Kamis, 04 Oktober 2018

10 Tips dalam Memilih Cincin Pernikahan


Hai Hai Assalamualaikum..


source by thebridedept.com

Kali ini aku mau bahas tentang Pernikahan.

Aku sering sekali dengar kalimat ini "Salah satu Cara Ibadah yang Indah adalah dengan Pernikahan"

Pernikahan merupakan momen berharga yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua orang tanpa terkecuali baik laki-laki atau perempuan pasti memiliki impian untuk menikah.
Aku mau tanya, Apa yang pertama terlintas dibenak kalian saat mendengar kata "Pernikahan" kalau tanya aku pasti langsung terbayang dengan resepsi, gaun cantik, pengantin yang bahagia dan hal yang bahagia.


source by google

Tapi apa kalian tau? untuk membuat acara yang terlihat bahagia tanpa beban tersebut ternyata membutuhkan persiapan yang matang yang tidak sebentar.
Salah satunya adalah saat akan memilih cincin pernikahan, menurutku memilih cincin pernikahan itu tidaklah mudah ya kira-kira hampir sama sulitnya dengan saat memilih sang pendamping hidup hehe..


Surce by thepalacejeweler.com

But seriously guys cincin pernikahan sama pentingnya seperti pernikahan itu sendiri karena saat kita sudah menentukan pilihan kita tidak bisa mengulang hal tersebut. gak akan lucu jika beberapa tahun setelah pernikahan kamu mengajukan untuk menukar cincinmu dengan alasan salah pilih jadi ada baiknya kamu fikirkan baik-baik. Aku juga akan share 10 tips dalam memilih cincin pernikahan agar kamu tidak salah pilih dan menyesal diakhir.

You know what they say: if you like it put a ring on it! Sebelum memakaikan cincin pernikahan pada satu sama lain, adalah penting untuk memastikan bahwa cincin yang kamu pilih merupakan yang paling tepat dan sesuai dengan sang pasangan. Sebagai perhiasan simbolis yang melambangkan ikatan pernikahan, cincin tersebut haruslah terlihat cantik dan juga sesuai dengan kepribadian kamu.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan sebelum kamu memilih cincin pernikahan.


1. Kapan Membeli Cincin Pernikahan?


Usahakan persiapan dalam membeli cincin dari jauh hari. Karena dengan waktu yang tidak terburu-buru akan membuat Kamu dan pasangan santai dalam memilih tempat beli serta melihat desain cincin yang diinginkan.

2. Sesuai dengan Budget

Cincin Pernikahan dijual dengan harga yang beragam. Harga dijual sesuai dengan jenis bahan seperti emas kuning, emas putih atau rosegold, besar kadar bahan, tingkat kesulitan desain dan aksesoris tambahan, misalnya berlian. Dalam memilih, sesuaikan dengan keadaan kantong. Jangan memaksakan membeli dengan harga selangit. Cincin Pernikahan memang penting, tetapi persiapan pernikahan bukan hanya cincin saja.

3. Survei Toko Perhiasan

Carilah referensi toko perhiasan yang aman dan terpercaya dari kenalan, majalah atau browsing internet. Pilih toko perhiasan yang menjual beragam desain cincin kawin, sehingga leluasa dalam memilih desain yang diinginkan. Untuk yang memiliki budget terbatas, bisa membandingkan harga satu toko perhiasan dengan toko yang lain. Walaupun desain cincin hampir mirip atau bahkan sama, tetapi beda toko beda harga. Jangan sampai Kamu membeli di toko perhiasan yang menjual dengan harga mahal. Dan bisa jadi, ada toko perhiasan yang memberikan potongan harga. Jadi sisa budget membeli cincin kawin bisa dialihkan pada kebutuhan pernikahan lainnnya.

4. Desain Cincin

Diskusikan desain cincin seperti apa yang diinginkan dengan pasangan. Sesuaikan dengan gaya dan kepribadian. Serta pilih desain yang tidak hanya terlihat bagus untuk mempelai wanita, tetapi juga tidak terlihat feminim untuk mempelai pria. Jika profesi pengantin banyak kegiatan lapangan, seperti insinyur dan sering mengendarai motor atau mobil, maka pilih desain simpel dan kuat. Sehingga, cincin tidak mudah patah di bagian lingkar tangan bagian dalam. 

5. Sesuaikan dengan Bentuk Jari

Bentuk jari tidak jauh beda dengan postur badan. Jika bentuk postur badannya tinggi kurus, maka bentuk jarinya panjang kurus. Sedangkan postur badan pendek gemuk, maka bentuk jarinya pendek gemuk juga. Bentuk jari menentukan bentuk cincin yang dikenakan. Jika jari yang kecil, jangan gunakan cincin dengan model lebar. Tapi, gunakanlah cincin dengan model kecil. Jari yang panjang bisa mengenakan cincin dengan model diagonal atau berdesain kembang. Jari yang gemuk cocok menggunakan model cincin lebar atau tebal.

