Kamis, 28 Desember 2023

Pengalaman Sunat Anak 3 Tahun di Klinik Sunat 123 - Gratis Kontrol Sampai Sembuh

Hal ter random apa yang terjadi pada kalian di akhir tahun 2023 ini? cerita dong di kolom komentar!

Di akhir bulan desember 2023 ini, keluarga kami dikejutkan dengan kejadian & permintaan random dari anak laki-laki semata wayang kami. 
*seperti saat bunda mencari uang merah dikantong celana jeans ayah sebelum dicuci 
Kebetulan bunda banyak lihat beberapa klinik sunat yang sedang hits di sosial media. Ada yang klaimnya tanpa suntik, ada yang klaimnya tanpa rasa sakit. Tapi kok bunda malah gak yakin ya? kalau opini bunda, masa iya sih sunat gak sakit? sunat itu kan termasuk operasi kecil. Jadi menurut bunda untuk 2 claim ini bukannya meyakinkan tapi malah bikin was-was. Lanjut pelan-pelan mencari, eh berjodoh sama Klinik Sunat 123 yang letak kliniknya cuma berjarak 3 km dari rumah. Akhirnya bunda mampir ke klinik untuk ngobrol seputar sunat di sini.

Yapp! Tamlikha yang bulan Oktober lalu usianya baru genap 3 tahun tiba-tiba crangky minta di sunat hanya karena nonton serial Upin & Ipin episode sunat. Bingung, lucu, kaget, shock semua campur jadi satu. Kalau kami etnis betawi biasanya melakukan khitan anak saat usianya diatas 7 tahun karena pertimbangan maintain rasa sakit & sudah mulai mengerti. Tapi ada juga yang bilang kalau khitan tersebut memang permintaan anak ya harus dituruti karena selain khitan juga merupakan kewajiban bagi umat muslim, khitan juga dilakukan dengan tujuan kesehatan & kebersihan organ vital laki-laki.

Setelah berdiskusi & mempertimbangkan beberapa hal akhirnya kami memutuskan untuk mengkhitan Tamlikha. Langkah selanjutnya adalah menentukan klinik sunat & metode yang akan digunakan. Tugas berat ini diserah terimakan kepada bunda karena menurut Ayah, bunda pas banget disuruh mencari & meneliti sesuatu. 

Klinik Sunat 123


Sunat 123 adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat . Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan oleh dokter dan tim yang handal dan profesional, dengan visi “Menjadi Klinik One Stop Service Sunat Modern di Indonesia pada tahun 2020”. 


Begitu sampai amaze banget sama tempatnya karena dekorasi & vibes nya Happy banget jadi bikin anak-anak yang datang untuk di khitan pasti langsung tersugesti positif & jadi gak takut. Klinik sunat 123 juga sudah memiliki 7 cabang diantara lain cabang Percetakan Negara-Jakarta Pusat, Pasar Minggu-Jakarta Selatan, Cibitung-Bekasi, Harapan Indah-Bekasi, Setia Budi-Medan, Halat-Medan, Binjai-Sumatera Utara. 

Team & Dokter yang ada disini super ramah dan informatif sekali. Cocok banget untuk orang tua yang belum pernah memiliki pengalaman mengkhitan anak sebelumnya. Informasi yang disampaikan sangat detail bahkan sampai menunjukan contoh foto-foto yang ada. Front Desk luas & disediakan banyak tempat duduk untuk menunggu serta ada mini playground untuk anak-anak.


Bunda di informasikan kalau di setiap cabang Klinik Sunat 123 memiliki mural-mural khusus yang di desain khusus & berbeda di setiap kliniknya. Contoh dicabang Harapan Indah ini, tema muralnya adalah Jungle. Jadi banyak sekali ornamen tumbuhan & hewan yang ada di Klinik.
Selain mural yang menarik, di klinik sunat 123 juga ada spot instagramable yang gemes untuk kita mengabadikan momen sebelum/setelah sunat. Setelah keliling & ngobrol dengan dokter Bobby dari sunat 123 akhirnya saya cocok dan memutuskan untuk melakukan khitan Tamlikha di Klinik Sunat 123 Harapan Indah, Kota Bekasi.

Metode dan Biaya Sunat di Klinik Sunat 123 

Bunda sebenarnya cukup bingung tiap baca bahasan seputar sunat. Metode sunat ternyata ada banyak ya, dan bunda gak tahu sama sekali sunat itu seperti apa, maklum ini anak laki-laki pertama sekaligus cucu laki-laki pertama dikeluarga jadi belum ada tuh per iparan yang membahas soal sunat anaknya. Suami juga tahunya cuma pengalamannya waktu sunat dulu & pasti udah jauh berbeda dong. Jadi saya konsultasi dengan dokter untuk menentukan metode sunatnya. Dokter Bobby menyarankan metode Fine Sealer. 

