Jumat, 25 Februari 2022

Strategi Keuangan saat Imlek

Hai Semua! Bulan Februari identik banget dengan salah satu perayaan terbesar yang selalu ditunggu-tunggu oleh teman-teman kita yang berasal dari etnis Tionghoa. Yap! Imlek, Selain pemberian amplop merah atau angpao. Pada perayaan Imlek akan ada acara bahagia lainnya yang biasa dirayakan. Mengatur keuangan saat Imlek memang gampang gampang susah, terutama untuk kamu yang memiliki banyak tanggungan. 

Seperti hari raya lainnya, tahun baru Imlek juga akan lebih khidmat bila dirayakan bersama keluarga besar. Tapi, tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada banyak biaya yang dikeluarkan selama perayaan ini berlangsung. Oleh karena itu, kamu harus mulai mengatur anggaran Imlek, nih. Mulai dari angpao, membeli pakaian baru yang akan dipakai saat Imlek, membeli makanan dalam jumlah besar untuk dimakan bersama, sampai berjalan-jalan bersama kerabat. 

Bingung? Tenang saja, kali ini kamu tidak perlu khawatir uang kamu terkuras habis karena banyaknya pengeluaran pada saat tahun baru Imlek. FWD Insurance punya beberapa tips keuangan agar dompet kamu tetap aman, lho. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini! 

1. Memberi Angpao Sesuai Budget 

Memberi angpao adalah salah satu tradisi Imlek turun temurun. Biasanya, orang yang sudah menikah akan memberikan angpao berisi sejumlah uang kepada sanak saudara atau bahkan temannya yang belum menikah. 

Demi mengatur keuangan saat imlek, jika memungkinkan, berilah angpao hanya kepada saudara inti yang belum menikah. Hal ini bisa mengurangi beban kamu saat dituntut untuk memberikan angpao ke semua orang yang kamu temui saat Imlek.

Selain itu, kamu bisa membatasi jumlah uang pada angpao yang akan diberikan kepada sanak saudara. Tidak perlu malu atau gengsi, karena sanak saudara yang mendapatkan angpao dengan nominal relatif kecil juga umumnya tidak berkecil hati mendapatkannya. Tujuan dari pemberian angpao pada saat Imlek adalah doa dan kasih sayang yang diberikan lewat angpao tersebut. Dengan jumlah angpao yang dibatasi, kamu pun jadi bisa mengalokasikan budget untuk keperluan lainnya. 

2. Makan Bersama di Rumah 

Makan bersama adalah salah satu kegiatan penting dalam perayaan hari raya Imlek. Keluarga biasanya akan menggelar makan malam bersama untuk tujuan mengikat, mempersatukan dan mempererat hubungan keluarga. 

Menu makanan yang umum disajikan adalah mie panjang umur, ikan bandeng utuh, dan sayuran khas imlek. Makanan tersebut merupakan simbol dari pengharapan agar keberuntungan tidak pernah habis. Budget yang dikeluarkan untuk jamuan makan malam keluarga ini akan sangat bergantung pada menu makanan dan jumlah anggota keluarga yang dijamu. Selain lebih hemat, akan lebih seru juga bukan bila bersama-sama ikut mencicipi hidangan satu sama lain. 

3. Berburu diskon saat Imlek 

Tahun baru Imlek tidak lengkap rasanya bila tidak memakai baju baru bernuansa merah. Warna merah pada perayaan Imlek memiliki simbol ‘pengharapan’ di tahun yang baru, di mana semua kesedihan akan digantikan dengan kebahagiaan. 

Untuk menghemat anggaran, akan lebih baik apabila kamu membelinya dengan memanfaatkan diskon dan potongan harga yang ditawarkan di berbagai marketplace online. Tidak hanya pakaian saja yang menawarkan promo pada saat imlek, salah satu perusahaan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa berbasis digital FWD Insurance juga menawarkan Diskon 30% dari periode 25 – 31 Januari 2022 untuk pembelian/kepesertaan premi tahun pertama produk Asuransi Bebas Handal, FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, & Bebas Aksi (tidak termasuk Bebas Aksi Flash) dengan menggunakan kode promo di website fwd.co.id

Tidak hanya sebagai gaya hidup dan penjamin masa depan karena dengan memiliki asuransi hati akan merasa bahagia dan tenteram. Oleh karena itu, pastikan keranjang belanjaan kamu hanya terisi dengan produk yang kamu butuhkan saat Imlek. Think smart dalam berbelanja ya! 

4. Perhatikan gaya hidup 

Berdasarkan artikel yang dilansir dari national geographic, Gaya hidup orang Tionghoa kebanyakan sederhana. Mulai dari memasak dan mengonsumi makanan di dan dari rumah, menghemat, dan mengalokasikan dana lebih yang dimiliki untuk ditabung atau “diputar” menjadi modal bisnisnya. Baik bukan? Seperti yang dikatakan Dr. Maoshing Ni: “Kesederhanaan membawa kepuasan dan semua hal akan tumbuh dengan baik”.

Yang terpenting adalah kamu membuat target yang realistis dan konsisten mengikuti rencana yang sudah dibuat. Demikian tips mengatur keuangan saat imlek dengan bijak, terutama bila kamu memiliki banyak tanggungan yang lebih penting. Jangan sampai perayaan Imlek yang berlebihan membuatmu terpaksa harus menarik uang dari tabungan. 

Nah, Jadi gak perlu over budgeting untuk Imlek ya! Cukup rayakan sesuai budget yang ada :D

Tidak ada komentar:

Tips Mengatasi Demotivasi Serta Cara Mengalokasikan Gaji Bulanan

Hai Assalamualaikum Semuanya! Apa Kabar? Semoga kita semua senantiasa diberikan nikmat sehat, hidup yang bahagia serta terus memiliki motiva...