Jumat, 02 Desember 2022

5 Tips Memilih Asuransi

Hai Mama-mama kece sekalian

Apakabar mams? Semoga kita senantiasa dikaruniai dengan kesehatan ya. Secara, jadi ibu kan gak boleh sakit walaupun satu rumah sudah sakit semua termasuk ibu, tetap saja didepan suami dan anak-anak ibu harus terlihat kuat dan sehat. Bicara soal Kesehatan, sekarang ini sedang menjadi salah satu fokus utama bagi setiap kalangan masyarakat, terlebih setelah menjalani masa pandemi beberapa tahun belakangan ini, banyak orang mulai menerapkan pola hidup sehat. 

Pandemi juga mengakselerasi kemajuan teknologi yang kian pesat dan semakin memudahkan orang-orang untuk mencari informasi terkini dalam menjaga kesehatan, misalnya berolahraga, menerapkan pola makan sehat, hingga konsultasi kesehatan pun kini bisa dilakukan secara daring (online) hanya dengan bantuan gadget. Memiliki gaya hidup sehat memang penting, namun menjaga diri dari segala kemungkinan terburuk yang berpotensi menimpa di masa mendatang juga sama pentingnya. Setiap orang tidak dapat memprediksi ketidakpastian hidup, oleh karenanya alangkah baiknya jika memiliki rencana penanggulangan atas risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari agar tetap dapat celebrate living tanpa rasa khawatir. 

Gimana caranya? Salah satu langkah penanggulangan ini adalah dengan memiliki perlindungan dari asuransi. Eh tapi, memilih asuransi kan tidak semudah memilih sayur dipasar kan mam? Terlebih lagi ada beberapa brand asuransi ternama yang justru terlibat kasus yang sering kita baca di media. Lalu bagaimana cara memilih asuransi? Dalam kolaborasi dengan FWD Insurance, Co-Founder dan CEO Sipundi.id sekaligus Financial Consultant, Mada Aryanugraha menyampaikan 5 tips memilih asuransi serta tipe produk yang tepat untuk kebutuhanmu: 

Kenali berbagai jenis produk asuransi 

Di Indonesia Setidaknya ada 10 jenis produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi. Di antaranya ada produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi rumah, asuransi kendaraan, asuransi pendidikan, asuransi kerugian, asuransi perjalanan, asuransi pensiun. Pada tiap-tiap jenis asuransi tersebut menawarkan manfaat pertanggungan yang berbeda. Misalnya saja produk asuransi jiwa berjangka yang memberikan manfaat perlindungan untuk jangka waktu tertentu, seperti 5 tahun atau 10 tahun. 

FWD Insurance sendiri memiliki beberapa pilihan produk asuransi, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, kecelakaan, hingga penyakit kritis, yang siap memenuhi kebutuhan proteksi diri dan keluarga masyarakat Indonesia. Rudy Franto Manik, Chief Human Resources & Marketing Officer FWD Insurance mengungkapkan, “fokus kami di FWD Insurance adalah memberikan produk perlindungan dan layanan yang didasarkan pada kebutuhan para nasabah dengan didukung teknologi digital. Melalui jalur distribusi yang kami miliki, FWD Insurance ingin mendukung masyarakat Indonesia untuk bebaskan langkah tanpa rasa khawatir dengan menghadirkan produk asuransi yang mudah dipahami, mudah dibeli, mudah proses klaim, mudah diakses, dan yang terpenting menyenangkan.” Salah satunya adalah FWD Critical First Protection yang menawarkan perlindungan mudah dan optimal atas berbagai kondisi kritis secara menyeluruh, tanpa dibatasi jumlah maupun jenis penyakit kritis, baik penyakit yang sering terjadi, langka, hingga penyakit yang langka/belum diketahui, hingga kondisi kritis yang disebabkan oleh penyakit maupun kecelakaan. Produk ini bisa dimiliki dengan premi yang terjangkau, mulai dari Rp 300ribuan. 

Tinjau kembali polis asuransi yang sudah ada 

Untuk sebagian kalangan, mungkin telah memiliki perlindungan asuransi dengan beragam jenisnya. Namun, dari sisi kebutuhan perlu juga untuk dilakukan bedah polis atau meninjau kembali fungsi atas manfaat asuransi yang sudah dimiliki minimal dua sampai tiga tahun sekali. 

Apakah asuransi yang saat ini dimiliki sesuai dengan kebutuhan? Atau kamu masih membutuhkan asuransi yang sesuai untuk melindungimu dari risiko sakit atau bahkan perlindunganmu masih jauh dari kata cukup. Biasanya para agen asuransi yang profesional memiliki pendekatan layaknya konsultan keuangan, dimana mereka dapat membantu klien untuk menganalisa kesesuaian kebutuhan terkini dari masing-masing individu serta manfaat dari asuransi yang sudah dimiliki. Jika masih kurang yakin, maka kamu bisa berkonsultasi kepada perencana keuangan independen sehingga kebutuhan berasuransipun dapat sesuai dengan produk yang akan kamu pilih. 

