Sabtu, 03 Agustus 2019

10 Tips Mulai Masak

Halo Moms!


Coba ngacung yang suka malas masak dirumah? Akuuuuuu!!
Tapi pasti ada juga diantara mama mama disini yang kadang merasa malas untuk masak kan?
Alasannya pasti beragam, ada yang sibuk atau justru kapok masak gosong hehe

Memang kalau masak itu ekspektasi suka setinggi langit cuma ya kembali lagi realita tidak selalu sama dengan ekspektasi kita :D
Seperti aku, kapok masak ikan karena selalu lengket dan peer banget dalam proses mencuci piring.
Untungnya suamiku buka tipe yang banyak nuntut ini itu, dia sih oke oke aja aku mau masak ataupun mau pesan makan online.


Tapi aku juga gak mau selamanya seperti ini dong. Apalagi sekarang Zalwa sudah mulai sekolah dan harus selalu bawa bekal untuk makan siangnya. Kalau terus menerus gak masak sepertinya akan boros dan juga repot ya. Jadi aku mulai sedikit-sedikit berteman lagi dengan dapur dan kawan kawannya. Aku juga mulai menerapkan 10 Tips mulai memasak lho.

10 Tips Mulai Memasak

1. Jangan takut untuk memulai



Jangan pernah malas untuk memulai. Cobalah resep yang ingin kamu masak. Baca perlahan, kemudian praktekkan. Kalau hasilnya gosong, keasinan, kemanisan, atau gagal, jangan langsung menyerah. Teruslah mencoba sampai mendapatkan takaran dan rasa yang pas.

2. Lakukan pengamatan



Lakukan pengamatan kalau ibumu atau kerabat kamu sedang memasak di dapur. Perhatikan bagaimana ia meracik bumbu, dan semua proses sampai memasak selesai. Jangan malu bertanya jika ada hal yang kamu ingin tahu. Kemudian, praktekkan sendiri dan lihat hasilnya.

3. Lihat acara memasak



Apakah kamu suka menonton acara memasak di televisi atau youtube? Kalau iya, jangan cuma sekedar menonton. Cobalah untuk mempraktekkan apa yang telah dilakukan oleh chef, tentu dengan bahan-bahan dan cara memasaknya. Saat acara selesai, tak ada salahnya langsung praktek di rumah. 

4. Mulailah dengan resep yang sederhana



Sebagai langkah awal belajar memasak, buatlah masakan yang sederhana dan mudah. Banyak makanan yang mudah dibuat. Membuat telur rebus pun merupakan langkah awal yang bisa kamu pilih. Sebab, dengan merebus telur kamu bisa memprediksi berapa waktu yang harus digunakan untuk membuat telur rebus dengan tekstur yang sempurna. Meski sepele, namun hal tersebut merupakan ilmu yang tidak bisa dikesampingkan untuk seorang yang sedang belajar memasak.

5. Siapkan seluruh bahan dan peralatan yang dibutuhkan


Jika kamu telah memilih jenis masakan apa yang akan kamu buat, siapkan seluruh bahan, dan peralatan memasak dengan baik. Misalnya, apakah bahan-bahan tersebut dipotong, dicincang, direbus atau digoreng terlebih dulu. Nah, dalam proses potong, cincang dan lain-lain kamu tentu perlu alat. Hal tersebut juga harus kamu pikirkan. Saat melakukan pemotongan, lakukanlah dengan hati-hati, jangan sampai mengenai jari. Dan usahakan seluruh peralatan memasak dalam jangkauan, sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk mencarinya jika perlu.

6. Bacalah resep dengan teliti



Ketika bahan-bahan dan seluruh peralatan yang diperlukan sudah siap, tahap selanjutnya adalah memilih resep masakan yang ingin kamu masak. Baca resep tersebut dengan seksama, ketahuilah jumlah bahan yang diperlukan, berapa suhu microwave yang diperlukan, dan hal lain yang diperlukan.

