Minggu, 26 Juli 2020

Tips Mengatasi Mual dan Muntah Saat Kehamilan


Bagi seorang perempuan Menikah, Mengandung dan Memiliki anak pasti menjadi impian bukan? Tapi apa iya semuanya semudah dan sesimple itu? Drama pernikahan lalu Morning Sickness saat hamil merupakan beberapa hal yang pasti akan dihadapi dalam menggapai impian tersebut bukan? 

Okay kita skip bahasan soal drama pernikahan karena pasti akan jadi artikel yang sangat panjang. Banyak sekali perempuan yang mengalami keluhan muntal dan mual saat hamil, terutama pada kehamilan trimester pertama. Ada yang benar-benar tak nafsu makan sama sekali karena rasa mual yang sangat kuat. Lain lagi yang setelah makan semuanya dimuntahkan. Rasa mual saat kehamilan adalah wajar bagi ibu hamil, karena orang hamil mengalami perubahan hormonal sehingga membuatnya menjadi sensitif terhadap bau, tekstur, dan penampakan makanan. Tubuh sedang melakukan adaptasi terhadap perubahan hormonal tersebut, dan gejala mual dan muntah akan semakin berkurang pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. 



Nah dikehamilan keduaku ini aku juga merasakan Morning Sickness yang lumayan menguras tenaga dan emosi. Dimulai dari Baper a.k.a sering terbawa perasaan sampai mual muntah parah yang bahkan tidak bisa makan sama sekali. Jangankan untuk makan, mencium aroma masakan saja sepertinya isi perut ingin keluar semua huhu sedihnya. Tidak seperti ibu hamil kebanyakan yang berat badannya terus naik. Aku justru mengalami penurunan berat badan sampai menginjak trimester kedua. 

Eitss jangan senang dulu, di trimester kedua aku masih mengalami mual dan muntah namun bedanya sekarang sudah dapat teratasi dengan menjalankan beberapa tips yang juga akan aku bagikan dengan kalian  

Rasa mual dan muntah pada kehamilan trimester pertama tidak berbahaya. Walaupun mungkin sangat merepotkan saat hamil. Tiga perempat wanita hamil muda pernah mengalami mual dan muntah, dan satu dari sepuluh wanita mengalami mual berkelanjutan meski umur kehamilan sudah lebih dari empat bulan. Jika cairan yang keluar banyak sekali, bumil diharuskan konsultasi dengan Obgyn. Hal ini tidak dapat diremehkan karena bumil dapat kekurangan cairan dan gizi yang penting selama kehamilan. 

Tips Mengurangi Mual Saat Kehamilan 
  • Saat bangun dari tidur, bangunlah secara perlahan-lahan. 
  • Mual dapat membuat kekurangan gizi pada ibu hamil. Cobalah makanan untuk wanita hamil berupa roti bakar kering atau crackers yang dapat mengurangi mual. 
  • Mengunyah permen karet atau makan permen dapat mengurangi rasa mual
  • Makanlah dalam jumlah kecil tetapi sering. Ini dapat mengurangi jumlah makanan yang keluar akibat dimuntahkan. 
  • Hindari makanan yang berbau tajam. Wanita hamil biasanya sangat sensitif terhadap bau dan dapat memicu rasa mual. 
  • Jika rasa mual datang lagi, hindari minum jus asam, air putih, susu, kopi, atau teh 
Penggunaan Obat yang Aman bagi Wanita Hamil 

Saat hamil tentu kita semua tau kalau “Ibu hamil tidak diperbolehkan mengkonsumsi obat selain yang direkomendasikan dokter!” Sebagian besar wanita dapat mengatasi rasa mual tanpa menggunakan obat. Namun untuk beberapa bumil seperti aku dan kamu yang tidak bisa mengatasi rasa mual sendiri pasti sangat membutuhkan supplement atau obat kan? Obat umum biasanya dilarang digunakan untuk wanita hamil. Akan tetapi jika muntah dan mual tidak dapat dihentikan meski telah melakukan segala macam cara, mungkin saatnya bumil perlu perawatan kesehatan. Konsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu mengenai obat yang hendak  dikonsumsi. 