Buat perbandingan asuransi 

Berkat kemudahan teknologi, saat ini sudah sangat mudah untuk mencari perbandingan asuransi, baik dari sisi manfaat maupun premi yang harus dibayarkan. Tips memilih asuransi ini sangat penting agar kamu tidak sampai membeli kucing dalam karung, karena dengan melakukan perbandingan asuransi kamu jadi bisa mendapatkan benchmark seberapa besar manfaat yang idealnya dimiliki serta premi yang dikeluarkan. Ketika ternyata premi masih dalam tahap yang bisa kamu jangkau, akan lebih baik untuk membeli asuransi dari perusahaan yang sudah memiliki track record yang jelas, baik dalam bentuk pelayanan ataupun fasilitas, sehingga kamu lebih tenang untuk berhadapan dengan segala risiko kesehatan kedepannya. 

Menawarkan fasilitas tambahan dan jaringan yang luas 

Beberapa penyedia asuransi jiwa kerap menawarkan manfaat tidak hanya dari sisi pertanggungan secara nominal, namun bisa juga berupa layanan tambahan yang dapat dinikmati semisal kunjungan dokter, maupun tersedianya jaringan dari penyedia jasa kesehatan (rumah sakit) yang terdapat di berbagai wilayah. Semakin luas jaringan rumah sakit yang ditawarkan tentunya akan semakin baik dan menenangkan. Sesuaikan manfaat tersebut dengan profil diri saat ini. Apalagi jika pekerjaan kita menuntut mobilitas yang tinggi bahkan sampai rutin ke luar daerah atau bahkan luar negeri, maka sangat disarankan untuk memanfaatkan asuransi dengan perlindungan serta layanan yang optimal, baik itu nantinya dengan sistem cashless ataupun reimburse. 

Ketahui besarnya uang pertanggungan (UP) 

Bicara soal asuransi jiwa tentu saja tidak lepas dari uang pertanggungan atau jumlah uang yang akan diterima oleh penerima manfaat jika terjadi risiko meninggal dunia. Untuk itu, penting bagi kita mengetahui berapa jumlah uang pertanggungan (UP) dan disesuaikan dengan premi yang dibayarkan, serta tujuan membeli produk asuransi yang dipilih. Jika tujuannya untuk memiliki perlindungan jiwa/aset, maka belilah produk asuransi dengan UP dengan jumlah lebih besar. Jika tujuan memiliki asuransi untuk proteksi kesehatan, maka kita dapat memilih produk asuransi dengan UP yang lebih kecil jumlahnya. Oleh sebab itu, ketahui perusahaan asuransi yang akan kita percayakan untuk memberikan proteksi terhadap diri dan keluarga. 

Lima hal tersebut adalah beberapa tips memilih asuransi yang harus diperhatikan. Asuransi sendiri merupakan salah satu sumber pemberdayaan yang dapat memungkinkan kita untuk bebaskan langkah menjalani hidup tanpa rasa khawatir. Sesuai dengan semangat ‘Bebaskan Langkah’ tersebut, FWD Insurance mengadakan kampanye FWD Unstoppable Lucky Draw, untuk mengajak masyarakat merasakan kegiatan berasuransi yang mudah dipahami, mudah dibeli, mudah proses klaim, mudah diakses, dan yang terpenting menyenangkan. 

Dengan penawaran spesial, setiap pembelian salah satu atau lebih dari 12 (dua belas) produk asuransi pilihan dari FWD Insurance mulai tanggal 10 Juni – 31 Desember 2022, nasabah akan mendapatkan nomor undian dan berkesempatan memenangkan 56 hadiah istimewa termasuk All New Honda HR-V, Vespa LX, iPhone 13, serta hadiah menarik lainnya yang bernilai jutaan Rupiah. Pengundian dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan di Januari 2023 mendatang. 

Untuk keterangan lebih detail, serta syarat dan ketentuan undian berhadiah, para calon nasabah dan nasabah FWD Insurance dapat langsung mengunjungi laman FWD Unstoppable Lucky Draw di website FWD Insurance atau menghubungi FWD Customer Care di 1500 525. 

Jadi, tidak perlu khawatir untuk menjalani hidup dengan dukungan dari FWD Insurance agar bisa #PressPlay atas mimpi dan passion kamu melalui proteksi dari produk asuransi yang sesuai kebutuhan. Aktifkan perlindungan sekaligus rayakan kehidupan dan menangkan hadiah untuk dukung passion-mu! 

Tidak ada komentar:

Kodrat Perempuan Cuma Jadi ART Setelah Nikah, Emang iya?

Terlahir di Negara dengan budaya ketimuran membuatku harus mengikuti adat yang sudah berjalan di Masyarakat. Mau tidak mau harus menjalankan...