beresiko terkena penyakit autoimun seperti SLE (Systemic Lupus Erythenatosus), Rheumatoid Arhritis dan Vitligo. Selain itu, penumpukan racun di usus juga sering menunjukan gejala seperti sakit tengkuk, sakit kepala, insomnia, berat badan sulit dikontrol, jerawat hingga psoriasis.

Gejala Sembelit
  • Sakit saat buang air besar
  • Perut kembung
  • Buang air besar keras
  • Perlu mengejan saat buang air besar
  • Buang air besar berdarah
Lalu, kenapasih terjadi gejala sembelit dan adakah cara mencegahnya menyerang di kemudian hari? 

Kenapa Terjadi Gelaja Sembelit

Ada banyak faktor penyebab dari sembelit, bisa dari kebiasaan buruk sehari-hari hingga riwayat kondisi medis tertentu. Berikut beberapa di antaranya: 
  • Kurang makan serat - Kalau kamu termasuk orang jarang makan makanan berserat seperti buah dan sayur, Kamu lebih rentan mengalami sembelit. Karena pola makan rendah serat bisa jadi penyebab sembelit. Asupan serat berperan penting untuk membantu usus melumat dan mencerna makanan yang masuk. Serat juga membantu melunakkan feses agar nantinya lebih mudah dikeluarkan. 
  • Kurang minum air - Kurang minum air menjadi salah satu penyebab sembelit karena membuat tubuh mengalami dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cadangan air akan menyerap air dari sisa-sisa makanan yang Kamu konsumsi. Hal ini membuat feses jadi lebih kering dan keras sehingga jadi lebih sulit dikeluarkan saat BAB. 
  • Minimnya aktivitas fisik - Kamu mungkin tidak pernah sadar bahwa malas gerak bisa jadi penyebab sembelit. Padahal nyatanya, malas gerak memang memengaruhi kelancaran kerja sistem pencernaan kamu lho!. Kalau kamu jarang olahraga atau bahkan sekadar beraktivitas fisik, otot-otot saluran cerna akan melemah dan kerjanya pun melambat. Hal inilah yang membuat kamu jadi lebih mudah mengalami sembelit. 
  • Sering menunda BAB - Lagi seru tapi perut tiba-tiba mulas? Kadang, orang mungkin akan langsung pergi ke toilet untuk “setoran”. Namun, yang lainnya mungkin rela atau bahkan terpaksa harus menahan buang air besar sampai urusannya selesai. Terbiasa menunda BAB bisa jadi penyebab kamu mengalami sembelit hal ini terjadi karena feses yang seharusnya sudah siap dikeluarkan justru dibiarkan mengendap di dalam usus. Pada akhirnya, feses akan mengeras dan mengering sehingga sulit untuk dikeluarkan dari anus. 
  • Stres - Penyebab sembelit lainnya adalah stres. Apa pun masalah yang Kamu hadapi sampai membuat stres, imbasnya dapat dirasakan oleh sistem pencernaan. Sistem saraf di otak dan saluran pencernaan terhubung satu sama lain. Saat otak yang mendeteksi stres, otak akan melepaskan lebih banyak hormon serotonin ke jaringan usus. Dalam kadar normal, serotonin seharusnya bekerja menyempitkan otot-otot halus untuk memperlancar gerakan feses di usus besar. Namun ketika serotonin dilepas terlalu banyak, efeknya justru menyebabkan otot perut kejang atau kram. Bila kejang terjadi di seluruh bagian usus besar, akan terjadi diare. Sementara bila kejang hanya di satu area usus besar, pencernaan akan terganggu dan sembelit pun tak dapat dielakkan. 
  • Kondisi medis atau penyakit tertentu -Ada beragam kondisi medis dan penyakit yang dapat membuat seseorang lebih mudah mengalami sembelit. Beberapa di antaranya adalah diabetes, kehamilan, masalah pada kelenjar tiroid, dan gangguan pencernaan seperti irritable bowel syndrome (IBS). Berbagai kondisi kesehatan tersebut dapat memengaruhi fungsi tubuh untuk memproses makanan menjadi feses dan memperlambat kerja usus memindahkan feses ke anus. 
Cara jitu mencegah sembelit 

