Kamis, 24 Februari 2022

Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi

Assalamualaikum Teman-teman semua 

Huaaa rasanya sedih banget begitu tau kalau situasi yang awalnya sudah membaik kini kembali mendingin lagi akibat Virus Covid 19 varian baru ☹ Yess! Omicron, Siapa yang belum kenal? Semua pasti sudah tau karena penularannya cepat sekali. Stay safe ya everyone! 


Situasi yang penuh ketidakpastian akibat pandemi seperti sekarang pasti sangat berpengaruh dengan kesehatan mental sebagian orang. Kenapa? Karena kita harus beradaptasi dengan cara hidup baru dengan menerapkan protokol kesehatan dan membatasi diri dari kegiatan-kegiatan sosial yang tidak perlu dengan satu tujuan, saling menjaga satu sama lain. 

Dan lagi, situasi pandemi seperti sekarang berhasil membuka mata kita untuk lebih aware dengan kesehatan tubuh. Kita jadi lebih rajin olahraga, minum vitamin, dan jaga pola makan untuk meningkatkan imunitas tubuh supaya nggak gampang sakit. Akhirnya kita sadar, kalau sehat itu mahal banget harganya, kan? 

Gak kalah penting dengan kesehatan jasmani, maka kesehatan mental pun perlu dijaga. Simak tips atau cara menjaga kesehatan mental yang dapat dilakukan berikut: 

1. Eksplorasi diri 

Selama pandemi, kita membiasakan diri untuk membatasi kegiatan sosial dengan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Pasti ada rasa jenuh dan lelah berlebih karena keterbatasan tersebut. Sisi positifnya, kamu jadi punya waktu untuk lebih mengeksplor diri kamu, lho. Kamu bisa memulainya dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai atau mencoba sesuatu yang baru, seperti memasak menu favoritmu, coba resep makanan viral di Tiktok, belajar apapun dari youtube, dan masih banyak lagi. Dengan banyak berfokus pada dirimu sendiri, kadar stres bisa terkendali dan kesehatan mental kita akan terjaga. 

2. Mendengarkan lagu 

Mendengarkan lagu bisa jadi salah satu cara untuk membangun mood kamu saat beraktivitas, lho. Salah satu ahli psikologi, Emmeline Edwards mengungkapkan bahwa sistem pendengaran kita terhubung langsung dengan sistem motorik, pusat motivasi, dan pengendalian emosi. Beberapa penelitian juga menunjukkan kalau musik dapat membantu seseorang mengurangi stres, kecemasan, dan depresi ringan. 

3. Bermedsos dengan positif 

“Jangan jadi netizen jahat!” Di tengah pandemi seperti sekarang, media sosial menjadi pelarian bagi banyak orang untuk menghilangkan kebosanan. Namun, terkadang media sosial bisa jadi salah satu penyebab tingkat stres kita meningkat dengan masifnya pemberitaan mengenai Covid 19, terlepas berita tersebut fakta atau hanya hoaks. WHO sendiri menyarankan kepada kita untuk tidak terlalu banyak mengakses berita tentang pandemi, karena dapat membuat kita makin stres dengan keadaan. 

Sebaiknya, kamu jadikan media sosial kamu sebagai sarana hiburan. Kamu bisa mengakses hal-hal yang kamu sukai seperti menonton video lucu, film, tutorial masak, dsb. Menonton konten yang menghibur bisa menaikkan mood kamu dalam menjalani keseharian, lho. 

Dengan memiliki asuransi bisa menghindari risiko diri dan finansial di masa depan. Untuk kamu yang sudah membeli produk asuransi FWD Insurance periode kegiatan 26 Juli - 31 Desember 2021 tahun lalu ada kabar gembira, Tahun baru, mobil baru! Cari tahu apakah kamulah yang akan menjadi pemenang dari mobil Toyota Raize? 


Tonton pengundian Grand Prize #ProteksiOn Lucky Draw di vidio.com pada tanggal 28 Januari 2022 pukul 15.00 WIB dan saksikan keseruan talkshow dari Dee Lestari dan Reza Chandika. Untuk info program cek di fwd.co.id/proteksion! 