Gak boleh konsumsi obat, Lalu harus bagaimana? 

Nah kita memang dilarang untuk mengkonsumsi obat-obatan yang tidak di rekomendasikan oleh dokter namun ada beberapa hal yang dapat kita konsumsi untuk mengurangi rasa mual dan juga muntah selama masa kehamilan. 

1. Jahe 

Picture by hellosehat.com

Secara medis, belum ditemukan adanya efek samping bagi wanita hamil yang mengkonsumsi jahe. Jahe dapat mengurangi mual dan muntah. Cobalah minum jahe bubuk sebanyak 125-250 mg yang diminum empat kali sehari. Walaupun demikian, jahe mungkin saja menambah keluahan heartburn pada wanita hamil. 

2. Lemon

Picture by haibunda.com
Mengkonsumsi lemon juga terbukti dapat melegakan tenggorokan dan juga melancarkan pencernaan lho. Jadi jahe dan lemon bisa dijadikan minuman yang segar kan untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil?  

3. Vitamin B6

Picture by gooddoctor.co.id
Wanita hamil biasaya diberikan vitamin selama masa kehamilan. Salah satu vitamin hamil yang diberikan adalah vitamin B6. Vitamin B6 yang merupakan suplemen untuk nutrisi ibu hamil, ternyata memiliki khasiat untuk mengurangi rasa mual. Obat ini cukup aman diberikan kepada ibu dan janin yang dikandungnya. 

Gampang kan? Tapi masih juga ada masalah. Aku itu tipe yang tidak bisa banyak konsumsi obat-obatan  huhu. Jadi gimana aku harus konsumsi vitamin B6 bersama dengan obat-obatan yang setiap bulan diresepkan oleh obgyn untuk ku konsumsi? 

Nah akhirnya aku ketemu sama Mama’s Choice Pregnancy Supplement

Mama’s Choice Pregnancy Supplement 


Mama’s Choice Pregnancy Supplement merupakan Suplemen yang khusus untuk ibu hamil. Khususnya yang sedang mengalami Morning Sickness/Mual Muntah saat kehamilan. Produk ini 82,9% terbukti dapat mengurangi mual dan muntah saat kehamilan. Terbuat dari bahan-bahan natural dengan kombinasi pilihan yang pastinya aman untuk ibu hamil dan sudah tersertifikasi halal. Mengandung Vitamin B6, Jahe dan juga lemon yang terbukti dapat mengurangi mual dan muntah. 

Benefit Produk 


• Membantu mengurangi rasa mual dan muntah 
• Meningkatkan imunitas tubuh 
• Meningkatkan nafsu makan 
• Meningkatkan metabolisme energi 
• Mendukung pertumbuhan jaringan dan perkembangan otak janin 
• Melegakan tenggorokan 
• Melancarkan pencernaan 

Campaign #KurangiWorry 

Campaign #KurangiWorry ini dibuat karena melihat banyak sekali ibu yang khawatir tentang keselamatan diri dan juga keluarganya di masa pandemic ini. Kekhawatiran ini sebenarnya berdampak pada hal positif seperti ebih selektif memilih produk yang aman dikonsumsi, halal, dan juga harganya afforadable. 


Maka dari itu Mama’s Choice, Produk yang dibuat khusus utnuk ibu hamil & menyusui, dengan bahan-bahan yang terjamin keamanannya, halal dan natural serta menyingkirkan bahan toksin berbahaya sehingga ibu dapat mengurangi 1 kekhawatirannya saat mengatasi masalah. 

Nah gimana? Kalian masih mau menikmati Morning Sickness dengan Worry setiap hari atau mau jadi Bumil happy #KurangiWorry kaya aku? 

Btw kalau kalian mau beli produk Mama’s Choice di Shoppe dengan kode promo MAMANURDP untuk dapetin potongan harga 25k dengan minimal belanja 150k lho

atau Bisa langsung Klik Disini!

Tidak ada komentar:

Tips Mengatasi Mual dan Muntah Saat Kehamilan

Bagi seorang perempuan Menikah, Mengandung dan Memiliki anak pasti menjadi impian bukan? Tapi apa iya semuanya semudah dan sesimple itu? ...