Rabu, 08 Juni 2022

Pentingnya Melakukan Financial Check Up Sebelum Investasi

Hai Assalamualaikum. Sebelum curcol panjang lebar, pertama aku mau minta doa dari teman-teman pembaca semua. Yap, mohon doanya untuk kesembuhan anak keduaku yang saat ini sedang di rawat di RS.

Oke, Lanjut! hari ini mau bahas apa? Berhubung banyak banget yang tanya ke aku mengenai investasi, karena banyak bangrt platform online bermunculan mengajak untuk kita memulai investasi. Nah First of all, Investasi memang perlu banget. Kita wajib banget faham dan menyisihkan sebagian uang dari income kita perbulan untuk investasi. Namun sebelum melangkah langsung menuju investasi, kalian perlu melakukan financial check up.


Apa itu Financial Check Up? Mirip-mirip dengan medical check up sih secara gampangnya. Kebanyakan orang tentu sudah memahami akan pentingnya melakukan medical check up. Namun, ternyara bukan hanya kesehatan saja yang memerlukan medical check up, kondisi keuangan juga menjadi hal penting yang harus diperiksa secara berkala. Kegiatan pengecekan kondisi keuangan ini seringkali dilakukan oleh orang yang peduli terhadap kondisi finansial mereka, karena adanya risiko masalah keuangan yang mungkin muncul secara tiba-tiba. 

Dengan melakukan pengecekan keuangan secara rutin, kamu bisa segera memperkirakan masalah apa yang bisa mengancam kondisi keuangan. Dengan begitu kamu bisa segera merencanakan tindakan apa yang bisa dilakukan guna mengatasi indikasi masalah keuangan tersebut. Punya gaji yang besar nan melimpah pun tidak serta merta bisa membuat kamu terbebas dari risiko munculnya masalah pada kondisi keuangan lho!

Walaupun kamu memiliki gaji yang besar, ada kemungkinan bahwa cara mengelola keuangan yang kamu lakukan belum tepat. Dengan melakukan financial check up, Kamu dapat mencatat segala hal yang berhubungan dengan keuangan dan kekayaan. Banyak hal bisa diketahui, seperti jumlah aset yang dimiliki, adakah utang yang perlu dilunasi, serta ke arah mana pergerakan arus keuangan berjalan saat melakukan financial check up. 

Oleh karena itu, FWD Insurance akan membagikan beberapa alasan agar kamu perlu membuat financial check up: 

1. Mengetahui Semua Penghasilan dan Pengeluaran 

Sebagian dari kamu mungkin merasa terbebani dengan banyaknya uang yang harus dibayarkan untuk memenuhi seluruh kebutuhan setiap bulannya. Bahkan, beberapa dari kamu mungkin juga merasa bahwa jumlah penghasilan tidak sebanding dengan jumlah pengeluaran. Bisa jadi saat baru saja menerima slip gaji, jumlah pengeluaran telah dengan ‘sukses’ menghabiskan sebagian besar pemasukan tersebut. 

Jika hal tersebut saat ini sedang kamu rasakan, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena tidak pernah melakukan pemeriksaan kondisi keuangan. Financial check up berguna untuk melakukan rekap ulang pada segala jenis pengeluaran serta pemasukan rutin. 

Dengan melakukan pengecekan keuangan, tentu kamu akan dapat dengan mudah mengetahui pengeluaran apa sajakah yang berhasil membuat penghasilan habis terkuras. Hal ini tentu dapat memberikan informasi penting tentang bagaimana seharusnya mengatur keuangan dengan lebih baik. 

Tak hanya mengetahui pengeluaran pokok seperti untuk membayar tagihan dan kebutuhan sehari hari, pengeluaran untuk kebutuhan sekunder, tersier, maupun untuk kegiatan refreshing pun bisa segera Kamu ketahui dengan melakukan pengecekan keuangan. Hal ini tentu dapat memberikan penjelasan tentang keperluan apa saja yang membuat penghasilan “hilang” selama ini. 

Oleh karena itu, usahakan untuk rutin melakukan financial check up guna mengetahui segala penghasilan serta pengeluaran yang kamu miliki setiap bulannya. 

