Selasa, 02 Juli 2019

Anak Coret-Coret Dinding? Jangan Dilarang!

Lagi cape-capenya, pas masuk kamar lihat tembok penuh dengan karya seni anak.
Auto marah dan ngejudge kalau anaknya nakal.


Halo Assalamualaikum
Pasti dong siapa saja akan marah kalau tiba-tiba lihat dinding penuh coretan abstrak dari anak. gak sedikit juga yang pasti langsung ngejudge kalau anaknya nakal.

Padahal mencoret-coret merupakan bagian dari proses perkembangan anak yang akan menuntunnya ke hal besar dan hebat dimasa yang akan datang, maka dari itu kita sebagai orang tua tidak dapat menghindari hal ini justru kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya.


Lalu pertanyaannya bagaimana kita harus menghadapinya? Ya sabar.
No! aku juga bukan tipe ibu yang sabar ya Moms. jadi gak fair rasanya kalau aku meminta kalian untuk sabar. Perlu kita sadari, apa yang dilakukan anak kita itu adalah bagian dari kreativitasnya atau ekspresi dari daya eksploratifnya. Karena itu, kalau hanya kita larang, artinya kita tidak mendukung eksplorasinya. 

Bahkan jika jumlah larangan yang kita berikan sudah terlalu banyak, anak bisa menjadi kurang kreatif, kurang inisiatif, lebih sering takut atau malu sehingga menjadi tidak percaya diri. Jadi apa harus kita biarkan saja? Tidak pas juga ya kan. Rumah kita jadi kurang indah. Dan bukan hanya itu masalahnya. Bagaimana kalau anak kita melakukan hal yang sama di rumah orang lain atau di tempat lain? 

Untuk mengatasi perilaku si kecil yang suka coret-coret, kita perlu menyadari beberapa hal mengenai perkembangannya. Logika pertama, coret-coret adalah bagian dari kreativitas. Kita harus mendorong anak untuk mengembangkan kreativitas itu. Namun berikutnya yang harus kita pikirkan adalah karena aplikasi/ penggunaan kreativitas itu masih belum tepat, maka keharusan kita adalah mengarahkannya. 

Jangan sampai kita membiarkan lalu si anak merasa perilakunya diperbolehkan. Jadi, kita harusnya tetap mendorong dan mengarahkan anak supaya potensinya keluar di jalur yang pas, bukan sekedar melarang atau membiarkan semata. Misalnya, anak kita dorong untuk mencoret-coret di kertas kosong yang telah kita sediakan, menyediakan ruangan atau tempat yang membuat dia bebas dan aman mengekspresikan imajinasinya, kreasinya atau eksplorasinya. 


Tapi, namanya juga anak-anak. Walaupun sudah kita sediakan ruangan atau fasilitas selain dinding untuk dicoret-coret, tidak berarti ini akan berjalan dengan tertib. Pasti ada kemungkinan, entah dia atau temannya, mencoret dinding atau perabotan yang kita jaga keindahannya. Terhadap kemungkinan seperti ini, kita harus sabar. Jangan sampai kita melihatnya sebagai perilaku yang harus diserang. Lihatlah ini sebagai bagian dari proses belajarnya dalam memahami arahan kita. 

Kita juga dapat mengantisipasi hal ini dengan memilih cat tembok yang mudah dibersihkan agar kita tidak perlu memakan waktu lama dalam membersihkannya atau justru tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk mengecat ulang.

Zalwa sekarang juga sudahmuai coret-coret tembok rumah. Awalnya ku arahkan untuk menggambar di buku yang sudah kami sediakan untuk Zalwa cuma ya kembali lagi namanya juga anak-anak jaadi masih sulit untuk menjauhkan Zalwa dari tembok untuk tidak dicoret-coret.

Awalnya aku sudah mengantisipasi dengan cat tembok yang claimnya mudah untuk dibersihkan namun nyatanya gak sama sepertidi iklannya :( sedih
Pokoknya kapok lah jadi korban iklan.


Kebetulan Minggu, 30 Juni 2019 lalu Avian Brands meluncurkan cat tembok premium terbarunya yaitu Supersilk Anti Noda dengan taglinenya Sekali Bilas Langsung Bersih namun karena pernah menjadi korban "Pemberi Harapan Palsu" aku gak mudah percaya gitu aja dong.

Aku hadir di eventnya dan aku langsung cobain produknya. Aku coret-coret dinding yang sudah di cat dengan Avian Supersilk Anti Noda ini dengan berbagai macam alat tulis seperti stabilo, pensil warna, crayon, spidol dll.


Hasilnya bagaimana? Sesuai claim di taglinenya cat ini memang mudah untuk membersihkan noda-noda karena menggunakan teknologi "Efek Daun Talas" yang mampu membuat debu,air dan kotoran tidak mudah menempel dipermukaan cat dan mudah untuk dibersihkan.

Tentang Avian Supersilk Anti Noda 
Cat Tembok Supersilk Anti Noda merupakan cat tembok premium dengan teknologi efek daun talas sehingga noda pada tembok dapat dengan mudah dibersihkan tanpa merusak permukaan cat. Sifat produk ini hidrofobik yang menolak segala noda berbahan dasar air dengan mengubahnya kebentuk butiran mutiara persis seperti air di daun talas. 

Cat tembok Supersilk Anti Noda ini juga memberikan hasil akhir yang halus, warna lebih indah dan tahan lama. Cat ini sudah tersedia dalam 888 warna dan memiliki fitur anti noda serta mendapat sertifikat green label dari Singapore.

8 Fitur Utama Cat Tembok Supersilk Anti Noda

  • Efek Daun Talas
  • Mudah Dibersihkan Dengan Air
  • Tanpa Bau
  • Anti Jamur dan Lumut
  • Warna Tidak Mudah Pudar
  • Tanpa Merkuri dan Timbal
  • Green Label
  • Minim Cipratan
Karena sudah mencobanya sendiri aku memutuskan membiarkan Zalwa tetap berkreatifitas di tembok rumah dan mengganti cat interiornya dengan Cat Tembok Supersilk Anti Noda ini. 
Kalian gimana?

Tidak ada komentar:

Yoga For Kids di Bekasi

Halo Moms Moms, sudah tau belum? Ternyata yoga memiliki banyak sekali manfaat untuk tumbuh kembang anak. Namun teknik yoga yang digunakan ...