Rabu, 11 Agustus 2021

Busui Positif Covid 19? Tetap Bisa Mengasihi Kok!

PPKM diperpanjang lagi Bund! Jaga kesehatan selalu ya :( Kadang suka sedih kalau lihat kondisi yang makin hari justru makin memburuk hikshiks kapan sih pandemi ini berakhir.

Aku dan keluarga beberapa waktu yang lalu sempat mengalami positif covid 19. Aku memang gak mengalami gejala yang serius namun yang membuatku sedih adalah dokter yang menanganiku di Faskes tingkat pertama menyarankan untuk aku stop menyusui Tamlikha saat aku masih positif covid karena menurutnya Tamlikha dapat tertular melalui ASI :( Berbanding terbalik dengan informasi yang aku dapatkan dari Shoppe Live Philips Official Shop dalam rangka World Breastfeeding Week 2021 bersama dr.S.T Andreas, M.Ked(Ped), Sp.A



Pertanyaan yang sering sekali muncul seputar COVID-19 dari para ibu menyusui adalah bolehkah ibu yang terinfeksi COVID-19 menyusui bayinya? Karena semua orang pasti sudah mengetahui bahwa ASI merupakan asupan utama yang paling baik sampai bayi berusia 6 bulan. Di samping itu, pemberian ASI juga dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Menurut dr.S.T Andreas, M.Ked(Ped), Sp.A ibu yang positif COVID-19 tetap diizinkan untuk menyusui atau memberi ASI bayinya. Akan tetapi,  risiko penularan COVID-19 dari ibu ke bayi saat menyusui tetap ada. Hal ini bisa terjadi akibat percikan droplets dari ibu ketika batuk atau bersin saat menyusui maupun dari benda-benda di sekitarnya yang telah terkontaminasi. Berikut ini adalah langkah aman menyusui saat ibu positif COVID-19 agar tidak menular pada bayi 

Ibu Harus Cuci Tangan Dulu 


Sebelum menyusui atau menyentuh peralatan yang akan digunakan untuk menyusui. Ibu harus mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terlebih dahulu. Lakukan langkah cuci tangan yang benar selama 20 detik. 

Ganti Baju Bersih 

Ganti baju yang bersih sebelum bunda menyusui si kecil. Baju yang tidak bersentuhan dengan benda-benda seperti sprei atau selimut yang mungkin sudah terkontaminasi droplets bunda. Sebab, besar kemungkinannya baby juga akan bersentuhan dengan baju bunda ketika menyusu. 

Bersihkan Area Payudara dan Puting 

Bersihkan kulit di area payudara dan puting sebelum Bunda menyusui maupun memompa ASI. 

Pakai Masker 


Sekalipun tidak memiliki gejala, bunda harus tetap memakai masker saat menyusui baby. Masker juga harus
 dipakai saat bunda memompa ASI. Hal ini bertujuan untuk mencegah droplets mengenai si kecil.
 
Desinfeksi Peralatan Menyusui 


Jika ingin menggunakan bantal menyusui, bunda harus mendisinfeksinya terlebih dahulu. Di samping itu, bila memberikan ASI perah, pastikan semua peralatan pompa ASI dalam kondisi steril. Botol susu atau medium pemberian ASI perah juga harus dalam kondisi steril sebelum diberikan kepada bayi. 

Hindari Mencium-cium Bayi 

Ini pasti hal yang paling sulit dilakukan ya bund :( rasanya. Melihat bayi kecil mungil, pasti keinginan untuk mencium dan memeluknya erat tak bisa dibendung. Tapi, hindari mencium-cium si baby untuk mencegah penularan COVID-19. 

Pastikan ibu mengonsumsi makanan sehat, beristirahat yang cukup, serta mengonsumsi obat atau vitamin yang diresepkan secara rutin agar segera pulih.

Nah kondisi yang kualami saat itu memang berbanding terbalik, aku diminta untuk stop memberikan ASI kepada Tam karena susu yang keluar saat itu warna dan konsentrasinya berbeda dari biasanya. Jadi dokter menyarankan untuk stop sementara jadi bunda bisa kembali melihat bagaimana kondisi bunda serta ASI ya sebelum menerapkan tips ini! 

Tidak ada komentar:

Kodrat Perempuan Cuma Jadi ART Setelah Nikah, Emang iya?

Terlahir di Negara dengan budaya ketimuran membuatku harus mengikuti adat yang sudah berjalan di Masyarakat. Mau tidak mau harus menjalankan...