2. Lebih Handal Dalam Mengendalikan Keuangan 

Dengan mengetahui seluruh pengeluaran, kamu tentu dapat dengan mudah memperkirakan nominal uang yang harus dibayarkan untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan. Hal ini tentu akan membuat kamu lebih memahami dengan kondisi keuangan dan bisa menjadi pengelola keuangan yang lebih handal. Jika saat melakukan financial check up kamu merasa pengeluaran terlalu banyak dan dapat mengancam kondisi keuangan, kamu dapat dengan segera mencari cara terbaik agar pengeluaran bisa dikurangi. 

Seketika kamu bisa memeriksa ulang dan menghilangkan pengeluaran yang sepertinya kurang penting agar kondisi keuangan tetap terjaga. Tak jarang pula pengurangan pada jumlah kebutuhan yang dilakukan malah berimbas positif pada kondisi keuangan. Alhasil, keuangan akan memiliki surplus yang bisa dipergunakan pada hal-hal yang jauh lebih penting guna menambah penghasilan maupun untuk tabungan di masa mendatang. 

Kelebihan uang tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk memulai investasi jika memang memungkinkan. Jadi, saat secara rutin melakukan pengecekan kondisi keuangan, secara tidak langsung akan membuat kamu menjadi pengelola keuangan yang lebih baik karena dapat mengontrol jumlah penghasilan dan pengeluaran. 

3. Merencanakan Kehidupan di Masa Depan 

Setelah mengetahui jumlah penghasilan serta pengeluaran, kamu akan menjadi lebih handal dalam mengontrol keuangan. Kamu juga akan memperoleh gambaran seberapa besar kemampuan untuk dapat mengelola serta menyisihkan sisa penghasilan. Melakukan financial check up dapat membantu untuk mempersiapkan kemampuan finansial di masa depan. Kamu akan menyadari bahwa hal ini penting untuk dilakukan guna merencanakan kehidupan selanjutnya. 

Perlu dipahami juga saat mengetahui siklus keluar-masuk kekayaan yang dimiliki akan membuat kamu bisa memikirkan impian apa yang mungkin bisa dilakukan. Tentu impian tersebut bisa diwujudkan jika siklus keuangan bisa tetap terjaga dengan baik. Kamu bisa juga merencanakan masa depanmu dengan memiliki perlindungan ketika kamu mengalami risiko di kemudian hari. 

Dengan perlindungan dalam bentuk asuransi, kamu dan keluarga bisa menikmati hidup berkualitas bebas dari rasa khawatir. Pas banget, FWD Insurance memiliki produk asuransi kesehatan bernama FWD Critical First Protection. Produk ini memberikan solusi proteksi yang tidak hanya mudah dipahami dan terjangkau preminya, tetapi juga mudah diklaim serta mencakup berbagai kondisi kritis, baik yang disebabkan oleh penyakit maupun kecelakaan. Selain itu, apabila tidak pernah mengajukan klaim, kamu tidak perlu khawatir karena uang premi dapat kembali 100% diakhir masa asuransi. Saat ini FWD Insurance sedang memiliki promo gajian lho, jadi jangan sampai ketinggalan! Diskon hingga 30% untuk setiap pembelian/kepesertaan premi tahun pertama produk Asuransi Bebas Handal FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, & Bebas Aksi dengan periode hingga 31 Mei 2022. 

Informasi lebih lanjut, silahkan cari tahu di fwd.co.id. Jadi bagaimana kondisi kesehatan keuangan kamu saat ini? Sudah sehatkah? Segera lakukan pemeriksaan kesehatan keuangan, jika kamu tidak dapat melakukannya sendiri maka bisa menghubungi perencana keuangan profesional yang berada di kota kamu. Lakukan sekarang, atau kamu tidak akan pernah tahu seberapa sehat kondisi keuangan kamu!

Tidak ada komentar:

Semangat terbaru dari Home Credit Indonesia #BisaJadiJADIBISA

Halo Bestie! Antusias kalian hebat banget sih kalo bicara soal kredit :D ingat tulisanku yang membahas soal Cara Kredit Barang Impian menggu...