Minggu, 15 Desember 2019

Saring Sebelum Sharing-Curcol bareng Bimas Islam

Ibuku sering bilang "Anak-Anak Zaman sekarang! Handphone gabisa ketinggalan" sambil gerutu. Memang ku akui hidup di era globalisasi membuat mayoritas orang hidup dengan gadget sebagai "teman hidupnya" bahkan sebagian lebih memilih untuk ketinggalan dompet dengan segala isinya dari pada ketinggalan gadgetnya.


Kalau masih ada yang bilang, Gak kok! Please kalian gak usah ngeles ya! Coba diingat, dimulai dari membuka mata dipagi hari benda apa yang kalian cari? Dan saat akan tidur dimalam hari, benda apa yang terakhir kalian temui?



Tekhnologi memang membuat segala hal terasa lebih mudah. Contohnya gak perlu masak, tinggal order makanan via aplikasi kalian bisa makan enak atau gak perlu bawa dompet, transaksi bisa dilakukan dengan menggunakan E-Banking dan sebagainya.

Namun secara tidak langsung teknologi juga justru membuat kita dapat menjangkau segala informasi dengan sangat mudah. Baik itu informasi fakta ataupun informasi Hoax melalui smartphone masing-masing.

Sekarang dengan mudahnya saya dapat menulis suatu hal yang tidak baik disini dan lalu di share oleh banyak orang yang justru tidak mengetahui kebenarannya.

Lalu Akibatnya ada pihak yang dirugikan, orang-orang yang menelan informasi mentah-mentah dan orang-orang yang mempercayai informasi yang tidak jelas sumbernya.

Maka dari itu Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam(Bimas Islam) yang merupakan unsur pelaksana,berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Agama.


Membuat sebuah event yang diadakan untuk mengedukasi  generasi millenial tentang bahaya hoax dan pentingnya menyaring segala informasi yang didapatkan sebelum akhirnya di sebarkan ke orang lain.


Event yang bertajuk Meet & Greet Bimas Islam GoRa-Millennials yang berlangsung pada tanggal 3 Desember 2019 di Aston Kartika Hotel Grogol juga menjadi wadah Bimas Islam untuk secara langsung berdiskusi bersama teman-teman milenial.
Meet & Greet ini juga menjadi ajang untuk berbagi informasi, edukasi dan bertukar pikiran.


Selain event ini Bimas Islam juga memiliki berbagai macam program yang dapat diikuti untuk upgrade skill khususnya oleh generasi millenial seperti Coaching Clinic Penulisan Naskah Islam Moderat, Bina Moderasi Islam bagi Generasi Milenial, Lomba Vlog Bimas Islam, Lomba Video Pendek Tradisi dan Budaya Islam, Pengembangan Literasi Zakat, Pameran Bimas Islam Berkarakter Milenial, Lomba Animasi Zakat dan Wakaf, Workshop Syiar Budaya Islam, Nitizen Bicara Zakat, Penyusunan Buku Bimas Islam, Pelatihan Infografis, Pelatihan Jurnalistik & Literasi Informasi, Zakat Wakaf for Campus Citizen 4.0, Sosialisasi Seni Budaya Islam, Pelatihan Fotografi, Desiminasi Naskah/Buku Moderasi Islam, Reportase Kebimasislaman, dan Pelatihan Video Pendek.

Tidak ada komentar:

Seaman Pelukan Mama

Assalamualaikum Moms!  Semenjak Zalwa jadi resmi jadi kakak saya semakin sering memeluknya karena kadang suka sedih kalau lihat Zalwa memper...