  • Perbanyak mengonsumsi makanan yang tinggi serat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian. 
  • Perbanyak minum air putih atau jus buah untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. 
  • Segera pergi ke toilet ketika muncul hasrat untuk buang air besar; jangan ditunda-tunda. 
  • Lakukan olahraga atau aktivitas fisik ringan setiap hari, mulai dari jalan kaki, lari-lari kecil, bersepeda, atau sekadar bersih-bersih rumah. Intinya, buatlah dirikamu aktif bergerak setiap hari. 
  • Menghindari segala hal yang dapat menyebabkan stres. Caranya, bisa dimulai dengan belajar mengatur nafas, yoga, curhat dengan sahabat terdekat, atau menyibukkan diri dengan mengikuti kegiatan-kegiatan positif. 
Bagaimana Kalau Sudah Terlanjur Sembelit?

Pasti ini informasi yang se daritadi ditunggu-tunggu kan? Ayo ngaku! Nah kalau sudah terlanjur sembelit kalian bisa atasi susah BAB dengan Mutlifiber blend - Eskayvie Nutrelle yang ampuh mengatasi sembelit dan membantu proses pembuangan racun dalam tubuh.

Tentang Eskayvie Nutrelle


Eskayvie Nutrelle adalah minuman detoksifikasi yang mengandung multifiber blend serta bahan alami lain yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan usus. Bukan hanya sembelit saja, Nutrelle membantu proses pembuangan racun dan mencegah tubuh menyerap racun kembali, karena setiap harinya tubuh akan terpapar radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Manfaat Eskayvie Nutrelle
  • Melancarkan BAB
  • Mengoptimalkan proses detoksifikasi pada tubuh
  • Melegakan masalah sembelit, luka, pekak lambung dan wasir
  • Pembuangan racun secara alami
  • Membersihkan usus 
  • Meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus
  • Meningkatkan penghasilan energi dan pembakaran lemak
  • Menurunkan berat badan
  • Menurunkan kolesterol dan gula darah.
Kandungan Eskayvie Nutrelle

Eskayvie Nutrelle memiliki 4 kandungan utama alami yang bermanfaat untuk masalah BAB dan menjaga kesehatan tubuh.
  • Multifiber Blend - Oats, Apel hijau dan Plantago sativa. Yang dapat membantu membersihkan usus, menyerap kelebihan kolesterol gula ditubuh dan menyerap racun akibat radikal bebas.
  • Aloe Vera - Meningkatkan fungsi pencernaan dan melancarkan BAB.
  • Prebiotik - Mencegah infeksi radang usus, mengatasi alergi kulit, mencegah penyakit autoimun dan mencegah sembelit.
  • Extra Teh Hijau - Membantu pembakaran lemak, melancarkan aliran darah dan mengatasi sisa racun ditubuh.
Kenapa Harus Pilih Eskayvie Nutrelle?

  • Eskayvie Nutrelle tidak hanya mengatasi sembelit saja melainkan dapat detoksifikasi/membantu pembuangan racun ditubuh, memelihara sistem pencernaan agar terhindar dari penyakit kanker usus, diare, wasir, dll lalu dapat membantu untuk mempercepat pemulihan dari penyakit disaluran pencernaan dan membantu regenerasi sel tubuh dan saluran pencernaan.
  • Tersertifikasi BPOM.
  • Halal.
  • Superbrands 2020 Malaysia's Choice.
  • Hasil akan terasa kurang dari 12 jam pertama minum.
  • Cukup 1 sachet untuk membantu masalah BAB secara seminggu.
  • Memiliki 25% lebih banyak dan kandungannya lebih tinggi dari rata-rata produk lain. 1 sachet Nutrille mengandung 20gr sedangkan produk lain rata-rata 15gr.
Cara Konsumsi


1. Larutkan 1 sachet Eskayvie Nutrelle dengan 180ml air, usahakan gunakan air suhu normal/ dingin dan hindari air panas.
2. Setelah larut, segera minum Eskayvie Nutrelle.
3. Sebaiknya minum Eskayvie Nutrelle sebelum makan atau sebelum tidur.

Untuk informasi lengkap seputar produk Eskayvie kalian bisa cek di akun social medianya
Instagram @eskayvie.id 


Tidak ada komentar:

FWD Hospital Care Protection – Asuransi Bebas Worry

Assalamualaikum teman-teman, beberapa hari yang lalu diajak ngobrol lagi bareng FWD Insurance lewat Zoom meeting yang beberapa bulan ini rut...