Jadi, tidak perlu khawatir, kamu dapat terus fokus menjalani hidup dan passion karena kamu sudah terlindungi dari risiko kesehatan terutama risiko finansial. Maka aktifkan perlindungan sekaligus rayakan kehidupan dan menangkan hadiah untuk dukung passion-mu! 

4. Jaga relasi dengan keluarga dan teman 

Keterbatasan ruang gerak sosial karena pandemi mengakibatkan kita tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan keluarga dan teman-teman kita. Untungnya, kita hidup di era modern yang memungkinkan kita untuk tetap bisa menjalin komunikasi secara virtual melalui voice call, video call/conference, dsb. Dengan berinteraksi secara virtual, kita tetap dapat bersilaturahmi tanpa harus meninggalkan rumah dan kesehatan mentalmu tetap terjaga, karena kamu tidak akan merasa melalui semua ini sendirian. 

5. Menjaga kesehatan finansial dengan asuransi rawat jalan 

Aspek finansial merupakan main issue yang jadi keresahan banyak orang sejak tahun lalu, saat pandemi Covid-19 melanda. Tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan, terkena kebijakan pengurangan gaji, dan kesulitan mendapatkan pekerjaan. Makanya, nggak heran kalau kesehatan mental kita akan terganggu, karena stres memikirkan biaya kehidupan sehari-hari. 

Manfaat rawat jalan seperti apa yang kamu butuhkan? Apakah ingin manfaat rawat jalan langsung ke dokter spesialis atau ke dokter umum dulu baru berjenjang ke dokter spesialis dalam kondisi khusus? Bila mengutamakan kenyamanan dan kecepatan tindakan, memilih manfaat rawat jalan langsung ke dokter spesialis akan lebih efektif bagi kebutuhanmu. 

Salah satu perusahaan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa berbasis digital terkemuka di Indonesia, FWD Insurance, menghadirkan FWD Hospital Care Protection. FWD Hospital Care Protection memberikan cakupan perlindungan menyeluruh untuk pelayanan medis rawat inap dan rawat jalan serta serangkaian fasilitas rehabilitasi termasuk perawatan ekstra. Para nasabah dapat memilih beragam pilihan layanan berdasarkan wilayah geografis dan manfaat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tingkat resiko kesehatan mereka. 

Selain manfaat rawat inap dan rawat jalan biasa, produk ini juga dilengkapi dengan manfaat atas biaya rawat jalan untuk penyakit infeksi dan juga manfaat rehabilitasi, konsultasi ahli gizi dan pemantauan kanker selama masa pemulihan nasabah. Selain itu, produk ini juga memberikan manfaat tambahan lain yakni limit booster, no claim bonus dan santunan pemakaman. Untuk memberikan kemudahan bagi nasabah, produk ini juga didukung jangkauan perlindungan di seluruh dunia serta pengajuan klaim melalui aplikasi FWD MAX. 

Oleh karena itu, situasi pandemi seperti sekarang memberikan pelajaran berharga kepada kita agar dapat mengelola keuangan dengan lebih baik. Mulailah dengan membuat perencanaan keuangan sederhana yang bisa jadi pegangan kamu setiap menerima gaji atau sumber income lain. Jangan lupa alokasikan sebagian income kamu untuk dana darurat, asuransi dan investasi. Keadaan memang tidak menentu, tetapi kamu harus tetap mempersiapkan dana untuk tujuan-tujuan keuanganmu di masa mendatang, kan? 

Kondisi finansial yang sehat membuatmu menjalankan hidup dengan nyaman dan kondisi kesehatan mentalmu tetap terjaga. Kebiasaan-kebiasaan sederhana di atas mungkin bisa membantu menjaga kesehatan mental kamu di tengah pandemi. Stay safe dan tetap taati protokol kesehatan, ya. Kalau bukan diri kita yang menjaga kesehatan fisik dan mental sendiri, siapa lagi?

Tidak ada komentar:

Kodrat Perempuan Cuma Jadi ART Setelah Nikah, Emang iya?

Terlahir di Negara dengan budaya ketimuran membuatku harus mengikuti adat yang sudah berjalan di Masyarakat. Mau tidak mau harus menjalankan...