Rabu, 16 Desember 2020

Cara Mengatasi Kolik pada Bayi

 Assalamualaikum Mama! Sehat?

Mama, beberapa waktu lalu Baby Tam mengalami Kolik. Ada yang tahu kah? ceritanya begini waktu itu secara tiba-tiba Tam nangis dan rewel tanpa sebab seharian adahal Tam itu tipe anak yang anteng banget lho mam! Sampai saya kebingungan mencari penyebabnya dari mulai cek popoknya, cek kebersihan tempat tidur ataupun memberikannya ASI tapi tetap saja Tam gak berhenti nangis. Yang bikin tambah stres itu nangisnya heboh gitu sampai tetangga mampir tanyakan ada apa karena selama 2 bulan kelahiran Tam, tetangga tidak pernah mendengarnya menangis sekeras itu.


Saya sebagai orang tua yang baru kali ini urus bayi sendiri (Karena sebelumnya Zalwa diurus bersama dengan mama) pastilah sangat khawatir :( Akhirnya setelah melalui berbagai pertimbangan saya memutuskan untuk memanggil Mama kerumah karena saya dan suami tidak ingin mengambil resiko untuk membawa Tam kerumah sakit taupun keluar dari rumah dimasa pandemi seperti sekarang ini. 

Pendapat Mama

Mama datang kira-kira jam 20.00 WIB untuk cek kondisi Tam dan setelah dilihat dari cirinya menurut mama, Tam terkena Kolik karena menangisnya sambil menghentak-hentakan kepala kearah belakang. Kolik apasih? Menurut mama sih simplenya masuk angin karena banyak gas didalam perutnya yang membuat Tam jadi gak nyaman.

Tentang Kolik


Kolik pada bayi adalah situasi saat bayi yang dalam kondisi sehat sering menangis secara berlebihan. Situasi yang terjadi pada sebagian bayi ini jarang dianggap sebagai sebuah gangguan kesehatan dan sering tidak terdiagnosis. Umumnya kolik terjadi pada beberapa minggu awal setelah bayi lahir dan akan berhenti setelah usia bayi 4 bulan. Biasanya bayi menangis di waktu petang dan sulit diredakan hingga beberapa jam. 

Gejala Kolik

Ciri-ciri bayi yang mengalami kolik adalah pada saat menangis kedua tangannya mengepal, menarik lutut ke perut, wajahnya memerah, serta melengkungkan punggung. Kondisi pada kolik yang harus diwaspadai dan segera diperiksakan ke dokter, antara lain: 

- Saat diangkat, tubuhnya terkulai 

- Suara tangisnya bernada tinggi dan terjadi secara terus menerus 

- Memuntahkan cairan hijau 

- Mengeluarkan cairan urine jauh lebih sedikit dari biasanya 

- Terdapat lendir atau darah dalam tinja 

- Diare yang berkepanjangan 

- Nafsu makan berkurang 

- Kejang 

- Beberapa bagian kulitnya terlihat pucat atau membiru 

- Ubun-ubun tampak menonjol 

- Mengalami gangguan pernapasan Disertai demam hingga 38 derajat Celcius atau lebih 

Penyebab Kolik pada Bayi 

Penyebab kolik secara pasti masih belum dapat diketahui. Diduga karena adanya gangguan pencernaan, termasuk produksi gas dalam saluran cerna, usus yang sensitif terhadap jenis protein tertentu, lapar, atau terlalu kenyang. Kondisi bayi lahir prematur atau sistem saraf yang belum berkembang dengan baik juga mungkin berkaitan dengan kolik pada bayi. Umumnya kolik akan membaik dengan sendirinya seiring waktu, sehingga kolik pada bayi jarang diberi penanganan khusus.

Cara Menenangkan Bayi yang Mengalami Kolik 


Meski dapat membaik dengan sendirinya, namun Mama asti gak tega membiarkan bayi dalam keadaan rewel terus menerus bukan? maka dari itu penanganan untuk menenangkan bayi dari kolik tetap diperlukan.

  • Pijat perut bayi dengan lembut - Mama bisa menggunakan minyak telon atau minyak pijat khusus Kolik seperti Mama's Choice Baby Calming Tummy Oil untuk memijat perut bayi. 
  • Gendong bayi selama dia menangis.
  • Posisikan bayi dalam keadaan tengkurap atau pangku bayi dengan memposisikannya dipundak mama. 
  • Mandikan bayi dengan air hangat. 
  • Gendong bayi dalam gendongan kain atau selimut. 
  • Tetap memberikan ASI secukupnya.
  • Bawa bayi ke kamar yang tenang, sejuk dengan pencahayaan redup, mungkin dapat membantu membuatnya lebih tenang. 
  • Sebagai alternatif, Mama dapat meletakkan bayi pada bouncer atau kursi goyang khusus bayi. 
  • Jangan pernah mengguncang bayi saat dia menangis kencang. 
Penanganan saat Tam Kolik

Saat Tam mengalami Kolik mama langsung menggendongnya dan memposisikannya tengkurap lalu mama meminta saya untuk mengambil miyak telon atau baby oil untuk memijat Tam. Saya teringat kalau saya punya stok Mama's Choice Baby Calming Tummy oil. Saya kemudian mengambil Mama's Choice Baby Calming Tummy Oil. Lalu mama meminta saya untuk memijat Tam sendiri agar jika sewaktu-waktu Tam mengalami Kolik lagi saya bisa melakukan perawatannya sendiri.