7. Hati-hati dengan garam



Apabila kamu ingin membuat masakan yang gurih, hati-hati dengan takaran garam yang kamu gunakan. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi cita rasa masakan kamu. Kebanyakan jumlah garam akan merusak masakan. Sebaliknya kurang garam pun akan membuat masakan hambar. Jadi pastikan takaran garam pas.

8. Jangan lupa untuk mencicipi masakan



Ketika kamu sedang membuat masakan, atau sedang mencampurkan bahan-bahan, lebih baik cicipi dulu masakan tersebut. Jangan sampai ketika masakan sudah jadi, kamu merasa masakan masih kurang ini atau kurang itu. Hal ini juga yang sering dilupakan oleh pemula. Dapatkan rasa yang pas dengan memasukan takaran bumbu yang pas pula.

9. Gunakan bahan yang segar

Jangan abaikan kualitas bahan masakan. Pilihlah bahan baku yang masih segar. Hal tersebut sangat penting, karena akan memudahkan kamu dalam proses memasak. Bahan baku yang segar merupakan bahan baku yang berkualitas dan akan memberikan pengaruh positif terhadap hasil masakan. Jangan lupa perhatikan kebersihan ya moms, baik bahan-bahan maupun proses memasak. Karena memasak itu bukan cuma menghasilkan makanan enak tapi juga harus menghasilkan makanan yang sehat.

10. Pilihlah peralatan masak yang mempermudah proses memasak


Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak jadi harus kita pastikan produk yang kita gunakan itu dapat membantu mempermudah proses memasak.
Saya menggunakan produk dari neoflam yang menggunakan lapisan anti lengket berbasis keramik yang ramah lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami.

Lapisan tersebut tidak hanya digunakan di bagian dalam wajan, tetapi juga bagian luarnya. Dengan lapisan keramik tersebut, kandungan gizi di dalam masakan juga akan terjaga dengan baik. Keistimewaan lain dari produk ini terletak di bagian pegangan yang dapat dilepas. Selain berfungsi sebagai peralatan memasak, wajan ini juga dapat dijadikan sebagai piring saji. Setelah selesai memasak, Moms dapat langsung meletakkan wajan di atas meja makan, kemudian melepaskan bagian pegangannya. Jadi otomatis memudahkan proses mencuci piring juga Moms. Praktis, ya!

Tentang Neoflam


Neoflam adalah 3 in 1 Korean Cookware yang punya keunggulan bisa memasak, menyimpan dan menyajikan dalam satu wadah.

Kelebihan dari Neoflam 3 in 1 Korean Cookware

  •  Terdiri dari 4 alat masak dengan pegangan yang dapat dilepas, jadi mudah disimpan dan gagangnya bisa digunakan untuk alat masak kita yang lain 
  • Mudah dibawa-bawa juga karena handle nya bisa dilepas
  • Bisa digunakan di oven, disimpan di lemari es dan juga freezer
  • Bisa langsung digunakan sebagai media penyajian langsung di atas meja 
  • Terbuat dari bahan dasar aluminium yang telah melalui die casting dan terdiri dari 5 lapisan keramik Eco Friendly yang berfungsi agar tidak menyebabkan kerusakan pada tubuh manusia juga lingkungan, coating terbuat dari 99% bahan alami.
  • Panci dan wajan dilengkapi dengan Healthy Ecolon Pro, lapisan anti lengket berbasis keramik yang membuat sisa makanan akan dengan mudah dibersihkan 
  • Handle nya juga Detachable Handle yang tahan panas, jadi aman tanpa memerlukan sarung tangan pelindung.
Dimana bisa beli Neoflam


Kalian dapat dengan mudah menemukan Neoflam di Alfamart sekitar tempat tinggal. dan Neoflam dapat dibeli dengan mudah dan juga pssssst "Muraaaah" bagi pelanggan setia Alfamart yang memiliki member Ponta.

Tidak ada komentar:

Buruknya Kualitas Udara Di Jabodetabek

Halo dear. Kalian Merasa gak kalau beberapa pekan ini terlihat kabut atau embun yang menutup pandangan, ketika melihat gedung-gedung p...