Senin, 25 Februari 2019

Sarapan Bukan Lagi Soal Kenyang

Hai Hai Assalamualaikum 


Wah cuaca hari ini adem banget deh.. 
Pagi ini aku menulis dengan ditemani sepotong Pancake Milo buatanku sebagai sarapan. 
Padahal sebelum-sebelumnya aku jarang sekali atau bahkan tidak pernah sarapan pagi, Namun karena sekarang ada Zalwa aku harus terbiasa dengan sarapan. 

Kenapa sih aku membiasakan Zalwa sarapan? 


Sarapan pagi, sama halnya seperti makan siang dan makan malam bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh dalam 1 hari. Posisi sarapan lebih penting karena rentang malam hari, saat manusia tidur, selama kurang lebih 8 jam. Selama tidur, tubuh tetap melakukan pekerjaannya, seperti jantung memompakan darah keseluruh tubuh, paru-paru melakukan kembang-kempis untuk mengambil dan suplai oksigen, dan lain-lain. 


Semua aktifitas organ tubuh tentunya membutuhkan energi, akhirnya pada pagi hari energi yang diperoleh pada makan malam sebelum tidur sudah habis dan memerlukan asupan lagi setelah bangun tidur. Sementara aktifitas di pagi hari cukup membutuhkan energi maksimal sebab tubuh akan banyak bekerja, seperti bermain, berpikir dan berkonsentrasi agar tumbuh kembangnya tetap optimal. 

Nah, atas dasar itulah sarapan pagi sangat penting bagi anak, Apalagi saat anak menjelang pergi ke sekolah sangat penting Sarapan agar anak tidak menjadi loyo, tidak semangat dan konsentrasi pun kurang fokus. Sebab, sarapan pagi memberikan kontirbusi sebanyak 25-30 persen energi bagi tubuh. Dengan sarapan, kadar gula darah akan terpenuhi sehingga anak akan merasa semangat dan kuat untuk menjalani aktifitas di pagi hari dan tidak mudah lapar hingga menjelang waktu makan siang.

Bukan hanya itu saja, sarapan merupakan makanan khusus untuk otak. Hal ini, didukung oleh penelitian yang menunjukan bahwa sarapan berhubungan erat dengan kecerdasan mental, dalam arti sarapan memberikan nilai positif terhadap aktifitas otak anak. Otak menjadi lebih cerdas, peka dan lebih mudah berkonsentrasi dalam menyerap pelajaran. 


Senang sekali Ibun, Zalwa dan Ayah berkesempatan mengikuti Peluncuran Kampanye “Awali Hari Baik dengan Nestle” di Jakarta, 17 Februari 2019 kemarin. Kampanye ini bertujuan sebagai sarana edukasi seputar pentingnya sarapan sehat dengan gizi seimbang yang diimbangi dengan olahraga yang teratur. 


Kampanye ini diadakan serentak di 9 kota di Indonesia guna mendukung komitmen untuk membantu 50 juta anak menjalani hidup yang lebih sehat pada tahun 2030 mendatang. Edukasi mengenai pentingnya sarapan bergizi seimbang ini terus dilakukan mengingat sarapan memenuhi 15-30% kebutuhan gizi harian dan ternyata 76% orang di Indonesia yang sarapan di pagi hari mengaku belum mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. 


Untuk mempermudah pengenalan pentingnya sarapan bergizi seimbang, Nestle Indonesia memperkenalkan prinsip A-B-C (Atur-Baca-Cukupi) : 

Atur Porsi untuk memastikan jumlah asupan makanan cukup, tidak lebih ataupun kurang agar mendukung aktifitas sehari-hari. 

Baca Label kemasan makanan untuk memperhatikan kandungan gizi dan cara penyajian. Sehingga membantu masyarakat agar memahami produk yang mereka konsumsi dan dapat menikmati manfaat produk secara maksimal. 

Cukupi Asupan Gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan mengkonsumsi beragam jenis makanan.  

Wah jadi lebih familiar di telinga dan pastinya mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 


Di Acara kemarin juga hadir pasangan selebriti inspiratif yaitu Riafinola Ifani Sari (Nola Be3) dan baldy Mulya Putra beserta Keluarga. Mereka membagi pandangan mereka tentang manfaat sarapan serta praktik sarapan yang di terapkan dalam keluarga. 

"Bagi keluarga kami, sarapan adalah momen krusial yang menentukan bagaimana kami, khususnya untuk anak-anak yang akan menjalani harinya nanti. Tentu saja sebagai orang tua kita ingin memberikan asupan gizi terbaik untuk anak-anak agar mereka siap menjalani aktifitas dan fokus dalam kegiatan belajar. Namun, Kendala yang dialami adalah bagaimana mengetahui apakah menu yang kita berikan sudah mencukupi kebutuhan gizi anak atau tidak. Pendekatan ABC yang diusung Nestle Indonesia ini cukup sederhana untuk bisa dipraktikan dirumah" Kata Nola. 


Selain bincang santai dengan Nola dan keluarga, Acara peluncuran kampanye "Awali Hari Baik dengan Nestle" juga dimeriahkan dengan senam mahumere dan zumba serta beragam zona edukasi interaktif untuk semakin memantapkan masyarakat tentang pendekatan ABC yang diusung Nestle. Nestle juga memberikan 5000 porsi sarapan bergizi di 9 kota di Indonesia. 