Saya tuangkan Mama's Choice Baby Calming Tummy Oil ke tangan dan mulai melakukan pijatan lembut pada perut Tam sesuai petunjuk penggunaan yang ada dikemasan produk tersebut. Alhamdulillah, sekitar 15 menit kemudian Baby Tam kentut dan setelah 30 menit Tam pup. Lega banget rasanya :) Setelah itu Baby Tam kembali tenang. Minum ASI dan kemudian tidur dengan lelap.

Review Mama's Choice Baby Calming Tummy Oil 

Minyak untuk bayi yang diformulasikan khusus untuk mengatasi bayi kolik, gangguan pencernaan seperti perut kembung, dan juga untuk meningkatkan kualitas tidur bayi. Mama's Choice Baby Calming Tummy Oil adalah calming rub cream yang memiliki banyak keunggulan: Tidak mengiritasi, dan tidak mengandung minyak cajuputi. Sehingga aman bagi bayi yang mempunyai kulit sensitif. 

Kandungan

Seperti biasa, Mama's Choice gak pernah sembarangan dan selalu menggunakan bahan natural terbaik untuk setiap produknya. Produk ini terbuat dari 100% bahan alami, hypoallergenic tested, dermatologically tested, dan Halal. Tanpa mineral oil, tanpa parfum, tanpa paraben, dan tanpa preservatives. Produk ini juga menggunakan 3 bahan natural terbaik yaitu :

  • Nutmeg Oil atau minyak pala - Nutmeg Oil mampu meredakan gangguan pencernaan dan perut kembung. Selain itu, nutmeg oil juga bisa membantu meredakan nyeri pada bayi. *6 Manfaat Minyak Pala
  • Lavender Oil - Karena aromanya yang menenangkan, Lavender oil mampu meredakan gejala kolik pada anak. 
  • Chamomile Oil - Chamomile Oil dapat memberikan efek tenang pada bayi dan membuat bayi tidur lebih nyenyak. minyak untuk bayi.
Packaging

Mama's Choice Baby Calming Tummy Oil dikemas dalam botol plastik berukuran 55ml dengan nuansa putih kuning yang memberikan kesan cerah, segar dan happy. Badan botol tidak berwarna a.k.a bening  sehingga kita bisa melihat isi produk dari luar. Tutupnya menggunakan Pump sehingga lebih higienis dan juga tidak mudah tumpah. Di bagian packaging, Mama bisa dengan mudah menemukan informasi produk seperti ingredients, logo Halal MUI, nomor BPOM, tanggal kadaluarsa, dan fungsi produk secara umum. Di bagian packaging dus kita juga bisa menemukan gambar petunjuk cara memijat bayi. Nah dari sini juga saya tau cara memijat Tam saat Kolik.

Tekstur dan Aroma

Teksturnya gak jauh beda dari oil kebanyakan namun nilai plusnya produk ini tidak meninggalkan efek lengket setelah digunakan dan saya suka banget sama perpaduan 3 bahan utama yang buat aroma produk ini jadi khas banget. Super duper menenangkan.

Selain untuk meredakan kolik produk ini bisa digunakan secara rutin dimalam hari sebelum tidur dan setiap habis mandi untuk memberikan efek tidur yang lebih nyenyak ke bayi. Mama's Choice Baby Calming Tummy Oil bisa Mama didapatkan secara online di website Mama's Chioce atau bisa langsung Klik Disini!. dengan harga Rp 79.000,- Bagi mama-mama yang ingin belanja produk Mama's Choice kalian bisa banget pakai kode voucher MAMADALILAH untuk mendapatkan potongan harga 25K dengan pembelanjaan minimal 90K. Makin hemat kan?

Untuk informasi seputar produk ataupun tips-tips parenting kalian bisa follow Mama's Choice Indonesia di Instagram.

1 komentar:

Ainun mengatakan...

Baru tahu istilah kolik
Mungkin produk ini apakah hampir mirip dengan minyak telon ya?

Ibu Menyusui Anti Rembes-Rembes Club

Hai Mama. Pernah gak sih mama ngalamin ASI yang merembes saat menyusui baby? Pasti gak nyaman banget kan? akhir-akhir ini aku ngalamin bange...