Senin, 03 April 2023

Tips Mengatur Keuangan dengan Tetap Mengejar Passion

Halo Assalamualaikum teman-teman tersayang 

Semoga teman-teman selalu senantiasa dalam keadaan sehat ya:)

Mengatur keuangan memang merupakan hal yang tricky ya! Harus sering belajar dan mau berkomitmen. Karena belajar mengatur keuangan tuh butuh komitmen dan kerja keras. Terlebih untuk kita yang sedang mengejar passion atau ingin menggapai suatu goals dalam hidup. Kadang malah bikin kita jadi terlihat boros atau malah berhutang untuk hal-hal konsumtif. Apalagi ditengah kenaikan harga yang mengharuskan kita menaikkan budget pengeluaran. Sebenarnya, berapapun penghasilan yang dimiliki, bila tidak dibarengi dengan pengaturan keuangan yang cerdas, pasti kita akan merasa tidak cukup.

Beberapa hari yang lalu Saya dan juga rekan-rekan Blogger Squads, kembali menghadiri event yang diadakan oleh FWD Insurance dengan tajuk "Press Play to Your Smart Fandom". Dihadiri oleh Kak Rizki Mentari selaku owner dari @dearmicasa_shop yang merupakan jasa titip barang-barang asal Korea.

Kak Rizki bercerita kalau Beliau adalah Music Enthusiast dan genre favoritnya adalah K Pop. Sebagai penggemar K Pop, beliau happy banget untuk menjalani passionnya mulai dari nonton konser, beli merchandise musisi favoritnya sampai dengan terbang ke Korea. Tentunya mahal dan dapat menguras seluruh tabungan dong ya! Secara, bolak balik ke luar negeri itu kan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Lalu bagaimana kak Rizki menyikapinya? Di awali dengan hal tersebut, Kak Rizki memulai bisnisnya @dearmicasa_shop untuk dapat menunjang fandomnya. Agar Fandom tersebut tidak mengganggu pos-pos keuangan yang lain. Kebayang gak sih? dari hobby yang kita anggap "buang banyak uang" tapi malah menjadi bisnis yang menjanjikan?

Selanjutnya ada Ibu Indrawati Kawihardja selaku Head of Agency Training of FWD Insurance & Applied Neuroscience membahas tentang bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik agar tetap dapat mengejar Fandom.


Bagaimana Cara Mengelola Uang?


1. Wealth Protection (Proteksi Kekayaan)

- Asuransi Kesehatan
- Asuransi Jiwa
- Asuransi Cacat Tetap
- Asuransi Pendidikan
- Asuransi Properti
- Asuransi Jaminan Hari Tua
 
2. Wealth Accumulation (Akumulasi Kekayaan)

- Tabungan Hari Tua
- Tabungan Pendidikan
- Tabungan Pribadi
- Dana Darurat

3. Wealth Acceleration (Percepatan Kekayaan)

- Investasi Saham
- Investasi Unit (UIT)
- Investasi Reksa Dana
- Investasi Real Estate

4. Wealth Distribution (Distribusi Kekayaan)

- Estate Planning / Pemindahan Kekayaan (Waris)

Lalu dimana kita bisa menikmati kehidupan? menjalankan Fandom? ya setelah semua pos-pos tercukupi dong! Sudah menabung, sudah investasi, sudah membayar segala tanggungan ya sisanya silahkan di nikmati :)

Tips 3S dalam mengatur keuangan

Saving (Menabung)

Saat ada income yang masuk, langkah pertama kita harus menyisihkannya untuk tabungan

Spending (Belanjakan)

Selanjutnya kita dapat mempergunakan income tersebut untuk berbelanja kebutuhan

Sharing (Berbagi)

Kalau dalam islam, ada yang disebut dengan Zakat Penghasilan. Hukumnya wajib dikeluarkan 2,5% dari uang yang kita terima. Selain itu dapat juga berbagi dalam hal lain.

Pentingnya Proteksi Diri 

Siapa yang disini masih nakal dan menolak join Asuransi? Menurutku, asuransi itu penting banget. Seperti sedia payung sebelum hujan. Kebayang gak kalau kalian gak punya Asuransi dan amit-amit mengalami hal yang mengharuskan keluarga untuk menjual aset demi pengobatan? atau bahkan meninggal dunia disaat masih ada anak-anak atau istri yang membutuhkan kita? Jadi memang sepenting itu punya Asuransi Jiwa dan Kesehatan menurutku. Bukan hanya untuk diri kita sendiri namun juga untuk kemudahan orang-orang terkasih :) FWD Insurance punya banyak sekali pilihan Produk Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan bisa cek di product FWD Insurance.

Nah, Sebetulnya masih banyaaaaak banget materi menarik yang mau aku share tapi untuk saat ini segini dulu ya! Soon kalian harus ikuti webinarnya agar tahu sendiri seperti apa keseruaanya dan bisa dapat ilmu juga :)

Pantengin terus Instagram Official FWD Insurance dan website resmi FWD Insurance untuk update seputar produk dan event selanjutnya :)

#FWDPressPlay

Tidak ada komentar:

Kodrat Perempuan Cuma Jadi ART Setelah Nikah, Emang iya?

Terlahir di Negara dengan budaya ketimuran membuatku harus mengikuti adat yang sudah berjalan di Masyarakat. Mau tidak mau harus menjalankan...