Sunat dengan Metode Fine Sealer

Fine sealer, metode sunat terbaru yang belum begitu dikenal luas ini merupakan gabungan antara metode sunat high cauter / bipolar, klamp, dan lem. Gabungan ketiganya menghasilkan metode sunat yang minim rasa sakit, tanpa perban, tanpa terpasang alat pasca sunat, apalagi lepas alat dan perban, serta tidak wajib kontrol. Metode fine sealer diperuntukkan terutama bagi anak dengan berat badan dan kondisi penis normal, tapi ke depannya juga bisa untuk anak-anak yang gemuk. Dengan metode ini, luka potongannya menyatu tanpa perlu dijahit, diperban, ataupun dipasangi klamp. Lalu untuk biaya sunatnya sendiri untuk metode fine sealer adalah Rp. 3.000.000 Sudah mendapatkan : 

  • Obat minum lengkap 
  • Obat pain killer
  • 2 botol Antiseptik Spray
  • Kassa
  • Tas goodiebag 
  • Sertifikat Sunat
  • Stiker Sunat123
  • Tumbler
  • Free Mainan
  • Kontrol Gratis Sampai Sembuh
Yang bikin enak di Klinik 123 ini adalah appointment via websitenya, jadi kalau sudah yakin kita tinggal daftar pakai handphone tanpa harus datang ke klinik. Konsultasi via wa juga bisa banget! adminnya gercep dan ramah-ramah. Selanjutnya H-1 sebelum sunat, admin akan whatsapp untuk konfirmasi sekaligus menginformasikan apa saja persiapan khusus yang diperlukan sebelum sunat. Sebetulnya gaada yang khusus siii, tapi karena kita awam soal persunatan jadi admin pasti memberikan info sedetail mungkin. Selanjutnya tinggal datang aja di waktu yang sudah di tentukan, jangan lupa makan dulu, jangan pakai celana yang ketat, dan jangan lupa berikan sugesti positif pada anak. 

Pengalaman Sunat Anak di Klinik Sunat 123 


Di hari H, kami datang sesuai jadwal. Sesampainya di sana, kami diminta untuk mengisi surat persetujuan tindakan medis khitan. Saat saya masih sibuk isi-isi form, si Abang malah asik keliling klinik & main di Playground nya. Sama sekali gaada takut-takutnya. Lanjut diajak naik keatas untuk melakukan anastesi oles, fungsinya agar saat diberikan anastesi suntik sudah tidak terlalu sakit. Sejauh ini masih kooperatif & aman aja karena perawat yang handle juga easy going & pandai bikin Tam jadi gak takut. 

Selang 15 menit, langsung dilakukan tindakan. Tam agak takut karena melihat dokter pakai APD (Alat Pelindung Diri) kalau ini aku maklum karena saat dirawat di RS karena DBD, Tam jadi takut banget lihat om-om pakai APD. Tapi ini cuma sebentar aja kok! dokter-dokter juga dengan sabar nunggu saya menenangkan Tam bahkan sampai di izinkan bawa mainan favoritnya kedalam ruangan. Dokternya juga receh banget selama tindakan terus menerus ajak bicara & bercanda Tam. Jadi drama hanya berlangsung beberapa menit.


Selama proses sunat, dokter Doddy baik banget karena selalu menginformasikan progressnya seperti selanjutnya saya akan melakukan ini ya pak atau bu ini kondisinya seperti ini ya dll. Benar-benar jadi faham setelah ini. Gak lagi buta soal apa itu sunat dll. Prosesnya terbilang cepat sekali, kira-kira 10 menit sudah selesai dan Tam sudah langsung dipakaikan celana dalam tanpa celana sunat.

Kenapa Gak Pakai Celana Sunat?

Pada dasarnya, rasa nyeri pasca sunat ini bersifat subjektif alias berbeda pada tiap orang. Rasa nyeri ini sendiri sebetulnya merupakan perwujudan dari rasa ngilu berlebih yang timbul akibat ketidak biasaan membuka kulup atau perlengketan kulup. Jadi, apa pun metode sunat yang diterapkan, pasien tetap harus membiasakan diri memakai celana dalam agar rasa ngilu cepat hilang. Di klinik Sunat 123 misalnya, pasien khitan yang memakai celana dalam terbukti lebih bersih, lebih berani, dan cepat hilang ngilunya sehingga bisa segera pulih dan kembali beraktivitas. Namun ingat, meski sudah boleh langsung memakai celana dalam, pasien khitan disarankan untuk tidak memakai celana dalam yang terlalu ketat. Selain dapat menyebabkan ketidak nyamanan, celana yang terlalu ketat juga bisa menghambat sirkulasi udara dan darah ke organ kelamin, sehingga menyebabkan luka sukar sembuh.

Keadaan Setelah Sunat


5 menit setelah sunat Tam masih baik-baik aja, masih bisa turun ke lantai 1 sendiri dan masih bisa main di mini playground selain itu juga masih exited pilih free mainannya. Selagi bunda diinformasikan cara perawatan luka yang menurut bunda si gampang-gampang aja selama Tam gak ada keluhan / pendarahan. Luka hanya perlu di kompres dengan kassa + antiseptik spray 3x sehari, minum pain killer & obat anti bengkak lalu selebihnya ya seperti biasa.
30 menit setelah sunat mulai kelihatan rewel sedikit dirumah namun setelah minum obat langsung membaik & bisa aktifitas lagi.
24 jam setelah sunat, sudah bisa mandi & main seperti biasa.

Ada drama? pasti dong! tapi gak seburuk yang bunda bayangkan. Tam tetap main setiap hari bahkan hari ketiga sudah seperti biasa karena luka sudah kering.  
Sungguh pengalaman yang luar biasa menyelesaikan kewajiban orang tua untuk mengkhitan anak laku-lakinya ditemani oleh Klinik Sunat 123 yang memberikan support penuh kepada setiap pasiennya. 

Kalau kalian tertarik untuk melakukan khitan di Klinik Sunat 123, kalian bisa cek akun instagramnya @kliniksunat123

Tidak ada komentar:

Kodrat Perempuan Cuma Jadi ART Setelah Nikah, Emang iya?

Terlahir di Negara dengan budaya ketimuran membuatku harus mengikuti adat yang sudah berjalan di Masyarakat. Mau tidak mau harus menjalankan...