Senin, 02 Agustus 2021

Cerita Rahasia Perencanaan Keuangan Sukses di Blogger Gathering with FWD Insurance

Ngerasa gak sih kalau waktu berjalan begitu cepat di Tahun 2021? Rasanya baru aja kemarin kita sama-sama merayakan pergantian tahun 2021 ke 2021 dengan harapan kondisi Indonesia menjadi lebih baik dan pandemi Covid-19 segera berakhir. Tau-tau sekarang sudah akhir bulan Juli saja namun pandemi belum juga berakhir ☹ Tapi, jangan jadikan hal sebagai alasan untuk kita bersedih hati ya! 

Btw di tanggal 29 Juli lalu, Perusahaan asuransi jiwa berbasis digital kecintaanku yaitu PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) merayakan hari jadinya yang ke-29 di Indonesia. Ada hal yang baru dalam acara perayaan hari jadinya kali ini lho! Apa ya kira-kira? Acara perayaan hari jadi ini sekaligus menjadi momen untuk meluncurkan campaign undian berhadiah yang bertajuk #ProteksiOn Lucky Draw


Campaign ini mengajak masyarakat Indonesia untuk mengaktifkan perlindungan asuransi mereka dengan FWD Insurance, sehingga mereka dapat menjalani hidup penuh dengan passion yang selalu On, karena mereka memahami bahwa FWD Insurance selalu ada disisi dan akan selalu hadir mendukung untuk mendukung mereka.

Melalui program tersebut, nasabah mendapatkan kesempatan untuk memenangkan berbagai hadiah seperti paket liburan ke Bali, sepeda eksklusif hingga mobil lho! Hanya dengan membeli salah satu atau lebih dari 9 (sembilan) produk asuransi proteksi dari FWD Insurance yang khusus ditawarkan, para nasabah sudah berkesempatan untuk mengikuti undian menarik ini. 

Nasabah juga berkesempatan untuk mendapatkan 1 hingga 2 nomor undian per Rp 100.000,00 premi/kontribusi yang dibayarkan (berlaku kelipatan), selama periode kegiatan 26 Juli - 31 Desember 2021. 

Klik disini! Untuk lihat produk apa saja yang dapat dibeli ya! 

BTW Acara perayaan ulang tahun FWD Insurance bukan hanya sekedar acara launching campaign terbarunya melainkan juga diadakan acara Virtual Media and Blogger Gathering FWD Anniversary 29th #ProteksiOn dengan menghadirkan narasumber kece yaitu Ibu Indrayana Augstsaputra selaku Chief Bancassurance Officer, Mario Iroth sebagai Video Creator dan Melvin Mumpuni ST.,MBA.,CFP®.,QWP® Sebagai Perencana keuangan & Founder Finansialku.com. 

Materi yang diberikan benar-benar menambah insight para rekan blogger yang hadir. Untuk diriku pribadi sih tertarik banget dengan materi yang diberikan oleh Bapak Melvin seputar Piramida perencanaan keuangan dari Finansialku. 

  1. Keamanan keuangan 
Prioritas pertama dalam perencanaan keuangan adalah memenuhi kebutuhan jangka pendek, dalam hal ini adalah mengelola arus kas (cash flow), dana darurat, dan utang. Tidak heran jika keamanan keuangan disimpan paling bawah dalam piramida keuangan dengan bagian yang besar. Ketiga bagian tersebut adalah permasalahan keuangan jangka pendek yang harus dipastikan sehat. Keamanan finansial adalah seseorang dapat mencukupi kebutuhan dan pengeluarannya selama 12 bulan ke depan. 

Strategi untuk mencapai keamanan finansial adalah: 

  • Buat dan jalankan Anggaran. Dengan adanya anggaran keuangan, kamu akan memiliki kontrol terhadap keuangan. 
  • Buat Catatan Keuangan, mulai dari pemasukan dan pengeluaran harian. Ingat pisahkan antara pengeluaran pribadi dengan pengeluaran usaha. 
  • Miliki Dana darurat (emergency fund) sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. 
  • Miliki Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa sesuai dengan kebutuhan. Hati-hati dalam memilih asuransi! Pastikan asuransi yang kamu pilih adalah asuransi yang tidak memberatkan serta terpercaya
    2. Kenyamanan Keuangan 

Kenyamanan keuangan disini adalah kamu dapat memenuhi kebutuhan keuangan jangka menengah (1-5 tahun) dan jangka panjang (>5 tahun). Seseorang yang nyaman secara keuangan dapat memenuhi biaya untuk liburan ke luar negeri, perjalanan ibadah, menyiapkan uang muka beli rumah, dana pendidikan anak, pensiun, dan lainnya. Orang yang tidak nyaman secara keuangan, cenderung tidak bahagia dan memiliki banyak tekanan keuangan. 

Strategi untuk mencapai kenyamanan finansial adalah: 

  • Mulai buat rencana keuangan (financial planning). Kamu dapat menggunakan jasa perencana keuangan atau buat sendiri. 
  • Tentukan tujuan keuangan pertama kamu dan mulai hitung kebutuhannya. Gunakan Aplikasi Finansialku untuk membantumu. 
  • Jangan lupa rencanakan pensiun. Apakah kamu pernah terpikir kapan .pensiunnya entrepreneur? Setiap orang termasuk entrepreneur berhak untuk mendapatkan pensiun. 
  • Biarkan uangmu bekerja, dengan cara berinvestasi. 
  • Siapkan waris untuk anak cucumu. Jangan sampai usaha yang kamu bangun menjadi berantakan, karena masalah/rebutan waris. 
    3. Distribusi Kekayaan 

Terakhir adalah waris atau distribusi keuangan. Jangan sampai kekayaan atau harta duniawi yang kamu dapatkan saat ini menjadi sumber keretakan dalam rumah tangga. Lakukan perencanaan waris, untuk memastikan kamu memindahkan kekayaan kamu kepada orang yang tepat, dalam jumlah yang tepat, pada waktu yang tepat dengan cara yang tepat.

Tidak ada komentar:

FWD Hospital Care Protection – Asuransi Bebas Worry

Assalamualaikum teman-teman, beberapa hari yang lalu diajak ngobrol lagi bareng FWD Insurance lewat Zoom meeting yang beberapa bulan ini rut...