Dan ada juga sesi mempersiapkan sarapan sehat dengan Nestum dan produk lainnya. Baru tau ternyata Nestum, Dancow, Koko Krunch dan buah kalau dicampur menjadi sarapan penuh gizi yang enak banget lho. 

Setelah acara ini aku jadi semakin sadar kalau sarapan gak cuma tentang "Kenyang" duh salah deh selama ini :D Berbagai produk Nestle juga mendukung gerakan sarapan bergizi seperti Koko Krunch, Nestum, Dancow, Milo dll. 

Nah kalau kalian gimana nih? apa sarapan kalian sudah cukup gizi?

23 komentar:

Anonim mengatakan...

Acara cfd di taman menteng inikan

Utie Adnu mengatakan...

Bener y mba sarapan itu pnting bngt untungnya aku selalu sempatkan buat sarapan yg bergizi utk kluarga

ordinarykentang mengatakan...

Seneng banget bisa seseruan bareng sambil ngantri sarapan...

Zefy mengatakan...

judulnya bikin aku malu, karena aku biasanya kalau sarapan sama dengan kenyang, fix itu aja. padahal banyak hal yang harus diperhatikan ya

Helena mengatakan...

Pagi itu tubuh sedang fresh untuk belajar. Kalau enggak ada energi dari sarapan ya gimana mau fokus belajar. Buatku sarapan gizi seimbang penting banget setiap hari.

Stafana Charis | www.stafana.com mengatakan...

Wajib kalo sarapan mah, biar semangat melalui hari. Biar gak gampang sakit

Gita Siwi mengatakan...

Setuju kak, tapi gizi dalam sarapan itu yang kita butuhkan ya

Mutia Nurul Rahmah mengatakan...

penting banget sarapan ya, klo ga bisa badmood, pusing

Sara neyrhiza mengatakan...

sarapan wajib banget buat saya..hanya saja, sekarang saraannya lebih banyak buah dan sayur plus protein dan no karbo

Icha Faizah mengatakan...

Mindset aku tuh dulu mba, yang penting kenyang aja biar nggak lemes.

Padahal ternyata nggak gitu ya. Harus juga pilih makan makanan sehat dan menerapkan pedoman A B C

ria buchari mengatakan...

Semoga makin banyak masyarakat luas yg menyadari betapa pentingnya sarapan pagi untuk keluarga bs beraktifitas

Rry Rivano mengatakan...

Zalwa, Koko Krunchnya plis buat onti aja 🥰🥰

lendyagasshi mengatakan...

Wiii...ada keluarga artis.
Panutan banget niih...artis yang hidupnya sehat.

Sarapan pagi itu penting banget...karena anak-anak setelah mantap di rumah, jadi gak gampang nangis kalau di sekolah. Ples ga gampang marah juga...

diane mengatakan...

Kesukaan anak2 banget nih... dan memang bener sih sarapan bukan pokok e wareg hehhehe.

Nurul Dwi Larasati mengatakan...

Semua produk Nestle aku suka. Apalagi Koko Krunch dan NESTUM kesukaan anak-anak buat sarapan. Biar mereka tetap aktif sepanjang hari.

Anisa Deasty Malela mengatakan...

Sarapan harus bergizi dan lezat biar kita ga bosan dan senang saat-saat sarapan. Koko Krunch dan Nestum saat ini jadi pilihan saya dan Azzam untuk sarapan.

Cerita Bang Doel mengatakan...

harus kenyang donk.. kalo gha kenyang nanti gue suka pusing... tapi lihat juga gizinya harus seimbang yaaa kaaa

April Hamsa mengatakan...

Sarapan itu penting yaaa apalagi buat anak2 buat bahan bakar beraktivitas hari itu.
Kalau di rumahku selalu sedia KOko Krunch jd kalau kami gak sempet sarapan nasi ya makan itu :D

Suzannita mengatakan...

Sarapan memang bukan hanya kenyang saja tapi harus bergizi juga karena pertimbangan untuk mendapatkan asupan gizi untuk memulai hari

Siti nurjanah mengatakan...

Iya bener banget mba, sarapan itu tak cuma sekedar kenyang tapi ada kebutuhan gizi yg mesti terpenuhi sebagai sumber energi mengawali hari

Reh Atemalem mengatakan...

Sarapan buat anak diusahakan padat gizi.
Sarapan buat emaknya ini yang PR, kadang cuma makan apa yang ada, biar cepet.

Naqiyyah Syam mengatakan...

Iya juga ya sarapan tak sekedar kenyang, tapi bagaimana nilai gizi dan energinya. Keren ini artikelnya membawa perenungan biar anak-anakku dikasih sarapan yang bergizi

Desri Desri mengatakan...

zalwa seneng banget ya bisa ikut mama sarapan bareng Nestle, jadi banyak dapet informasi nihsoal pentingnya sarapan apalagi buat anak2 ya kak.

Yoga For Kids di Bekasi

Halo Moms Moms, sudah tau belum? Ternyata yoga memiliki banyak sekali manfaat untuk tumbuh kembang anak. Namun teknik yoga yang digunakan ...