6. Ukuran

Ukuran cincin haruslah pas dijari pemakai, jangan kebesaran ataupun kekecilan. Cincin kebesaran akan membuat longgar dijari, sehingga mudah jatuh dan bisa-bisa hilang. Kalaupun mau mengganti cincin yang baru, nilai histori dari cincin tersebut akan berbeda. Sedangkan jika cincin kekecilan akan meninggalkan bekas berwarna merah dijari yang tentu saja akan terasa tidak nyaman.

7. Mudah Dibersihkan

Bukan hanya manusia yang suka bersih, perhiasan juga harus bersih. Terutama Cincin Pernikahan yang setiap hari dipakai, sehingga bersentuhan dengan banyak hal. Apalagi cincin digunakan untuk seumur hidup, kan? Dengan dibersihkan, maka akan membuat umur cincin lebih panjang. Untuk desain cincin yang sederhana akan mudah dibersihkan sendiri di rumah. Sedangkan cincin yang memiliki desain rumit, Kamu bisa datang kepada ahlinya di jasa pembersih perhiasan.

8. Sesuai dengan Warna Kulit

Dengan menyocokan warna cincin dengan warna kulit, tentu akan membuat tampilan cincin lebih apik dijari. Memiliki kulit sawo matang bisa menggunakan emas kuning atau rosegold. Kulit hitam bagus jika mengenakan emas kuning. Untuk kulit kuning langsat, hindari penggunaan emas kuning. Karena warna kulit yang cenderung kuning, bertemu dengan emas kuning, maka warnanya akan mati. Dan beruntunglah yang memiliki warna kulit putih, sebab bisa bebas memilih yang mana saja.

9. Alergi

Ada banyak sekali bahan pembuatan cincin, misalnya saja emas kuning, emas putih ataupun rosegold. Tetapi harus hati-hati dalam memilih bahan pembuatan cincin tersebut. Karena ada sebagian orang alergi, terutama yang memiliki kulit sensitif. Jika alergi, maka akan timbul ruam-ruam merah yang gatal. Jadi, pastikan Kamu dan pasangan tidak alergi terhadap bahan pembuatan cincin tertentu.

10. Pilih Waktu Final Fitting yang Tepat

Saat akan mencoba cincin harus dalam kondisi yang tenang dan disaat suhu tubuh yang normal. Hindari pada saat pagi hari. Hal ini karena pada pagi hari jari tangan dalam kondisi bengkak. Tubuh di pagi hari banyak mengandung garam yang terendap sejak malam hari. Saat suhu tubuh terlalu dingin atau panas juga mempengaruhi ukuran jari.

Nah itulah 10 Tips yang dapat kalian pertimbangkan saat akan mebeli Cincin Pernikahan.

Untuk diriku pribadi aku lebih suka Cincin dengan detail etnik seperti karya Anne Avantie bersama dengan The Palace untuk koleksi KEKASEH karena menurutku perhiasan bukan hanya sekedar "media mempercantik diri" tapi perhiasan juga memiliki makna tersendiri.

Desain Cincin Pernikahan Karya Anne Avantie dengan Makna Filosofinya


Source by google

Sekar Jagad


Source by thepalacejeweler.com

Hubungan yang serasi dan harmonis antara manusia dengan sang pecinta, alam, dan sesama.

Sido Asih


Source by thepalacejeweler.com

Kesetiaan atau Kasih Sayang berkelanjutan bagi sepasang pengantin.

Sido Mukti


Source by thepalacejeweler.com


Sepasang pengantin diharapkan memiliki kemakmuran dan ketentraman, baik di dunia maupun akhirat, dengan usaha dan kerja keras, keluhuran budi, ucapan, dan tindakan.

Wahyu Tumurun


Source by thepalacejeweler.com

Berkah kehidupan lahir batin dalam kehidupan berumah tangga, juga keharmonisan yang langgeng dan terjaga selama-lamanya.

Truntum


Source by thepalacejeweler.com

Bermakna cinta yang bersemi kembali, cinta yang tulus tanpa syarat, abadi, dan semakin lama semakin berkembang (turuntum), motif Truntum menghiasi cincin kawin dengan indahnya.

Parang Kusumo


Source by thepalacejeweler.com


Bahwa kehidupan harus dilandasi perjuangan untuk mencari kebahagiaan lahir dan batin tanpa meninggalkan norma-norma yang berlaku dan sopan, agar dapat terhindar dari bencana.

Cincin pernikahan Kekaseh melambangkan cinta kasih. Tak hanya bagi yang akan menikah, cincin nikah kekaseh juga bisa diberikan pada orang yang kita sayang, seperti orangtua, kekasih, ataupun sahabat.

Nah semoga semua informasi yang aku bagikan ini dapat bermanfaat ya..

doakan agar aku secepatnya dibelikan 1 diantara 6 karya Anne Avantie yang sebelumnya sudah disebutkan ya :)
Posting Komentar

3 Fungsi Penting Komunikasi dalam Keluarga

Hai Hai Assalamualaikum Siapa disini yang gak punya keluarga? wah pasti gaada dong ya karena setiap orang pasti hidup didalam keluarga...